9 Cara Merawat Pleci Harian Agar Gacor dan Ngerol

0
30

Kicauburung.id – Pleci merupakan burung yang mudah bunyi dan gacor. Jika ingin membuat Pleci gacor setiap hari perlu perawatan yang konsisten. Merawat Pleci harian yang konsisten dan teratur dapat mengelurkan kinerja maksimalnya.

Sebelum kita menerapkan perawatan pleci harian, sebaiknya anda harus memahami karakter burung tersebut. Nantinya setelah anda paham karakter Pleci tersebut, maka akan mudah menerapkan perawatan hariannya.

Merawat Pleci Harian

Untuk memahami karakter sebuah Pleci perlu percobaan berulang kali. Di usahakan kita harus terus mengamati dan perubahan apa yang sudah terjadi. Biasanya untuk Pleci bakalan membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus banyak melakukan uji coba atau setingan.

Pada saat mencari setingan atau cara merawat Pleci harian agar gacor, biasanya yang menjadi tolak ukur yaitu birahi. Bisa membuat birahi burung tersebut stabil, maka anda sudah menemukan cara perawatan pleci hariannya.

Perawatan Pleci

Pada dasarnya, burung Pleci akan rajin berbunyi apabila kita merawatnya dengan baik, benar dan konsisten. Namun apabila anda memeliharanya secara biasa saja dan tanpa memperhatikan pola perawatan harian yang sesuai, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Adapun tips pemeliharaan atau cara merawat Pleci harian agar rajin berbunyi. Contoh saja pewaratan harian Pleci harus konsisten mulai dari pengembunan, mandi, penjemuran, pemberian pakan, pemasteran dan pemberian EF (ekstra fooding). Untuk lebih lengkapnya lagi, anda bisa melihat beberapa tips cara merawat Pleci harian yang berhasil kami rangkum.

Cara-Cara Merawat Pleci Harian Agar Gacor dan Ngerol :

1. Pengembunan Pleci

Cara pengembunan Pleci yangbaik yaitu dengan menggantung pleci diluar ruangan. Cara ini hampir sama dengan metode penjemuran yang anda lakukan setiap di pagi hari. Perbedaannya, kalau penjemuran dilakukan saat terbitnya matahari, nah untuk pengembunan dilakukan sebelum matahari terbit. Pengembunan Pleci yang baik yaitu sekitar pukul 05.00 hingga 06.00.

Pengembunan ini bertujuan agar Pleci menghirup udara segar dan bisa dimanfaatkan untuk berlatih pernafasan. Melakukukan pengembunan secara teratur, maca otomatis pernafasan burung kacamata ini akan lebih bagus. Pengembunan juga dapat membuat Pleci rajin berbunyi, ngalas dan bongkar isian.

2. Memandikan Pleci

Setelah proses pengembunan, anda bisa memandikan burung Pleci dengan cara disemprot atau diberi cepuk mandi. Memandikan pleci secara teratur dapat menyebabkan burung sehat, terhindar dari kuman, dan cepat berbunyi.

3. Pembersihan Sangkar Pleci

Jika anda sudah selesai memandikannya anda juga tidak boleh lupa dengan kebersihan kandang Pleci anda. Bersihkan kandang dari sisa kotoran atau pakan. Gantilah pakan Pleci dengan yang baru minimal dua hari sekali. Selain itu jangan lupa pula untuk mengganti air minum Pleci yang ada di dalam sangkar. Pembersihan sangkar merupakan cara merawat Pleci harian agar burung tetap terjaga kesehatnnya.

4. Menjemur Pleci

Setelah membersihkan sangkar, tapatnya pada jam 7 pagi hingga jam 10 siang usahakan untuk menjemur Pleci. Ketika saat menjemur, usahakan jangan ada makanan dan air minum. Hal ini bertujuan untuk mengatur pernafasan burung. Ingat jangan sampai menjemur Pleci lebih dari jam 10, karena tidak baik untuk kesehatannya.

5. Memberi Pakan dan EF Pleci

Cara merawat pleci harian agar gacor selanjutnya yaitu dengan memberi pakan yang bernutrisi. Misalnya dengan memberikan 4 ulat hongkong sembari menggentang burung di tempat yang teduh. Selain itu anda juga dapat memberinya buah apel atau dengan diolesi madu. Untuk pakan Pleci berupa serangga anda bisa menggunakan kroto, jangkrik kecil atau ulat kandang secukupnya.

6. Memberi Minuman dan Vitamin Pleci

Minuman Pleci yang baik selain air matang yaitu Mizone, Larutan, YOU C1000, dan Vitamin Water. Selain minuman, kita juga harus memberi vitamin terhadap burung tersebut, agar sehat dan rajin berkicau. Vitamin Pleci agar cepat gacor dan sehat yaitu Ebod Vit, Kristal, Ebod Joos dan lainnya. Usahakan untuk memberi vitamin secara rutin.

6. Memandikan Pleci di Sore Hari

Pada sore hari sekitar jam 4 sore, mandikan kembali burung pleci anda sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa juga untuk membersihkan sangkarnya. Setelah itu jemur burung di tempat yang teduh.

7. Memaster Pleci

Pemasteran bertujuan untuk merawat Pleci harian agar gacor. Metode pemasteran Pleci berguna untuk menunjang kemampuan kicau burung kacamata ini. Untuk memaster sendiri, kita bisa mengunakan suara masteran yang baik dan sesuai seperti Kenari, Ciblek, Gelatik dan yang lainnya. Lakukan metode pemasteran setian hari, agar Pleci mempunyai memori suara yang banyak.

8. Mengumbar Pleci

Dengan mengumbar Pleci minimal 2 kali seminggu akan mengakibatkan burung rajin berkicau, sehat dan terhindar lemak yang menumpuk. Selain sehat tentu burung Pleci yang kita umbar akan merasa senang sebagai terapi kebosanan didalam sangkar kecil.

9. Mengkoloni Pleci

Mengkoloni bernamfaat sekali untuk Pleci. Kita di habitatnya sana Pleci selalu berkoloni. Manfaat koloni untuk Pleci yaitu sebagai alat pengecasan dan menstabilkan birahi Pleci. Proses mengkoloni burung kacamata ini yang baik yaitu ketika pagi hari.

Baca Juga: 19 Jenis Pleci, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Nah itulah cara merawat Pleci harian agar gacor, ngerol dan ngalas. Merawat Pleci agar gacor bisa dikatakan cukup sederhana dan mudah, terlebih jika kita sudah mengetahui bagaimana karakter si burung pleci berkicau tersebut. Ada juga dapat membaca perawatan pleci lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here