Anis Merah Macet Bunyi

45 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi

Anis merah macet bunyi sering terjadi karena kesalahan dalam perawatan harian. Biasanya macet bunyi menjadi masalah yang serius karena akan berpengaruh pada kondisi mental serta prilaku anis merah untuk kedepannya. Jika tak ditangani dengan cepat, macet bunyi ini bisa menjadi kebiasaan burung yang sulit disembuhkan walapun manyet bunyi adalah penyakit yang sering ditemukan di dunia burung kicau.

Anis Merah Macet Bunyi

Banyak akibat yang bisa dihasilkan dari masalah macet bunyi pada anis merah ini. Beberapa di antaranya adalah tidak mau berbunyi sama sekali, malas, tak nafsu makan, dan lainnya. Hal ini juga menjadi masalah besar bagi para penghobi anis merah yang sering mengikutkan anis merahnya ke arena lomba karena akan macet di perlombaan nantinya. Untuk mengatasinya, sebaiknya tak diikutkan lomba dahulu dan fokus sepenuhnya ke perawatan.

Sedangkan untuk penyebabnya banyak sekali. Hal spele pun bisa jadi penyebab anis merah macet bunyi seperti tangkringan yang tidak disukainya. Dalam kasus lainnya, penyakit pada tenggorokan juga bisa membuat anis merah macet bunyi. Biasanya jika gejala penyakit tenggorokan ini muncul, di tandai dengan suara serak yang sering muncul saat anis merah berusaha untuk berkicau.

Sebelum tahu bagaimana cara mengatasi, sebaiknya Anda harus tahu dulu penyebab kemudian dicocokkan dengan karakter serta gejala-gejala macet bunyi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara merawat dan mengatasi anis merah macet bunyi beserta penyebabnya.

Penyebab Anis Merah Macet Bunyi:

1. Masih berusia muda.

2. Kurang dalam perawatan dan tidak terjadwal.

3. Kondisi mabung, sedang atau pasca masa mabung.

4. Sedang sakit.

5. Badmood atau kurang fit.

6. Birahi yang terlalu tinggi.

8. Terlalu sering minum air kotor.

9. Terlalu sering terkena angin yang kencang.

10. Penjemuran dengan durasi yang lama.

11. Pemberian pakan voer dan lainnya dengan takaran over.

12. Memberi makan basi.

13. Merasa bosan.

14. Kurang dilatih pemasteran.

15. Sering dikrodong di siang hari.

16. Birahi yang terlalu rendah.

Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi:

1.  Ramuan Tepung Cabai

Cara membuatnya yaitu 1 sendok tepung cabai yang kemudian dicampur dengan setengah voer kemudian diberikan setiap pagi saat setelah diembunkan sekitar pukul 07.00 pagi. Metode ini sudah sejak lama ada dan sangat dipercaya untuk mengatasi anis merah macet bunyi. Jangan berikan pakan ramuan ini pada waktu siang hari di terik matahari panas atau di lokasi bersuhu tinggi lainnya karena bisa membuat anis merah kepanasan. Jika Anda tak bisa memberikannya pada pagi hari, berikan di sore hari sekitar pukul 05.00 sore.

2. Proses Penggantangan

Jangan gantang anis merah di tempat yang tak disukainya. Cocokkan dengan karakter anis merah Anda agar tak membuatnya risih. Untuk menggantang anis merah juga tak perlu terlalu tinggi, namun jangan juga terlalu rendah. Saat anis merah sedang macet bunyi, durasi penggantangan di mulai dari pukul 05.00 sampai 07.00 sebagai pengembunan di pagi hari. Setelah pengembunan, berikan pakan ramuan yang telah Anda racik tadi.

3. Mandi Keramba

Biasakan anis merah Anda mandi di keramba karena pada umumnya, anis merah adalah jenis burung yang suka mandi sendiri. Selain itu, mandi di kandang keramba juga membantu mendsiplin anis merah agar memiliki mental yang kuat serta kecerdasan yang lebih terlatih lagi.

4. Pemberian Kroto dan Jangkrik Usai Mandi

Jika pakan tersedia, berikan pakan EF jangkrik 2 ekor dan kroto sedikit (Sekitar setengah sendok teh saja) setiap kali anis merah selesai mandi keramba. Tujuannya adalah untuk membangkitkan minat berkicaunya setelah birahinya turun drastic akibat mandi tadi. Lakukan langkah ini setiap usai mandi setiap pagi dan sore hari.

5. Penjemuran

Penjemuran tak dilakukan asal-asalan, apalagi sudah menyangkut tentang anis merah yang macet bunyi. Gantang anis merah sekitar tinggi 3 sampai 5 meter sambil dijemur. Penjemuran bisa dimulai dari pukul 07.00 dan hentikan sebelum pukul 10.00 pagi karean lebih dari itu, panas sudah sangat mengganggu. Durasi penjemuran cukup 1 sampai 2 jam saja.

6. Pengkrodongan

Setelah mandi sore dengan kandang keramba, bulu sudah kering, dan sudah diberikan kroto sedikit serta 2 ekor jangkrik, kemudian krodong full anis merah Anda untuk istirahat sampai esok hari. Pengkrodongan sangat penting untuk membatasi anis merah Anda untuk beraktivitas agar fokus pada istirahatnya.

7. Pemasteran

Untuk tetap menjaga performa suaranya, lakukan pemasteran rutin. Pemasteran bisa dilakukan pagi, siang, sore, dan malam hari tergantung kapan dan di mana anis merah Anda istirahat karena masa istirahat, adalah masa yang paling ideal untuk memaster anis merah. Untuk burung master yang cocok dengan anis merah adalah kenari, gelatik batu, atau burung sejenisnya yang gacor.

8. Mengontrol Birahi

Jangan berikan kroto dan makanan EF seperti jangkrik, ulat hongkong, serta yang lain terlalu banyak karena bisa membuatnya over birahi. Namun pemberiannya sangat penting dengan takaran yang sudah disesuaikan dengan karakter anis merah Anda. Dalam keadaan normal, jangan berikan lebih dari 10 ekor jangkrik atau lainnya kecuali pemberian pakan sebelum lomba.

9. Mandi Malam

Mandi malam bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi anis merah yang macet bunyi. Sekitar pukul 08.00 malam, mandikan anis merah seperti biasanya sampai basah, bukan basah kuyup. Setelah itu, berikan pakan EF berupa jangkrik 2 ekor dan kroto setengah sendok teh setiap sesudah mandi. Perhatikan juga kondisi sekitar dan cuaca saat melakukan metode ini. Jika sedang hujan, lebih baik tak dilakukan.

10. Perawatan Tambahan

Perawatan tambahan yang dimaksud adalah kebersihan kandang atau sangkar beserta isinya, pemberian multivitamin dan multimineral, memperhatikan kenyamanan sangkar, melakukan umbaran, trek burung, dan lainnya. Meski hasil yang dihasilkan tidak sekuat metode-metode di atasnya, namun tetap saja perawatan tambahan yang disebutkan sangat penting untuk Anda lakukan dan bisa jadi kunci dari masalah yang sedang Anda hadapi.

Baca Juga: Cara Merawat Anis Merah Sebelum dan Sesudah Lomba

Terapi Anis Merah Macet Bunyi :

Ada beberapa cara dan terapi yang bisa anda lakukan untuk mengobati burung anis merah yang macet bunyi. Langkah-langkahnya terapi anis merah macet bunyi sebagai berikut :
  1. Pengembunan anis merah saat pagi pagi hari sekitar pukul 05.00 digantang di luar rumah.
  2. Satu jam setelah itu burung anis merah disemprot AM menggunakan air dengan sprayer.
  3. Kemudian berikan 2 ekor jangkrik dan 1/2 sendok makan kroto.
  4. Lalu gantang anis merah pada ketinggian kurang lebih 4-5 meter sampai sekitar jam 7 pagi.
  5. Kemudian itu masukkan anis merah ke dalam karamba dan biarkan ia mandi dengan sepuasnya.
  6. Setelah selesai mandi anda dapat menempatkan kembali ke sangkar hariannya.
  7. Berikan extra fooding berupa 2 ekor jangkrik, 1/2 sendok makan dan1 ekor cacing.
  8. Kemudian anis merah dijemur lagi sampai jam setengah 10.
  9. Turunkan kembali jika sudah menginjak pukul 10, dan jangan menjemur lebih dari jam tersebut.
  10. Kemudian gantangkan burung di tempat yang sejuk, kalau bisa tempatkan yang ada suara gemericik air.
  11. Ketika sudah pukul 4 sore, mandikan kembali dan masukkan kedalam karamba.
  12. Setelah selesai mandi beri jangkrik 2 ekor.
  13. Jemur atau angin anginkan sampai kering.
  14. Kemudian letakkan di dalam rumah dan dikerodong.
  15. Ketika menginjak pukul 8 malam, burung dimandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai setengah basah.
  16. Sambil menunggu bulu kering berikan 2 ekor jangkrik.
  17. Kemudian tempatkan burung di depan teras rumah sampai pukul 5 pagi.
  18. Lakukan perawatan atau terapi anis merah macet bunyi selama 1 minggu dan lihat perubahannya.
  19. Jangan lupa untuk memberi multivitamin pada anis merah agar tubuh serta kesehatannya terjaga dan fit.

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi anis merah macet bunyi beserta penyebabnya bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda. Lakukan apa yang telah di ulas di atas dalam 1 minggu. Jika belum ada perubahan, terapkan lagi dengan waktu yang sedikit lebih lama sampai anis merah Anda mau berkicau tanpa macet-macet lagi. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...
loading...
Kacer Diam Saat Lomba, Kacer Lomba, Kacer Nyiblek

29 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Membuat Anis Merah Teler

15 Cara Membuat Anis Merah Teler Dengan Cepat dan Gampang