Melatih Beo Ngomong, Melatih Beo Berbicara

11 Cara Efektif Melatih Beo Berbicara dan Menirukan Banyak Suara

Kicauburung.id – Burung beo memiliki bentuk tubuh yang besar dan sangat terkenal karena bisa menirukan berbagai macam suara termasuk suara manusia. Beo sangat berbeda dengan burung lainnya, selain karena suaranya yang banyak digemari, penampilan burung beo juga sangat menawan dengan paruh khas miliknya. Karena keunikan suaranya, banyak orang yang mencoba mencari cara melatih beo berbicara dan menirukan banyak suara.

Melatih Beo Ngomong, Melatih Beo Berbicara

Kita katu bahwa burung benama latin tiong emas ini bisa berbicara ketika berumur 2 bulan ke atas. Nah untuk Anda yang menjadikan beo sebagai pajangan istimewa dengan suaranya yang bisa menirukan apapun, cobalah cara melatih beo untuk berbicara dibawah ini.

Cara Melatih Beo Berbicara:

  1. Mulailah dari usia muda yaitu burung beo masih berumur 2 bulan. Di usia tersebut, beo sudah melewati masa anakan. Pada usia 2 bulan beo sudah masuk dalam kehidupan mandiri dan sudah bisa menirukan berbagai macam suara. Usia ini adalah waktu yang pas untuk mengajarkan si beo berbicara.
  2. Ajarkan beo berbicara di usia 2 bulan, namun baru bisa dilihat hasilnya saat beo memasuki usia 4 bulanan. Jika Anda secara rutin mengajarkan kata-kata untuk si beo, beo akan lebih cerewet dari biasanya.
  3. Mulailah mengajak berbicara si beo pada saat pagi dan sore hari. Waktu merupakan hal yang penting, khususnya pemilihan jam saat Anda akan mengajarkannya berbicara. Anda bisa menerapkan pembalajaran berbicara pada jam 9 pagi dan 4 sore.
  4. Atur durasi pembelajaran yang pas agar beo tidak bosan dan lelah. Cobalah untuk mengajak berbicara si beo selama 30 menit saja setiap jam 9 pagi dan 4 sore.
  5. Sebelum mengajak beo berlatih berbicara, pastikan si beo sudah makan dan dalam keadaan yang baik agar beo tak mudah stress.
  6. Gunakan kata-kata dasar sebagai permulaan seperti “apa kabar?” dan “selamat sore”. Konsistenlah dalam mengajar, artinya jika si beo sudah mengerti dengan kata yang satu, maka pindahlah ke kata yang lain.
  7. Jangan coba-coba berbicara dengan beo atau tak sengaja berbicara kotor didekat beo karena beo tak bisa membedakan mana kata baik dan tidak baik. Jangan sampai si beo menirukan hal-hal yang tak diinginkan.

Perlu diketahui juga, bahwa metode efektif dan cepat dalam hal melatih beo agar mau berbicara. Namun untuk menerapkan metode tersebut harus membutuhkan beberapa persyaratan, yaitu burung beo yang ingin dilatih masih berusia sangat muda.Selain itu beo juga harus jinak. Jika anda kesulitan dalam menjinakkan burung tesebut maka pelajari lah cara menjinakkan beo dengan mudah.

Metode Pembelajaran Melatih Beo Berbicara:

  1. Menggunakan audio rekaman suara beo lain yang sudah mahir berkata-kata. Amankan tempat si beo pastikan suara luar tak terdengar (Tutup sangkar dengan kain) dan letakkan recorder didalam sangkar bersama si beo dengan volume sedang dan lakukan selama 30 menit.
  2. Menggunakan metode langsung dimana Anda akan berbicara dengan si beo selama 30 menit. Ulangi kata yang diajarkan sampai mengerti baru bisa pindah ke kata yang lain. Lakukan dengan suara pelan agar beo tak mudah stress.
  3. Dekatkan beo Anda dengan beo yang sudah mahir berbicara. Dengan begitu, beo Anda akan menirukan apa yang beo lain lakukan. Hal ini merupakan metode yang sangat bagus karena pembelajaran langsung oleh temannya sendiri.
  4. Cobalah letakkan beo Anda di tempat yang ramai. Misalnya di depan rumah, setiap ada yang lewat di depan rumah, beo akan menirukannya. Misalnya setiap hari tukang bakso lewat di depan rumah, maka lambat laun si beo akan mahir berkata apa yang biasa tukang bakso teriakkan.

Beberapa hal yang perlu anda cermati dan perhatikan dalam melatih burung beo adalah kalimat atau kata-kata. Kata atau kalaiamt yang diajarkan juga harus memiliki kesopanan dan tata krama yang baik.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Beo Anakan Agar Pandai Berbicara

Kita tahu beo merupakan burung pintar dan mahal. Akan tetapi jika bahasa yang diucapkannya  tidak sopan atau cenderung tidak sopan maka akan menurunkan kualitas serta harga burung itu sendiri. Ingat untuk terus konsisten dalam melatih beo berbicara agar burung tersebut lebih mahir lagi.

Loading...
loading...
Merawat Beo Anakan, Anakan Beo, Beo Medan, Anakan Beo Medan, Beo Medan

10 Cara Merawat Beo Anakan Agar Pandai Berbicara

11 Cara Merawat Ciblek Harian Agar Gacor dan Fighter