5 Jenis Tledekan / Sulingan, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

0
378

Kicauburung.id – Burung jenis Tledekan juga sering disebut dengan Sulingan atau Sikatan merupakan kelompok burung dari genus Cyornis dan keluarga Muscicapidae. Tledekan adalah salah satu jenis burung yang dikenal oleh hampir seluruh penggemar burung di Indonesia. Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang dikategorikan sebagai burung pengicau disamping jenis burung pengicau lainnya. Semua jenis burung pengicau mempunyai kicauan yang kuat dengan bulu yang istimewa, termasuk Tledekan. Maka tak heran jika jenis Sulingan semakin banyak dicintai oleh penggemar burung.

Jenis Tledekan, Senis Sulingan, Jenis Sikatan,Tledekan Kembang, Tledekan Selendang Biru, Tledekan Laut, Tledekan Bakau, Tledekan Gunung

Tidak hanya warna bulu saja yang menjadi faktor utama keunggulan burung Tledekan ini, namun juga dari segi kecerdasannya. Burung Sulingan dapat menirukan nada suara burung lainnya dengan tingkat kemiripan yang nyaris sama. Jika burung ini dilatih dengan baik, maka kicauannya pun akan semakin istimewa. Pada tahun 2000-an, burung Tledekan menjadi raja kicau hampir di semua event perlombaan yang diikutinya. Itulah mengapa burung ini sangat populer sampai sekarang.

Panjang tubuh burung Tledekan berkisar antara 8 cm sampai dengan 10 cm. Habitat alami burung ini berada di area hutan yang lebat dengan banyak sungai yang mengalir di sekitarnya. Penyebaran burung tledekan tidak hanya berada di Indonesia saja. Burung ini juga tersebar sampai ke Kamboja, India, Nepal, Thailand, dan Cina Barat Daya. Anda dapat menemukan burung ini di beberapa daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Burung tledekan sangat menyukai ulat, capung, dan buah-buahan untuk dikonsumsi ketika berada di alam liar.

Ada beberapa jenis Tledekan atau Sulingan yang perlu Anda ketahui. Berikut ini ada macam dan jenis tledekan dengan masing-masing ciri khasnya.

Macam Jenis Tledekan / Sulingan Beserta Gambar dan Cirinya:

1.Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas)

Tledekan Gunung, Sulingan Gunung, Sikatan Cacing

Nama lain dari burung Tledekan Gunung yaitu Sikatan Cacing. Burung yang satu ini akan lebih mudah ditemui disekitar Pulau Kalimantan dan juga Pulau Jawa. Ciri khas kicauan burung tledekan gunung yaitu suaranya yang terdengar mendayu-dayu. Banyak orang yang menyukai burung ini karena warna bulunya yang menarik. Perbedaan antara burung tledekan gunung jantan dengan betina sangat mudah untuk diketahui.

Amatilah warna bulu pada bagian punggung burung tledekan gunung. Burung tledekan gunung jantan mempunyai warna biru gelap bercampur dengan warna hitam mulai dari bagian kepala, memanjang sampai dengan ekornya. Sedangkan untuk yang betina, warnanya lebih mencolok, yaitu berwarna kuning keabu-abuan. Panjang badan burung tledekan burung jantan dan betina, yang berbeda hanya terletak pada warnanya saja.

2. Tledekan Bakau (Cyornis Rufigastra)

Tledekan Bakau, Sulingan Bakau, Sikatan Bakau Sulawesi

Jenis burung Tledekan bakau sering disebut juga dengan Sikatan Gunung Kalimantan. Sebutan tersebut bukan diartikan bahwa burung ini berasal dari Kalimantan. Tledekan bakau juga dapat Anda temukan di daerah Karimunjawa, Sulawesi, dan Sumatera. Penampakan fisik burung ini hampir sama dengan Tledekan gunung. Walaupun mirip, Anda tetap dapat menemukan perbedaan burung ini dengan jenis tledekan lainnya.

Tledekan Bakau berjenis kelamin betina mempunyai warna bulu yang lebih pucat. Bentuk paruh bagian atasnya membentuk huruf V dan bagian bawah dagunya berwarna kuning. Bagian punggung burung tledekan bakau sama dengan burung tledekan gunung, berwarna biru gelap sampai dengan bagian ekornya. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk membedakan burung ini dengan jenis tledekan lainnya. Anda cukup melihat bagian bawah dagu atau dadanya saja.

3. Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana)

Tledekan Laut, Sulingan Laut

Satu lagi jenis Tledekan yang tidak kalah menariknya, yaitu Tledekan Laut. Burung ini juga dikenal dengan nama Sulingan laut . Hal ini didasari oleh habitatnya yang berada di sekitar laut atau dia area hutan bakau. Tledekan laut dapat Anda temukan di daerah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan juga Karimun Jawa. Penggemar burung Tledekan Laut cukup banyak di Indonesia. Suara burung ini tidak terlalu istimewa, namun cukup keras dan terdengar merdu.

Ciri khas burung tledekan laut jantang terlihat dari warna bulunya. Bagian atas tubuhnya berwarna biru yang mengkilap dengan perpaduan warna hitam di bagian dada, leher, serta muka. Khusus untuk tledekan laut betina, bagian atas tubunya berwarna coklat dengan sedikit kombinasi warna abu-abu. Bagian tenggorokan dan perut tledekan laut betina berwarna cerah dengan dominasi warna putih cerah.

4. Tledekan Selendang Biru (Cyornis Unicolor)

Tledekan Selendang Biru, Sulingan Selendang Biru

Jenis tledekan Selendang Biru masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu Ninon dan Sikatan Biru Muda. Namun jenis Tledekan Selendang Biru yang lebih banyak disukai adalah jenis Sikatan Biru Muda. Area penyebaran burung ini di Indonesia meliputi Kalimantan, Sumatera, dan juga Pulau Jawa. Nama burung tledekan selendang biru diambil dari warna bulunya yang lebih banyak didomasi oleh warna biru pada bagian atas tubuhnya.

Burung Sulingan Selendang Biru dengan jenis kelamin jantan mempunyai warna biru terang pada bagian punggungnya. Sedangkan bagian tenggorokan dan dadanya berwarna biru cerah. Jenis tledekan selendang biru betina cenderung memiliki warna coklat keabu-abuan pada tubuh bagian atas. Serta warna coklat kemerahan pada bagian ekornya. Khusus untuk jenis kelamin betina dari burung ini, Anda akan menemukan warna kuning kecoklatan pada bagian lingkar matanya.

5. Tledekan Kembang

Tledekan Kembang, Sulingan Kembang

Jenis tledekan kelima yang perlu Anda ketahui yaitu tledekan kembang. Burung ini disebut dengan Tledekan Kembang karena warnanya yang cantik seperti bunga. Ukuran badan burung ini tergolong kecil dengan paruh dan ekor yang pendek. Tledekan Kembang mempunyai ciri khas warna hitam gelap yang mendominasi tubuh bagian atasnya. Sedangkan warna putih hanya dapat Anda temukan pada bagian sayap dan sedikit dibagian atas matanya. Sekilas, burung tledekan kembang terlihat seperti Burung Kacer atau Burung Decu.

Itulah informasi detail tentang 5 jenis Tledekan, Sulingan atau Sikatan yang dapat kami infokan kepada Anda. Kami harap info di atas dapat membantu menambah pengetahuan Anda tentang berbagai jenis burung tledekan yang istimewa. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here