Connect with us

Anis

11 Cara Merawat Anis Kembang Mabung Lama Agar Cepat Tuntas

Kicauburung.id – Cara merawat anis kembang mabung lama agar cepat tuntas dan selesai. Mabung, ngurak, mbodol, pergantian bulu atau molting adalah proses yang dialami oleh setiap jenis burung apapun, termasuk juga burung anis kembang. Anis kembang adalah jenis burung yang sangat populer dikalangan para mania kicau burung. Anis kembang juga dikenal sebagai burung yang memiliki kicuan cukup unik dengan perawatan lebih ekstra tentunya.

Merawat Anis Kembang Mabung

Ada beberapa hal yang cukup sulit diatasi oleh para penangkar jenis anis ini. Salah satunya adalah bagaimana cara merawat anis kembang mabung atau dalam masa pergantian bulu lama ke bulu yang baru.

Saat anis kembang sedang mabung, hal yang harus diperhatikan adalah pastikan kecukupan vitamin dan protein anis kembang tercukupi. Karena kalau tidak bisa tercukupi akan menyebabkan anis kembang mabung tidak tuntas.

Merawat Anis Kembang Mbodol

Ciri – Ciri Anis Kembang Mabung :

  1. Pada bagian bulu anis kembang akan tampak kusam dan kurang rapi.
  2. Banyaknya bulu primer yang jatuh. Selain itu banyak bulu-bulu kecil yang berjatuhan.
  3. Pada bagian ekor akan terlihat acak-acakan, rusak atau tidak teratur.
  4. Jika dilihat dari segi fisik, bagain bulu anis kembang akan tampak rontok dengan sendirinya secara berkala atau bertahap.
  5. Burung anis kembang menjadi tidak gacor atau malas bunyi. Bahkan jarang ngerol dan cuma ngeriwik saja.
  6. Kondisi fisik dan tubuh anis kembang terlihat lemas.

Berapa Lama Anis Kembang Mabung ?

Proses mabung pada anis kembang akan membutuhkan waktu yang agak lama yaitu antara 1 sampai 3 bulan tergantung pola perawatan yang dilakukan. Jika anda merawat anis kembang saat mabung dengan benar dan baik maka akan cepat juga tuntasnya.

Merawat Anis Kembang Ngurak

Anis kembang yang sedang mabung bisa mengkonsumsi protein dalam tubuh sampai 25% banyaknya. Untuk itu, Anda harus berusaha mengganti asupan protein yang terserap tersebut. Meski mabung adalah hal yang sangat wajar bagi setiap unggas, namun sebagai seorang penangkar, kita harus sigap dalam mengatasinya agar menghasilkan kualitas bulu dan performa anis kembang yang lebih baik.

Perlu anda tahu, jika burung punglor kembang mabung atau ngurak tidak dirawat secara baik dan benar, maka burung tersebut dapat macet bunyi. Jika macet bunyi terjadi anis kembang anda, maka akan memerlukan juga waku ekstra untuk merawatnya.

Nah, bagaimana cara merawa anis kembang ngurak aau mabung yang baik dan benar? Maka anda simak baik-baik cara di bawah ini.

Cara Merawat Anis Kembang Mabung:

  1. Tips pertama dalam merawat anis kembang mabung yaitu mengecek keadaan kesehatan. Pastikan burung anda tak mengalami gangguan kesehatan sedikit pun, khususnya di masa mabungnya. Sakit bisa saja menghambat proses mabung, meskipun presentasinya sedikit. Polyoma dan Circovirus merupakan virus unggas yang bisa menghambat proses perontokan bulu. Salah satunya yaitu juga dapat menghambat proses perontokan bulu anis kembang.
  2. Untuk pemberian pakan sendiri, anda harus lebih memberikan makanan bervitamin atau juga bisa meningkatkan minuman dari biasanya. Berilah sesuatu hal yang spesial. Tidak hanya banyak saja , anda juga harus memberikan makanan dan minuman yang benar-benar penuh nutrisi dan bersih.
  3. Dalam pemberian ekstra fooding, berikanlah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk kroto, berikan satu sendok saja setiap paginya. Pada pagi hari dan sore hari, berikan jangkrik sebanyak 4 ekor. Untuk cacing, cukup berikan 3 kali dalam seminggu. Lakukan pola makan diatas selama masa mabung si anis kembang.
  4. Untuk pemberian multivitamin, cukup berikan dua kali dalam seminggu dan sudah dicampur sedikit air.
  5. Sebagai makanan tambahan, Anda bisa memberikan beberapa menu buah dan sayuran. Paling direkomendasikan adalah buah pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan atau mempercepat proses mabung. Vitamin C juga bisa menambah daya tahan si anis kembang.
  6. Cukup memandikan anis kembang sekali dalam seminggu. Anis kembang yang sering mandi khususnya masa mabung bisa memperlambat pertumbuhan bulu baru.
  7. Dalam proses penjemuran, Anda lakukan setiap hari selama 20 menit saja.
  8. Anda boleh tidak membersihkan kotoran anis kembang selama kotoran tersebut tak berjamur. Namun jika berjamur, segera bersihkan agar tak menyebarkan virus bagi anis kembang.
  9. Untuk penempatan sangkar, ada baiknya untuk tidak menempatkan anis kembang ditempat yang ramai. Tempatkan pada tempat yang sunyi dan jauh dari binatang-binatang penggangu seperti tikus dan lainnya.
  10. Anis kembang sedang mabung atau ngurak harus lebih banyak di krodong, agar lebih konsentrasi dan tidak stress. Tapi tidak saat mandi dan proses penjemuran.
  11. Masa mabung pada setiap burung adalah masa dimana burung akan banyak diam dan kerjanya mendengar saja. Maka dari itu, pemasteran di fase ini sangatlah bagus. Cobalah untuk memaster anis kembang setiap hari menggunakan metode pemasteran andalan Anda.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Anis Kembang Anakan Agar Ngeplog

Itu dia sedikit tips dan trik cara merawat anis kembang mabung yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Hal yang paling penting adalah tetap jaga kondisi mental anis kembang karena di fase ini mental anis kembang akan sedikit sensitif. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan anis kembang lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Anis

To Top