Merawat Beo Anakan, Anakan Beo, Beo Medan, Anakan Beo Medan, Beo Medan

10 Cara Merawat Beo Anakan Agar Pandai Berbicara

Kicauburung.id – Beo terkenal akan kemampuannya yang dapat menirukan suara apapun itu. Namun sayangnya tak jarang anakan beo yang tak dilatih khusus sejak dini kemampuan bicaranya akan lambat atau tak seakurat yang diinginkan. Ada banyak cara merawat beo anakan dan jika Anda ingin si beo lebih mahir dalam menirukan suara, maka metode perawatan anakan dibawah ini dapat Anda terapkan.

Merawat Beo Anakan, Anakan Beo, Beo Medan, Anakan Beo Medan, Beo Medan

Sebelum itu, Anda perlu tahu beo yang masih termasuk anakan itu seperti apa. Beo betina dapat bertelur sampai 2 atau 3 butir, cirinya adalah telur berwarna biru sedikit kehijauan disertai bintik-bintik coklat. Telur-telur ini kemudian dierami oleh sang induk betina dan jantan selama 14 sampai 16 hari secara bergantian. Biasanya dalam penangkaran, anakan beo akan dipisahkan dari induknya saat berumur 10 sampai 14 hari dan akan dilakukan perawatan khusus. Berikut ini beberapa trik dan tips cara merawat beo anakan yang baik dan benar.

Peralatan Serta Bahan Pakan Meloloh:

Untuk meloloh anakan beo, beberapa peralatan harus Anda siapkan. Peralatan tersebut haruslah bersih dari kuman dan bakteri sehingga bebas dari penyakit. Peralatan tersebut adalah sendok, suntikan (Siringe), dan dropper. Anda boleh memilih peralatan mana yang lebih mudah untuk Anda pakai.

Cara Memberi Pakan Beo Anakan :

  1. Beo adalah jenis burung pemakan buah. Buah yang disukai oleh burung beo biasanya pepaya, mangga, pisang, atau sejenisnya. Sedikit berbeda dengan cara makan beo dewasa, buah untuk anakan beo harus dileburkan terlebih dahulu agar anakan beo mudah memakan.
    Selain itu, untuk meningkatkan gizinya Anda bisa mencampurkannya dengan adonan biskuit bayi atau telur yang sudah direbus.
  2. Anda juga bisa menambahkan BirdVit dan BirdMineral sebagai bahan adonan pakan agar kondisi anakan beo tetap fit. Ada baiknya Anda membuat sebuah jadwal untuk mengatur kapan makanan jenis ini dan itu harus diberikan. Seperti vitamin, cukup 2-3 kali saja seminggu dan mineral 1-2 kali dalam seminggu. Pemberian makanan bervitamin dan penuh mineral tak harus setiap hari, namun secara berkala.
  3. Untuk extra foodingnya, Anda dapat memberikan pakan jangkrik. Berikan bagian perut jangkrik saja yang penuh protein, pisahkan kepala dan kaki jangkrik untuk memudahkan beo memakan.

Baca Juga: 8 Cara Menjinakkan Beo dengan Mudah dan Cepat

Cara Merawat Beo Anakan :

Umur beo anakan 0 sampai 1 minggu, Umur beo anakan 1 sampai 2 minggu,

1. Saat anakan beo masih berumur sangat muda, masih berwarna pink, masih buta, dan tanpa bulu. Sebaiknya Anda hati-hati dalam fase ini sampai anakan berumur 8-10 hari dimana mata beo sudah terbuka.

2. Saat berumur 8 sampai 10 hari, perawatan harus lebih ekstra seperti memberikan makan terus menerus. Anda harus memberikan makan mulai dari jam 6 pagi sampai menjelang malam dengan frekuensi sampai 10 kali sehari. Dalam artian lain, setiap 2 jam harus diberi makan.

3. Untuk tetap menjaga kesehatan anakan dan terhindar dari kesalahan kita, serahkanlah perawatan anakan umur 0 sampai 2 minggu pada induknya saja jika Anda tak mau repot-repot selalu memantaunya. Setelah berumur 10 sampai 14 hari, Anda boleh memisahkan anakan dari induk untuk dipelihara sendiri.

Anakan beo pada umur 3 minggu

4. Saat umur 2 sampai 4 minggu, pemberian pakan 7 kali sehari secara bertahap dikurangi menjadi 6 sehari mulai dari jam 6 pagi sampai menjelang malam.

5. Saat umur 3 minggu, berikan pakan kombinasi seperti pisang yang sudah ditumbuk dan dicampur voer halus serta air. Untuk EF-nya, berikan jangkrik.

Anakan burung beo umur 4 minggu.

6.Umur 4 sampai 5 minggu, anakan beo bisa dikenalkan dengan voer. Berikan voer kasar dicampur sedikit air.

Anakan burung beo umur 6-7 minggu

7. Umur 6 sampai 7 minggu, anakan beo benar-benar sudah mulai mandiri dan mencari makanannya sendiri. Di fase ini anakan beo juga sepenuhnya terpisah dari induknya. Beberapa teknik khusus bisa Anda coba dalam fase remaja-dewasa untuk meningkatkan kemampuan berbicara si beo.

Kita tahu burung beo, mamiang, atau tiong emas terkenal dengan kemampuan menirukan suara, baik itu suara burung maupun suara manusia. Untuk bisa mempunyai beo dengan kemampuan seperti yang kita inginkan, maka harus pintar merawat dan melatih dari sejak anakan atau usia dini. Sebab ketika udah dirawat serta dilatih sejak anakan maka akan sangat mudah dalam mengenali kata-kata.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Beo Mabung dengan Benar

Membedakan Beo Jantan dan Betina Anakan :

Banyak orang yang bingung membedakan kelamin burung beo ketika masih anakan. Memang tidak mudah, membedakan beo jantan dan betina anakan, karena burung tersebut termasuk dalam jenis monomorfik seksual (burung berkelamin jantan dan betina terlihat sama).

Cara-cara di bawah ini dapat menjadi tolak ukur dalam menentukan kelamin brung beo ketika masih bakalan / anakan :

Namun, ada beberapa tengara yang bisa menjadi acuan dalam sexing burung beo, yaitu :

1. Jawer / kulit yang menyerupai daging pada beo jantan lebih besar dari betina.

2. Ukuran tubuh beo jantan lebih besar dari betina.

3. Bentuk kepala beo jantan lebih ceper dari beo betina yang memiliki bentuk bulat.

4. Jarak tulang punggul pada beo jantan lebih sempit dan rapat dari pada betina.

Memang proses merawat beo anakan tidak begitu mudah, namun sabar merupakan kunci kesuksesen dalam berternak. Anda juga dapat membaca artikel tentang beo lainnya.

 

Loading...
loading...
Cara Menjinakkan Beo

8 Cara Menjinakkan Beo dengan Mudah dan Cepat

Melatih Beo Ngomong, Melatih Beo Berbicara

11 Cara Efektif Melatih Beo Berbicara dan Menirukan Banyak Suara