12 Cara Merawat Tledekan Harian Agar Gacor

0
562

Kicauburung.id – Burung tledekan merupakan jenis burung fighter yang dapat mengeluarkan suara yang sangat merdu. Burung ini cukup banyak diminati oleh pecinta burung karena memiliki ciri khas gaya joget dan figthernya. Dalam merawat tledekan harian, tidak jauh berbeda dengan perawatan burung berkarakter petarung lainnya seperti murai batu dan kacer misalnya. Seperti burung berkarakter petarung lainnya, burung tledekan atau sulingan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Merawat Tledekan Harian, Merawat Tledekan Anakan Harian, Sulingan Juara Nasional, Sulingan Gacor, Gambar Sulingan, Tledekan Nyeklek

Perawatan harian tledekan atau sikatan ini tidak susah, kita tinggal mengikuti kebiasaannya di alam liar. Tledekan tidak bisa dipisahkan dari extra fooding yang merupakan makan di alam liar seperti jangkrik, kroto, cacing dan ulat hongkong. Jika kita paham nutrisinya, semua jenis EF tledekan tersebut sangat kaya protein.

Protein, bagi burung merupakan asupan gizi yang paling utama. Kalau kekurangan protein, burung mengalami malnutrisi yang akan berakibat mecet bunyi atau sulit bunyi. Akan tetapi jika extra fooding terlalu berlebihan, burung juga bisa mengalami over birahi (OB). Dampak dari over birahi terhadap sulingan yaitu burung tidak mau tampil maksimal jika di bawa kelapangan.

Itu sebabnya, diperlukan setingan EF secara tepat agar birahi bisa dikondisikan. Setingan birahi tledekan yang tepat yaitu tidak berlebihan maupun terlalu kekurangan, jadi harus tepat. Setelan EF dan rawatan tledekan harian secara tepat mungkin baru dapat diperoleh melalui beberapa kali eksperimen, dan itu tergantung dari karakter burung masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tledekan harian adalah konsisten dan berkala.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Tledekan Anakan Agar Rajin Berbunyi

Mungkin buat kamu yang belum pernah memelihara burung jenis tledekan bisa kalian coba, jangan takut tidak bisa merawatnya. Berikut ini cara merawat tledekan harian.

Cara Merawat Tledekan Harian atau Setingan Harian :

  1. Pada pagi hari menjelang matahari mulai terbit, sekitar pukul 06.00 tempatkan burung diluar rumah agar menghirup udara segar dan terkena embun pagi.
  2. Setelah digantang diluar, kita bisa mulai memandikan tledekan kita dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai burung benar-benar basah. Proses memandikan ini dipercaya dapat membuat burung mudah jinak.
  3. Sebelum memandikan burung tledekan baiknya kandang dibersihkan terlebih dahulu supaya sisa makanan dan kotoran tidak basah dan membusuk terkena air.
  4. Setelah selesai memandikan langkah selanjutnya adalah memberi makan tledekan. Makanan tledekan adalah voer kering, kita juga bisa memberikan makanan tambahan seperti jangkrik atau ulat hongkong. Pemberian jangkrik ini jangan secara langsung. Sebaiknya gunakanlah cepuk EF.
  5. Jangan lupa juga untuk memberi minum si burung, karena minum bagi burung sangatlah penting dan jangan sampai terlamabat memberikannya.
  6. Setelah burung dimandikan dan diberi makan, kini saatnya tledekan dijemur agar bulu yang basah tadi cepat mengering. Proses penjemuran ini dapat berlangsung sekitar 2 jam.
  7. Setelah dijemur selama 2 jam, gantangan di tempat teduh selama kurang lebih 15 menit agar penglihatan burung kembali normal karena lama terkena sinar matahari.
  8. Langkah selanjutnya adalah pengkerodongan, proses ini disertai dengan proses pemasteran dengan menggunakan rekaman suara burung seperti suara burung lovebird, ciblek, kenari, cucak jenggot, dan lain-lain.
  9. Pada sore hari gantangkan kembali tledekan di luar rumah dan jangan lupa untuk membuka kerodongnya.
  10. Ketika sore hari kita juga bisa memberikan kembali makanan tambahan untuk si burung yaitu jangkrik dan ulat hongkong.
  11. Saat menjelang malam / sore hari pukul 5-6 sore adalah saatnya mengistirahatkan burung tledekan kita. Caranya dengan dikerodongkan kembali dan ditempatkan didalam rumah.
  12. Pada saat malam hari kita juga bisa melakukan pemasteran dengan menggunakan rekaman suara, namun suara janganlah terlalu keras seperti siang hari.

Selain perawatan rutin tledekan di atas, penambahan Extra Food (EF) dapat dirubah, menyesuaikan dengan kondisi atau mood burung pada saat itu dan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya ketika burung terlihat lesu, kurang lincah dan malas berkicau. Dalam kondisi burung yang seperti itu kamu bisa tambahkan Extra Food berupa jangkrik yang semula 2 ekor menjadi 4 ekor. Hal itu dilakukan sesekali saja kalau mood burung sedang tidak baik. Nah jika burung sudah terlihat segar dan bugar lagi, kembalikan pola pemberian EF (Extra Food) seperti biasanya.

Itulah cara merawat tledekan harian yang dapat kamu lakukan. Selain hal rutin diatas, kamu bisa memberikan makanan tambahan seperti kroto segar dan multivitamin 2 kali seminggu. Kalau bisa dan memungkinkan malah pemberian kroto dilakukan setiap hari. Hal itu akan membuat burung tledekan kamu mantap bericau dan tidak peduli walaupun disandingkan dengan burung karakter petarung lainnya. Burung tledekan kamu akan tetap cuek dan berkicau terus.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Tledekan Lomba Agar Juara

Setelah mengetahui cara merawat tledekan harian dan mengatasi permasalahan tledekan, kamu bisa mengembangkan sendiri teknik perawatan hariannya. Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam merawat tledekan, dan hasil dari perawatan juga berbeda-beda. Untuk itu kamu harus mencobanya sendiri dirumah, yang terpenting adalah memberikan rawatan yang terbaik untuk burung tercinta kita. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here