Merawat Beo Harian, Gabar Burung Beo, Wallpaper Beo, Burung Beo

15 Cara Merawat Beo Harian Agar Pintar Ngomong

Kicauburung.id – Beo merupakan salah satu jenis burung yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Beo mampu meniru apa saja yang dikatakan oleh manusia. Burung ini juga termasuk jenis burung yang memiliki usia hidup yang lama yakni bisa mencapai 75 tahun. Dalam merawat beo harian banyak faktor yang harus kita pahami mulai dari mood, nutrisi, pakan, exstra fooding, menjaga kesehatan burung serta kebersihan sangkar atau kandang.

Berbicara tentang perawatan, cara merawat beo harian terbilang cukup sulit karena beo biasanya sedikit spesial mengingat kemampuannya yang dapat meniru suara manusia. Berikut ini adalah beberapa cara merawat beo harian yang bisa mempermudah Anda.

Merawat Beo Harian, Gabar Burung Beo, Wallpaper Beo, Burung Beo

Cara Merawat Beo Harian :

  1. Rutin membersihkan kandang beo, disarankan Anda membersihkannya sehari sekali atau secara umum biasanya dilakukan seminggu sekali. Pembersihan secara teratur bisa meningkatkan mood beo dan kesehatannya.
  2. Memberikan air minum yang cukup untuk si beo. Satu hal yang harus Anda terus perhatikan adalah jangan sampai asupan air minum untuk beo berkurang.
  3. Memberikan makan yang cukup. Saran yang paling baik adalah pemberian pakan minimal dua kali sehari. Untuk jenis pakannya sendiri, Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang baik untuk beo, jangan sampai burung beo Anda tak suka dengan makanannya.
  4. Beo merupakan jenis burung yang terbilang mudah stress, untuk itu Anda sesekali bermainlah bersama si beo agar terhindar dari stress. Perlu Anda ketahui, burung stress bisa sangat berakibat fatal untuk si beo.
  5. Anda juga harus memerhatikan varian pakan yang diberi, pastikan pakan tersebut segar seperti buah-buahan atau pakan buatan, salah satunya adalah pelet.

Tips Membersihkan Sangkar Beo Harian :

  1. Setiap burung mengeluarkan kotoran yang mengandung zat tepung, zat ini bisa membuat kandang cepat kotor apalagi dalam keadaan kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pembersihan dengan kain berpori yang dibasahi dengan air, contohnya adalah handuk tebal.
  2. Lakukan pembersihan sangkar secara menyeluruh dengan air dan sabun cuci piring dengan takaran yang seimbang. Jangan lupa untuk mengeluarkan burung beo terlebih dahulu.
  3. Saat semuanya sudah selesai, sangkar sudah terlihat bersih, maka selanjutnya adalah dikeringkan. Jika sudah kering, Anda bisa memasukkan si beo kembali.
  4. Membersihkan tempat makan dan minum si beo agar terhindar dari bakteri yang bisa merusak kesehatan beo. Disarankan untuk membersihkan setidaknya seminggu sekali.

Cara Memberikan Pakan Beo Harian :

  1. Berikanlah pakan yang memiliki banyak varian, jangan itu-itu saja. Agar burung beo tak bertambah gemuk, kurangilah pemberian kacang-kacangan.
  2. Buah-buahan dan sayuran segar menjadi menu makanan yang sangat baik untuk si beo. Namun sebelum diberikan, potong-potong kecil terlebih dahulu agar si beo mudah mencernanya.
  3. Variasi bagaimana cara memberikan makanan juga haruslah beragam agar beo tak bosan. Contohnya Anda bisa mencoba menggantung pakan sayuran.

Cara Membuat Mood Beo Terjaga :

  1. Rajin mengajak berbicara si beo, cara ini juga bisa meningkatkan kecerdasan beo.
  2. Berbeda dengan Anda yang sangat sibuk, maka cobalah untuk memberikan mainan didalam sangkar agar Anda tak perlu repot-repot bermain karena tak punya waktu.
  3. Jika beo sedikit berisik, maka cobalah untuk memberikan berbagai mainan didalam sangkar. Hal ini bisa memberikan rasa nyaman dan mencegah beo untuk selalu berisik tak karuan.

Memelihara atau merawat burung beo membutuhkan komitmen jangka panjang serta perhatian. Cara dalam merawat beo harian di atas yang terpenting yaitu memperhatikan mood si beo. Suasana hati beo yang jelek bisa sangat berakibat buruk bagi kesehatan untuk burung Anda. Anda juga dapat melihat artikel-artikel beo lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Anis Merah Lomba, Merawat Anis Merah Sebelum Lomba, Merawat Anis Merah Setelah Lomba

15 Cara Merawat Anis Merah Sebelum dan Sesudah Lomba

Jenis Kolibri, Macam Kolibri, harga Kolibri, Jenis Burung Madu, Ragam Kolibri, Kolibri Kelapa, Kolibri Manggar, Kolibri Raja, Kolibri Black Sunbird, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Muncang, Kolibri Sriganti, Kolibri Wulung, Kolibri Gunung, Kolibri Merak, Kolibri Sangihe, Kolibri Ekor Merah, Kolibri Matari, Kolibri Jawa, Kolibri Jago, Kolibri King Konin

25 Jenis Kolibri, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya