Merawat Tledekan Mabung, Merawat Sulingan Mabung, Tledekan Mbodol, Tledekan Ngurak, Tledekan Molting

11 Cara Merawat Tledekan Mabung dengan Benar

Kicauburung.id – Burung tledekan atau sulingan adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki karakter fighter yang kuat dan memiliki jiwa petarung. Tetapi banyak yang mengeluhkan bahwa perawatannya agak sulit ketika sedang mabung. Merawat tledekan mabung memerlukan ketelatenan dan kesabaran.

Merawat Tledekan Mabung, Merawat Sulingan Mabung, Tledekan Mbodol, Tledekan Ngurak, Tledekan Molting

Sebenarnya hanya perlu sedikit pemahaman terhadap karakter burung itu sendiri karena setiap burung pasti berbeda – beda karakternya maka dari itu diperlukan pemahaman karakter untuk dapat merawat burung tledekan dengan baik. Apalagi apabila burung tledekan ada pada masa proses mabung. Perlu diperhatikan dalam merawat tledekan mabung agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, kali ini kita akan membahas cara merawat tledekan mabung. Pada saat proses mabung sulingan perlu perawatan khusus agar proses mabungnya dapat berjalan dengan sempurna. Sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada burung  tledekan kesayangan kita. Oleh karena itu kita perlu memerhatikan cara yang benar merawat tledekan mabung.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Tledekan Anakan Agar Rajin Berbunyi

Pengertian Mabung

Mbodol, ngurak, mabung atau molting sendiri adalah proses yang terjadi secara alami, dimana bulu – bulu burung akan rontok seluruhnya dan berganti menjadi bulu – bulu yang baru. Mabung ini merupakan proses yang  sangat penting bagi seekor burung.

Untuk mengenali kondisi fisik pada saat sulingan mabung, ada harus paham betul ciri-cirinya. Berikut ini adalah ciri dan gejala tledekan mabung.

Ciri – Ciri Tledekan Mabung :

  1. Pada bagian bulu tledekan akan tampak kusam dan kurang rapi.
  2. Pada bagian ekor akan tampak tidak teratur atau acak-acakan.
  3. Kalau dilihat dari fisik, bulu tledekan akan tampak rontok dengan sendirinya secara berkala atau bertahap.
  4. Burung tledekan menjadi tidak gacor atau malas bunyi.
  5. Kondisi fisik burung terlihat lemas.
  6. Ketika tledekan mabung anda trek, maka hasilnya kurang maksimal.

Berapa Lama Tledekan Mabung ?

Pertanyaannya adalah berapa lama masa proses mabung yang terjadi pada tledekan kesayangan kita ini?. Sebenarnya berapa waktu lamanya mabung ini berbeda – beda antara burung yang satu dengan yang lain. Kondisi burung itu sendiri akan sangat berpengaruh pada lamanya waktu proses mabung yang akan dialami.

Proses mabung pada tledekan akan membutuhkan waktu yang agak lama yaitu antara 2 sampai 5 bulan tergantung perawatan yang dilakukan.

Pada saat proses mabung ini terjadi, kondisi fisik tledekan akan terjadi penurunan dengan drastis. Sehingga suasana hati si burung akan menjadi terganggu pula. Mungkin kondisi ini dapat kita ibaratkan jika seorang manusia kehilangan pakaiannya dan tidak ada penggantinya, sehingga menjadi tidak percaya diri karena harus bertelanjang dada. Mungkin demikian juga perasaan yang terjadi pada burung yang sedang mabung.

Kelancaran proses mabung pada tledekan akan sangat berpengaruh nantinya pada aktivitas burung yang menjadi lebih aktif dan lebih sering berkicau atau yang sering biasa disebut gacor. Fase itu disebut fase top form.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Tledekan Harian Agar Gacor

Perlu diketahui bahwa selama proses mabung, tledekan membutuhkan energi yang lebih banyak daripada biasanya karena metabolisme tubuh burung meningkat sebesar  40%. Maka dari itu perlu diperhatikan juga input nutrisi yang baik bagi burung tersebut dan porsi makanan yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu untuk merontokkan bulu pada tledekan sebisa mukin diberi extra fooding yang banyak, seperti kroto maupun jangkrik.

Sebisa mungkin jangan mempertemukan atau menyandingkan burung sulingan dengan yang sejenis. Mempertemukan dengan burung sejenis akan berpengaruh pada hormonal si burung yang sedang mengalami proses mabung. Maka dari itu sangat penting untuk diperhatikan merawat tledekan mabung.

Cara Merawat Tledekan Mabung :

  1. Letakkan burung di tempat yang sepi dan tenang, jauhkan dari lalu lalang manusia dan kendaraan.
  2. Sebagaimana yang sudah disebutkan diatas usahakan jangan menyandingkan dengan tledekan sejenis.
  3. Alangkah lebih baik jika tledekan dalam keadaan full kerodong.
  4. Tidak harus dimandikan dulu, kalau mau dimandikan 1x saja dalam seminggu.
  5. Tidak perlu menjemur dulu, kalau mau menjemur maksimal 30 menit saja.
  6. Tingkatkan pemberian EF (extra food) karena akan sangat berguna untuk pembentukan sel – sel baru dan membantu meningkatkan pertumbuhan bulu – bulu baru. Contohnya anda dapat memberikan masing – masing 5 ekor jangkrik di pagi dan sore hari, setiap pagi hari kroto 1 sendok makan, 2 ekor cacing segar seminggu 3x, ulat hongkong 3 ekor setiap pagi.
  7. Anda dapat melakukan pemberian vitamin dan mineral berkualitas, dicampur dengan air minum seminggu 2x saja.
  8. Pemberian Voer burung pilih yang mempunyai kadar protein 12 – 18 %. Bisa juga diganti dengan Voer ayam yang tinggi kadar proteinnya.
  9. Pemasteran juga bisa dilakukan. Karena pada masa mabung ini burung akan menjadi lebih banyak diam dan mendengar, menjadi waktu yang sangat tepat untuk memberikan variasi suara sesuai yang kita inginkan. Pemasteran sebisa mungkin dilakukan dengan tepat, sesuaikanlah karakter dan tipe suara burung dengan burung yang akan dijadikan sebagai master.
  10. Memberikan vitamin juga sangat dianjurkan untuk membantu menjaga kondisi kesehatan burung kesayangan anda.
  11. Sekali – kali pertemukan dengan burung jantan sejenis. Hal tersebuat bermanfaat agar ada rangsangan untuk berbunyi, elatih keberanian dan percaya diri burung kesayangan anda dalam bertarung.

Kalau burung kesayangan anda sudah selesai masa mabung, maka bagi anda yang menggunakan voer ayam pada saat ngurak, dapat kembali lagi kepada pakan yang lama yaitu voer burung.

EF (extra food) juga dapat kembali lagi ke setelan harian dengan cara bertahap. Selain itu Pemasteran juga dapat dilanjutkan kembali seperti kondisi normal saat tidak sedang mabung.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Tledekan Lomba Agar Juara

Itulah tips dan cara merawat tledekan mabung yang baik agar bisa kondisi seperti semula. Pada dasarnya proses merawat tledekan mabung hampir sama dengan perawatan jenis burung yang lainnya. Hanya saja ada beberapa detail yang harus diperhatikan dalam merawat tledekan mabung ini. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...
Merawat Tledekan Harian, Merawat Tledekan Anakan Harian, Sulingan Juara Nasional, Sulingan Gacor, Gambar Sulingan, Tledekan Nyeklek

12 Cara Merawat Tledekan Harian Agar Gacor

Merawat Anis Merah Harian, anis merah jantan, anis merah teler, anis merah gacor, anis merah bali, anis merah ngeplong

17 Cara Merawat Anis Merah Harian Agar Teler