manfaat menggantang pleci

3 Manfaat Menggantang Burung Pleci di Tempat Ketinggian

Kicauburung.id – Manfaat menggantang burung pleci di tempat ketinggian. Akhir-akhir ini kegiatan menggantang pleci sudah banyak dilakuakan oleh penghobi burung pleci. Karena ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap harinya.

manfaat menggantang pleci

Menggantang atau mengerek burung pleci bukan tidak memiliki manfaat, namun dapat berpengaruh baik pada kondisi mental dan kesehatan pleci. Hal itu pun akan berpengaruh dair kualitas kicauan yang dihasilkan, Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kekuatan suara dari burung pleci itu sendiri.

2 Metode dan Cara Menggantang Pleci :

  1. Menggantang sangkar pleci pada tiang
  2. Menggantang sangkar pleci di dahan pohon

Jika dapat melakukan kegiatan menggantang pleci di tempat ketinggian dengan baik dan rutin maka anda berpengaruh besar pada keualitas skill suara yang dihasilkan burung pleci. Dengan itu, anda dapat memenangkan kontes pelombaan yang diadakan, karena kualitas suara dari burung pleci anda. Jadi, selalu senantiasa mengasah kedua hal diatas agar pleci memiliki power dan skill yang bagus.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Pleci Mengeluarkan Suara Isian

Manfaat Menggantang Burung Pleci di Tempat Ketinggian :

Pada umumnya, banyak manfaat yang didapatkan dengan menggantang burung pleci. Akan tetapi, umumnya hanya terdapat 3 manfaat dari kegiatan ini. Berikut adalah tiga manfaat menggantang  pleci di tempat ketinggian, diantaranya.

1.  Agar Pleci Memiliki Suara Ngalas

Manfaaat pertama dari menggantang burung pleci adalah agar pleci memiliki suara ngalas atau keras. Suara keras memang sudah menjadi ciri khas dari burung pleci. Namun untuk mendapatkan sara ngalas memerlukan usaha yang keras. Karena anda mesti memancing burung pleci untuk berkicau. Berikut caranya :

  • Usahakan pleci selalu mendengarkan suara burung betina
  • Usahakasn pleci mendengarkan suara burung jenis lainnya.

Dengan mempraktekan cara diatas, maka tidak mungkin burung pleci tidak mengeluarkan suara yang ngalas. Meskipun banyak orang yang menilai bahwa cara diatas cukup memaksa, namun suara ngalas sudah menjadi ciri khas dirinya.

2. Agar Mental Pleci Menjadi Baik

Manfaat ini merupakan manfaat yang paling sering didapatkan bila melakukan kegiatan menggantang pleci. Ketika pleci digantung misalnya di daun pohon, maka ia akan sering mendengar suara manusia dan tentunya suara kicauan dari burung lain. Pasalnya, karena si burung sering melihat manusia, lama kelamaan perasaan yang semula takut akan kehadiran manusia berubah menjadi pemberani.

Selain itu, ketika pleci mendengar suara burung lain, maka pleci akan membalas suara burung itu dengan kicauan yang indah. Dengan seringnya pleci berkicau dengan burung lain, maka akan dapat melatih mental pleci ketika diikutkan perlombaan.

3.  Agar Pleci Selalu Fokus

Yang harus anda ketahui ialah pleci merupakan salah satu jenis burung yang sering tidak fokus. Banyak alasan yang mengakibatkannya mereka jadi seperti itu, namun alasan umumnya karena mereka melihat burung pleci lainnya. Itu karena ketika pleci melihat langsung temannya, maka ia akan fokus untuk bermain dan tidak menghiraukan berlatih vokal suara. Kalaupun bersuara, suara yang dihasilkan hanya kecil.

Oleh karena itu, untuk dapat mencegah hal tersebut terjadi, maka gantangkanlah burung pleci di dahan pohon ataupun tiang yang tinggi. Semua itu dilakukan semata-mata agar melatih tingkat kefokusan pleci. Selain itu menggantang burung pleci juga bermanfaat untuk melatih pleci untuk tetap tenang dan mudah dalam berlatih.

Baca Juga: 5 Cara Perawatan Agar Pleci Mempunyai Volume Suara Keras

Intinya buat burung anda agar selalu nyaman. Jika sudah nyaman, maka aspek manfaat diatas akan tercapau dengan mudah, baik di sisi mental, fokus, maupun kualitas suara. Manfaat menngantang burung pleci sangat terasa khasiatnya bila anda mengerjakannya dengan benar dan hati yang ikhlas.

Loading...
kandang aviary, kandang aviary pleci, kandang pleci, kandang koloni

Cara Memilih dan Membuat Kandang Ternak Pleci Yang Nyaman

Trotolan Murai Batu Medan

Mengenal Burung Murai Batu, Si Peniru Kicau yang Gacor