12 Cara Merawat Tledekan Lomba Agar Juara

0
408

Kicauburung.id – Cara mudah merawat tledekan lomba agar juara dan mau tampil maksimal dalam perlombaan. Namun sebelum kita membahasnya cara merawat tlekedan lomba alangkah baiknya kalau kita mengetahui ciri khas atau karakter dari burung tledekan ini.

Merawat Tledekan Lomba, Merawat Sulingan Lomba, Sulingan Juara Nasional, Sulingan Gacor, Gambar Tledekan

Burung tledekan atau sulingan merupakan burung yang kuat dalam karakter fight nya seperti burung murai batu dan kacer. Karakter petarung dalam burung tledekan ini akan muncul seiring pertambahan birahi dan usia burung tersebut. Serupa dengan burung – burung berkarakter fight lainnya burung tledekan ini juga memiliki sifat teritorial.

Yang membuat para penggemar burung tledekan ini tetap menggemari burung ini adalah karena suaranya yang sangat enak didengar di telinga para penggemarnya. Selain itu banyak sekali jenis tledekan yang tersebar luas di Indonesia. Jenis-jenis sulingan tersebut juga memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun yang sering ikut dalam perlombaan yaitu jenis tledekan atau sulingan gunung.

Nah jika anda ingin tahu apa saja kelebihan dari burung tledekan. berikut ini kelebihan dari burung tledekan yang membuat para kicau mania senang memelihara burung ini :

Kelebihan Tledekan atau Sulingan :

1. Mudah Adaptasi

Burung tledekan ini mempunyai kelebihan dalam adaptasinya, karena burung ini mampu dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk bisa beradaptasi.

2. Karakter Fighter yang Kuat

Burung tledekan ini memiliki karakter fighter yang kuat. Terbukti jika disandingkan dan dia melihat burung lain, dia akan langsung bereaksi. Karena sebagai burung dengan karakter fighter yang kuat, burung tledekan ini mempunyai sifat teritorial yang kuat pula.

3. Peningkatan Birahi Mudah

Peningkatan birahi pada burung ini sangatlah mudah. Banyak faktor yang dapat meningtkan birahi burung tledekan ini seperti pemberian EF (Extra Food) yang berlebihan, waktu menjemur yang lebih dan juga jika dia melihat betinanya pasti birahi burung tledekan jantan akan meningkat dengan pesat.

4. Mental Baja

Burung ini dengan karakter fight nya yang sangat kuat otomatis mempunyai mental yang bagus yang dapat meningkatkan performa burung tledekan kita pada saat mengikuti kompetisi. Namun walau begitu kita tetap harus melatihnya agar mental burung tetap bagus untuk diikutsertakan dalam lomba.

5. Mudah Jinak

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa burung ini mudah dalam beradaptasi, sehingga burung tledekan ini mudah jinak dan mudah untuk berinterkasi dengan manusia.

Oleh karena suara yang enak didengar itu maka sekarang sudah banyak event – event yang menyelenggarakan kompetisi yang melombakan burung jenis tledekan ini. Dengan memenangi kompetisi – kompetisi tersebut harga jual burung juga dapat semakin meningkat. Kita bisa untung besar. Namun harus di ingat kita harus tahu setingan atau cara merawat tledekan lomba yang baik dan benar.

Namun suara yang enak didengar itu sangatlah tergantung bagaimana cara kita dalam merawat burung tledekan tersebut. Nah agar burung tledekan anda dapat berjaya dan menjuarai berbagai macam lomba sehingga meningkatkan harga jual burung, ada baiknya anda untuk mengetahui bagaimana caranya merawat burung tledekan ini untuk dipersiapkan menghadapi kompetisi – kompetisi dan menjadi juara.

Cara Merawat Tledekan Lomba :

Merawat burung tledekan ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan cara perawatan burung – burung kicau pada umumnya. Seperti memandikan, menjemur, dan pemberian makanan yang berkualitas.

Yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung tledekan yang dipersiapkan untuk lomba ini adalah menjaga agar tingkat birahi tetap stabil dan juga staminanya tetap terjaga. Penting diperhatikan untuk anda memahami karakter burung tledekan anda sebagai kunci keberhasilan anda dalam mempersiapkan burung tledekan lomba.

1. Cara Merawat Tledekan Sebelum Lomba

Berikut ini beberapa cara merawat tledekan sebelum diikutkan perlombaan :

  1. Pada waktu pagi hari pukul 05.30 keluarkan burung untuk diembunkan.
  2. Setelah pengembunan baiknya burung langsung dimandikan.
  3. Setelah dimandikan, berikan makanan berupa 1 ekor jangkrik dan kroto segar.
  4. Kemudian jemur burung sampai sekitar pukul 08.00 pagi.
  5. Angkat dari jemuran lalu kembalikan ke gantangannya tanpa kerodong.
  6. Pada waktu sore hari kita bisa melakukan proses memandikan lagi burung tledekan kita.
  7. Setelah memandikan, angin – anginkan sebentar kemudai tutup dengan kerodong.
  8. H -1 lomba berikan EF (Extra Food) berupa 12 ekor ulat hongkong putih yang berfunsi untuk menambah daya tempur burung.
  9. Saat tiba di tempat lomba jangan langsung dipertemukan dengan burung tledekan lainnya.

Hal itu berguna untuk menjaga kestabilan semangat tempur burung tledekan. Sebaiknya mengasingkan dulu burung dari burung – burung lainnya yang akan menjadi lawan burung tledekan anda.  Sehingga burung bisa istirahat dulu. Sehingga pada saat perlombaan dimulai burung tledekan anda dapat berjuang sampai akhir lomba.

Selanjutnya adalah perawatan pasca lomba. Perawatan pasca lomba ini juga perlu diperhatikan agar burung tledekan anda tidak drop dan tetap sehat. Tujuannya adalah pemulihan stamina dan pengembalian kondisi fisik.

2. Cara Merawat Tledekan Setelah Lomba :

  1. Kembalikan porsi EF (Extra Food) ke setelan harian.
  2. Campurkan multivitamin seperti SUPERVIT ke dalam air minum burung satu hari setelah lomba (H+1 lomba).
  3. Lakukan penjemuran selama maksimal 30 menit sampai H+3 pasca lomba.

Nah kurang lebih demikianlah informasi yang bisa penulis bagikan mengenai cara merawat tledekan lomba agar juara dan tampil maksimal di lapangan. Semoga bermanfaat bagi sobat kicau mania. Kita bertemu lagi di pembahasan – pembahasan tledekan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here