Cara Menurunkan Birahi Pleci

6 Cara Menurunkan Birahi Pleci dengan Cepat dan Mudah

Kicauburung.id – Cara menurunkan birahi pleci dengan cepat terbilang gampang-gampang susah. Burung pleci atau biasa disebut dengan burung kacamata cara perawatannya cukup mudah dan sederhana, yakni dengan memberikan pakan setiap hari dan juga membersihkan kandang. Namun bagi pleci yang dipelihara untuk diikutkan dalam kontes akan membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Karena jika kita ingin mengikutkan lomba burung terebut, maka harus pandai menstabilkan birahi burung pleci tersebut. Cara merawat burung pleci untuk diikutkan dalam lomba membutuhkan tambahan pakan extra fooding yang mampu menjaga kesehatan burung dan juga menstabilkan tingkat birahinya.

Cara Menurunkan Birahi Pleci

Berahi pada burung yaitu keadaan serta kesiapan mental dan fisik seekor burung pada saat masa perkawinan. Burung di ciptakan dengan dua jenis kelamin, yaitu jantan dan betina. Di alam bebas, untuk menarik perhatian seekor Pleci betina, maka sang jantan harus berkicau dengan lantang dan merdu. Hal tersebut akan terjadi ketika keadaan Pleci jantan pada posisi birahi yang tepat. Fungsi dari kicauan tersebut yaitu bertujuan untuk memikat sang betina, mempertahankan wilayah dan memperingatkan burung lain untuk tidak masuk pada wilayahnya. Sedangkan fungsi siulan atau kicauan lantang pada burung pleci merupakan alat berkomunikasi burung satu dengan lainnya. Misalnya sebagai sebuah panggilan  peringatan akan datangnya bahaya, kesakitan, ekspresi keterkejutan dan juga ekspresi senang.

Nah bagi anda yang memelihara burung pleci lomba namun belum tahu bagaimana cara menurunkan birahi pleci, kali ini kicau burung akan memberikan informasi mengenai cara menurunkan birahi pleci dengan cepat dan gampang.

Sebelum kita lanjut memahami cara menrunkan birahi pleci, maka kita harus tahu ciri burung pleci jantan yang berada pada skala birahi yang tepat. Memahami posisi birahi yang tepat bertujuan agar kita bisa dengan mudah menentukan burung mana yang akan kita pilih sebelum terlanjur memilih burung yang salah.

Ciri-Ciri Birahi Pleci Tepat :

  • Pleci cenderung terkesan lebih tenan dan tidak mudah gugup.
  • Gerak-gerik seekor burung pleci terlihat nyendok-nyendok.
  • Dapat berbunyi dengan gacor dan jarang ngeriwik.

Baca Juga: 5 Cara Menstabilkan Birahi Pleci dengan Cepat

Jika burung anda mempunyai ciri-ciri tersebut, maka sudah siap diikutkan dalam lomba. Dalam hal tersebut anda sudah mendapatkan nilai plus dan terus saja pertahankan perawatan burung seperti biasanya. Namun jika burung pleci cenderung menjadi galak maka sudah jelas itu tandanya burung pleci anda over birahi.

Ciri-Ciri Pleci Over Birahi :

  • Terkesan agresif dan selalu gelisah.
  • Sering mengetirkan bagian sayapnya.
  • Jika dipertemukan dengan burung pleci yang lain, maka burung tersebut hanya ngeriwik dengan menggoyankan bagian kepalanya saja ke kanan dan ke kiri.

Jika burung Pleci anda sedang dalam kondisi over birahi, maka anda harus tahu cara menurunkan birahi tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk membuat Pleci pada posisi top perform atau kondisi birahi yang pas.

Cara Menurunkan Over Birahi Pleci :

  • Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menurunkan birahi pleci adalah dengan sering-sering memandikan pleci tersebut. Memandikan bisa dilakukan dengan cara semprot atau bisa juga dengan menyiapkan cepuk mandi besar dalam kandang agar burung pleci mandi sendiri.
  • Mengurangi dan menghentikan sementara proses penjemuran.
  • Menghentikan pemberian extra fooding hewani sampai birahi pleci menjadi stabil.
  • Dicas dengan Pleci yang lainnya namun usahakan untuk tidak memilih pleci betina karena hal tersebut dapat memberikan efek negatif pada Pleci misalnya seperti ketergantungan pada pleci betina hingga lepas dan mati.
  • Alternatif lain selain dicas, anda bisa membiarkan Pleci sendiri dan merangsangnya agar mau berbunyi. Hal tersebut bertujuan supaya birahi burung Pleci tersalurkan dengan berkicau.
  • Mengumbar Pleci.

Baca Juga: Racikan Khusus Minuman Pleci Juara

Itulah beberapa tips cara menurunkan birahi pada burung Pleci. Apakah burung pleci anda sudah berada pada birahi yang stabil atau malah over birahi? dan anda juga harus memperhatikan tanda-anda bahwa burung Pleci anda sedang pada birahi yang tinggi. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru bagi anda untuk mengenali karakter Pleci. Sehingga anda bisa memberikan perawatan pleci yang tepat.

Loading...
Cara Menjikankan Pleci, Menjinakkan Pleci Obyokan, Menjinakkan Pleci Liar, Menjinakkan Pleci Giras, Menjinakan Pleci Bakalan

4 Cara Menjinakkan Pleci dengan Cepat dan Mudah

Pleci Juara, Pleci Juara Nasional, Mulai Dari Hobi Menjadi Hoki Memelihara Burung Pleci

Mulai Dari Hobi Menjadi Hoki Memelihara Burung Pleci