Connect with us

Beo

8 Cara Menjinakkan Beo dengan Mudah dan Cepat

Kicauburung.id – Ada banyak faktor yang bisa membuat burung beo yang Anda miliki menjadi galak, agresif dan tidak jinak. Beberapa diantaranya adalah masih belum mengenal pemiliknya atau perubahan sifat dari jinak ke garang. Burung beo yang tidak jinak maka akan sulit untuk “gacor” atau pandai meniru ucapan manusia. Jangan panik, yang perlu Anda lakukan adalah mencari cara menjinakkan beo yang akan kita bahas di bawah ini. Tapi sebelum ke topik utama, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana beo jika sedang garang dan apa penyebabnya.

Cara Menjinakkan Beo

Sebelum Anda membeli beo dari penangkaran, Anda harus mengetahui tingkat kejinakkan si beo tersebut. Biasanya jika dirawat dari anakan sampai dewasa, beo sudah pasti terbiasa dengan pemiliknya dan menjadi jinak. Namun berbeda dengan beo muda atau dewasa yang berasal dari hutan hasil penangkapan. Untuk Anda yang memiliki masalah pada si beo yang tidak jinak, maka cobalah cara menjinakkan beo dibawah ini.

Cara Menjinakkan Beo:

  1. Mencarikan 2 tempat berbeda untuk si beo. Cobalah mencari lokasi yang ramai seperti di depan rumah dan tempat yang sunyi seperti gudang, kamar kosong, dan lainnya. Tujuannya adalah membuat si beo terbiasa dengan tempat tinggal kita. Sistemnya adalah 2:1, 2 hari dilokasikan di tempat ramai dan 1 hari ditempatkan di tempat sepi. Gunanya agar beo terbiasa dan diberikan waktu 1 hari untuk beristirahat dari keramaian. Cara ini dapat Anda lakukan selama yang diperlukan sampai si beo menjadi terbiasa.
  2. Jangan terlalu agresif pada si beo, biarkan dia terbiasa dengan lingkungan sekitar. Gunanya agar si beo lebih mantap untuk merenungkan dimana dirinya sehingga tak mengganggu mental dan fisiknya, tentunya perawatan pakan dan minum jangan sampai dilupakan.
  3. Pastikan keramba mandi untuk burung tersedia, namun tidak dikandangnya. Hal ini berguna untuk melatih si beo tetap disiplin agar mandi sesuai waktunya. Untuk tipe A B C D, penyemprotan untuk mandi tak disarankan, berbeda dengan tipe A B, namun memerlukan kesabaran yang lebih banyak. Untuk caranya sendiri, cukup letakkan keramba di depan pintu sangkar dan biarkan si beo masuk ke keramba dengan sendirinya.
  4. Beo yang menjadi sangar atau garang bisa jadi karena tingkat stress yang tinggi. Anda perlu menyikapinya dengan bijak dimana Anda tak boleh ikut stress dan sabar dalam menjinakkan si beo. Sapalah si beo dengan suasana hati yang baik, jangan membentak beo apalagi mengagetkannya. Hal ini juga berlaku untuk seluruh keluarga Anda jika di rumah banyak orang.
  5. Carikan makanan yang disukai beo. Sebagai pemilik, tentu mengetahui makanan favorit beo haruslah perlu. Cobalah memberikan makanan yang disukainya seperti research kecil, EF seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Pastikan si beo benar-benar suka, jangan sampai tingkat stress si beo malah makin parah.
  6. Namun makanan favorit bisa saja tak bagus karena si beo mulai bosan. Cobalah memberikan makanan bervarian. Berikan makanan dari telapak tangan Anda sebagai tindak kepedulian.
  7. Tempatkan beo tidak di sangkar besar, cobalah untuk menempatkannya pada sangkar ukuran sedang. Gunanya untuk membatasi gerak si beo dan tempatkan di lokasi yang bisa menyenangkan si beo. Cara ini perlu perhatian khusus, perhatikan kondisi si beo apakah dia senang atau tidak. Sama seperti kita, setiap beo memiliki sifat masing-masing.
  8. Terapi lapar. Terapi lapar memang sudah banyak dibuktikan oleh para kicaumania. Menggunakan terapi lapar sangat manjur dalam hal menjinakkan beo.

Melatih burung beo, ketika masih bakalan sampai menjadi merupakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan secara instan. Proses tersebut, membutuhkan tenaga, tingkat kesabaran tinggi, dan waktu yang banyak.

Baca Juga: 15 Cara Merawat Beo Harian Agar Pintar Ngomong

Burung beo yang sudah jinak sangat gampang sekali dilatih berbicara. Jika cara menjinakkan beo di atas dapat membuat burung anda benar-benar jinak. Maka ajarilah dengan kata-kata sopan dan jelas. Burung bero yang sering berbicara dengan kata-kata kasar harganya pasti murah dan tidak disukai oleh banyak orang. Anda juga dapat membaca artikel tentang beo lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Beo

To Top