Anis Merah Over Birahi, Anis Merah OB, Over Birahi

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Over Birahi

Over birahi atau biasanya disebut OB merupakan masalah yang terjadi pada burung anis anis merah. Jika anis merah over birahi maka sang pemilik harus pandai dalam hal mengetahui penyebab dan cara menurunkannya. Pada umumnya, over birahi merupakan keadaan burung yang memiliki birahi berlebihan. Hal ini bisa disebabkan karena pemberian EF yang terlalu banyak dengan durasi penjemuran yang terlalu lama. Kedua hal tersebut menjadi penyebab over birahi terhadap burung pada umumnya. Untuk penghobi anis merah, Anda sangat perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi anis merah over birahi yang baik dan benar karena masalah ini sering terjadi tanpa di sadari.

Anis Merah Over Birahi, Anis Merah OB, Over Birahi

Perawatan menjadi kunci agar anis merah bisa terhindar dari over birahi. Perawatan yang baik harus sesuai dengan karakter anis merah itu sendiri agar menghasilkan hasil yang memuaskan. Saat anis merah sedang over birahi, prilaku lambat laun akan berubah dan benar-benar berbeda dari biasanya. Beberapa ciri yang paling mencolok adalah anis merah mendadak lebih giras dari biasanya. Perubahan ini sangat lah wajar dan menjadi tanda birahinya sedang tinggi.

Beberapa kasus lain juga mendapati anis merahnya menabrakkan diri ke jeruji sangkar. Jika sudah sepert itu, lebih baik lakukan penanganan ekstra untuk mengatasi anis merah over birahi. Over birahi juga bisa membuat anis merah terganggu baik secara performa suara, mental, dan stamina.

Sering kali over birahi juga membuat anis merah tak mau mengeluarkan gaya telernya dan berbuat hal-hal yang tak perlu seperti mematuk tangkringan atau jeruji sangkar. Berikut ini adalah bagaimana cara mengatasi anis merah over birahi dan penyebabnya.

Penyebab Anis Merah Over Birahi :

1. Pemberian protein pada EF yang terlalu banyak.

2. Durasi penjemuran yang terlalu lama.

3. Jarang dimandikan.

4. Pelaksanaan sesuai jadwal kurang teratur.

5. Sering melakukan full krodong.

6. Durasi pengumbaran yang kurang atau tidak pernah diumbar.

7. Terlalu sering berdekatan dengan anis merah lawan jenis.

8. Kurangnya pemberian voer.

9. Pemberian multimineral dan multivitamin yang kurang.

10. Kurang dilatih mental dan stamina.

Over birahi pada burung anis merah kerap kali terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Jika anda paham faktor apa saja yang dapat menyebabkan anis merah over birahi (OB), maka hal terpenting anda harus paham cara mengatasinya dan menurukan OB tersebut. Sebenarnya perawatan anis merah birahi tinggi itu sangat gampang sekali, asalkan paham saja faktor penyebabnya. Nah berikut beberapa cara mengatasi anis merah over birahi dengan mudah dan gampang.

Cara Menurunkan dan Mengatasi Anis Merah Over Birahi :

1. Kurangi Jatah EF Setiap Hari

Saat anis merah sedang birahi, lebih baik tak usah diberikan makanan EF yang bisa meningkatkan birahinya. Boleh diberikan, namun pangkas secukupnya agar birahinya tak meningkat dan turun kembali. Jika selama ini Anda memberikan 5 ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari, maka pangkas menjadi 1 ekor setiap pagi dan sore hari.

2. Kurangi Durasi Penjemuran

Penjemuran yang baik dilakukan pukul 07.00 pagi sampai dengan 08.00 pagi. Boleh lebih sesuai dengan karakter anis merah Anda. Namun saat sedang over birahi, lebih baik tak usah dijemur atau dipangkas. Jika Anda ingin memangkasnya, lebih baik jemur kurang lebih 15 menit – 30 menit saja setiap hari jika tujuan penjemuran hanya untuk merontokkan para kutu anis merah Anda.

3. Pengembunan

Pengembunan sangat baik untuk dilakukan secara rutin karena bisa membantu dalam mengontrol birahi yang terlalu tinggi. Durasi pengembunan sebaiknya cukup 15 menit saja untuk setiap harinya. Selain membantu dalam menurukan birahi pada anis merah, pengembunan secara rutin juga bisa membantu dalam menurunkan tingkat stres si anis merah. Pengembunan dilakukan mulai dari pukul 05.00 pagi setiap hari.

4. Angin-Anginan

Sama dengan pengembunan, anginan juga bisa membantu menurunkan birahi anis merah. Proses ini dilakukan sebelum dan sesudah mandi, menjemur, dan segala kegiatan anis merah. Untuk memaksimalkan metode ini, lebih baik anginkan si anis merah di tempat yang teduh dan sejuk karena anis merah sangat suka dengan tempat yang teduh dan sejuk seperti di bawah pohon atau lainnya. Selain membantu dalam menurunkan birahi anis merah, anginan juga bisa membantu dalam menurunkan stres pada burung anis merah.

5. Tempatkan di Tempat Sunyi dan Sepi

Saat anis merah sedang stres atau over birahi, lebih baik tempatkan di tempat yang jauh dari tangan manusia dan benar benar sepi dari suara-suara. Pastikan juga anis merah benar-benar memiliki tempat yabg jauh dari hewan-hewan pengganggu seperti tikus, ular, anjing, kucing, ayam, dan lainnya karena di masa over birahi, anis merah benar-benar mudah stres. Jangan sampai dengan kehadiran hewan-hewan pengganggu ini malah membuat anis merah makin parah.

6. Mandi Sering

Tingkatkan mandi menjadi lebih sering. Jika biasanya Anda memandikan anis merah sebanyak 2 kali dalam sehari, tingkatkan menjadi 4 kali dalam sehari agar birahinya bisa berkurang. Basah membuat anis merah menjadi kedinginan dan hal ini sangat bermanfaat untuk menurunkan birahi anis merah. Pastikan juga melakukan mandi malam karena hasilnya akan lebih efektikf.

7. Mandi Es

Metode ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan air dingin yang diambil dari dalam kulkas. Metode ini dilakukan pada saat pagi hari setelah pengembunan. Semprot anis merah Anda menggunakan air es dan lakukan metode ini sampai anis merah Anda benar-benar birahinya sudah turun. Saat pagi hari, jangan langsung memandikan anis merah Anda menggunakan air dingin tanpa melakukan pengembunan terlebih dahulu karena bisa membuat anis merah menjadi kaget. Setelah mandi es, angin-anginkan sejenak.

8. Perdengarkan Suara Terapi Seperti Suara Alam

Untuk membuatnya nyaman, lakukan terapi suara bisa menggunakan suara alam atau suara apapun itu asalkan bukan suara kicauan anis merah atau burung jenis lainnya karena bisa memicu anis merah over birahi lagi. Lakukan metode ini sebagai pengganti pemasteran pada malam hari atau pagi dan sore hari. Metode ini dilakukan agar stres dan birahi anis merah menjadi turun.

9. Pengumbaran

Meletekkan anis merah di kandang umbaran merupakan langkah yang sangat ampuh untuk mengatasi over birahi karena pada umumnya, fungsi kandang umbaran memang untuk memangkas birahi. Selain itu, pengumbaran juga membantu dalam membentuk fisik yang lebih kuat, melatih pernapasan, melatih mental, dan lainnya. Lakukan pengumbaran sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

10. Mengawinkan Anis Merah

Langkah terakhir jika anis merah masih saja over birahi adalah dengan mengawinkan saja dengan mencarikan jodoh untuknya. Pada umumnya anis merah yang over birahi disebabkan karena keinginan untuk kawin. Jika benar, lakukan proses kawin ini sesuai dengan prosedur peternakan anis merah.

Baca Juga: Cara Membuat Anis Merah Teler Dengan Cepat dan Gampang

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi anis merah over birahi yang baik dan paling ampuh. Pastikan juga mental tetap terjaga selama melakukan metode menurunkan birahi anis marah, karena di masa over birahi jenis burung anis ini sangat sensitif. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...
loading...
Anis Merah Ngecir

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

Anis Merah Susah Teller

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Susah Teler