Connect with us

Anis

11 Cara Merawat Anis Kembang Anakan Agar Ngeplog

Kicauburung.id – Merawat anis kembang anakan, trotolan, bakalan merupakan salah satu kegiatan yang cukup banyak digemari. Kita tahu bahwa tahun-tahun ini diseluruh pasar burung yang ada di Indonesia banyak sekali permintaan anis kembang bakalan hasil tangkapan hutan semakin melambung tinggi. Hal tersebut terjadi karena sulitnya untuk mendapatkan anis kembang anakan atau trotolan. Disisi lain, karena hewan tersebut semakin sedikit harga anis merah pun juga mahal.

Merawat Anis Kembang Anakan, Anis Kebang Usia 30 Hari, Anis Kembang Trotolan

Burung anis kembang merupakan salah satu jenis anis yang banyak digemari, khususnya pecinta burung yang suka dengan punglor kembang karena suaranya bertipe ngerol. Dari situlah banyak kicaumania yang berbondong-bondong untuk membeli atau ingin merawat anis merah sejak anakan.

Namun kita perlu tahu bahwa merawat anis merah trotol atau anakan bukan pekerjaan yang mudah. banyak sekali waktu yang harus kita luangkan untuk merawat burung tersebut. Nah, untuk Anda yang memulai merawat anis kembang dari anakan, anda harus tahu betul bagaimana caranya agar dewasanya nanti bisa menjadi burung yang memiliki suara yang indah.

Anakan Anis Kembang, Trotolan Anis Kembang, Punglor Kembang Anakan, merawat anis kembang anakan

Ingat anis kembang biasanya mengalami mabung pada usia 5 sampai 6 bulan. Sebelum itu, Anda harus benar-benar merawat anakan anis kembang dengan baik. Berikut ini adalah cara merawat anis kembang anakan yang baik dan benar. Perawatan trotolan anis kembang mulai dari kurang dari 3 bulan sampai beranjak usia satu tahun dengan benar. Karena diusia tersebut burung punglor kembang mudah untuk dimaster.

Cara Merawat Anis Kembang Anakan:

  1. Jika anis kembang baru saja menetas, letakkan pada tempat yang hangat seperti sarangnya sendiri atau wadah dengan atribut mirip dengan sarangnya.
  2. Lakukan pemberian makanan dengan cara diloloh. Cobalah berikan voer yang telah dibahasi dan dicampur potongan jangkrik kecil dan berikan dalam 30 menit sekali.
  3. Pada saat malam hari, jangan sampai si anis anakan kedinginan. Letakkan di sangkar harian yang telah dilengkapi lampu penghangat. Anda bisa memilih apakah ingin dikrodong ataukah tidak.
  4. Lakukan hak diatas sampai berumur 2 bulan. Pada umur 2 bulan, anis kembang anakan sudah boleh dimaster, bisa menggunakan metode yang Anda suka contohnya menggunakan audio player yang telah diisikan suara-suara pemasteran untuk anis kembang.
  5. Jika sudah mencapai umur 4 bulan sampai 6 bulan, anis kembang anakan susah dalam mengenali makanannya. Untuk itu, latih dia dengan memberikan makanan yang beragam seperti misalnya kroto, cacing tanah, pakan, voer, atau makanan lainnya.
  6. Untuk ekstra fooding sendiri, disarankan untuk memberikan setiap hari dengan rajin dan berkala. Gunanya dibuat makanan beragam adalah membuat si anakan anis kembang terbiasa dengan setingan yang Anda berikan. Karena itulah dalam sehari-hari disarankan untuk tidak terlalu mengubah setingan untuk si anakan, khususnya bagian makanannya.
  7. Di usia ini Anda boleh rajin memandikan dan menjemur anakan anis kembang. Anda bisa memandikannya dengan cara memasukkan dengan lembut di tempat mandi atau menyemprotkan air dengan hand sprayer. Lakukan mandi setiap hari bisa dimulai jam 9 pagi dan jam 4 sore.
  8. Untuk penjemurannya, lakukan setiap 30 menit saja agar bulu lebih kuat dan stamina lebih terjaga. Anda juga bisa menentukan waktunya, hal yang harus diingat adalah jangan menjemur burung terlalu lama apalagi di terik matahari yang membunuh.
  9. Pemasteran sejak dini bisa dilakukan, di usia ini juga bisa dilakukan pemasteran karena usia-usia 4 bulanan, anis kembang jantan mulai belajar bagaimana caranya berkicau. Untuk metode pemasteran sendiri, Anda bisa menggunakan cara Anda.
  10. Jika usia anis kembang anakan Anda sudah mencapai 5 – 6 bulan, maka sudah saatnya masa mabung akan menghampiri. Di fase ini, perawatan harus lebih ditingkatkan. Disarankan untuk memberi anis kembang makanan buah-buahan atau sayuran yang telah dipotong. Gunanya adalah agar pergantian bulu dari anakan menuju remaja menjadi lebih mengkilap dan rapi.
  11. Anis kembang yang sudah mencapai umur 7 – 12 bulan akan terlihat lebih aktif baik dalam bergerak dan berkicau. Di fase ini sudah saatnya metode perawatan anakan diganti ke remaja atau dewasa. Selain metode makan, cobalah untuk melatih anis kembang untuk mandi sendiri.

Itulah cara merawat anis kembang anakan yang bisa diterapkan dengan mudah dirumah sampai bakalan kacer tersebut mengalami mabung pertama. Anakan atau trotolan selalu identik dengan perawatan ekstra, banyak kicaumania lebih memilih untuk menyerahkan soal perawatan pertama pada sang induk dari pada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Anis Merah Anakan Agar Gacor

Jika Anda memilih merawat anis kembang anakan sendiri atau memang tak ada induknya, cobalah cara diatas. Sabar dan optimis merupakan kunci sukses merawat anis kembang anakan atau trotolan agar jalan di gantangan. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan anis merah lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 11 Cara Merawat Anis Kembang Harian Agar Rajin Ngerol - Kicau Burung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Anis

To Top