Connect with us

Branjangan

7 Cara Menjinakkan Branjangan Liar Dalam 1 Minggu

Cara menjinakkan branjangan liar, bakalan, ombyokan dalam 1 minggu dengan mudah. Branjangan merupakan burung yang memiliki suara dengan varian unik. Berbicara tentang perawatannya tentu tidak akan mudah, apalagi bagi Anda yang masih pemula. Baik Anda sudah sangat ahli dalam menangani perawatan branjangan atau pun masih terbilang pemula, tetap saja bagaimana cara menjinakkan branjangan kadang ditemukan kesulitan sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena penjinakkan branjangan terkait dengan mental, di mana Anda harus tahu betul bagaimana cara dalam mendapatkan hati si burung.

Menjinakkan Branjangan, Branjangan Jinak, Branjangan Gacor

Giras merupakan istilah untuk setiap burung yang garang atau tak jinak. Biasanya burung seperti ini bisa di lihat dari habitatnya. Branjangan yang berasal dari hutan cenderung memiliki sifat yang giras dibandingkan dari penangkaran karena telah di pelihara semenjak ia masih anakan langsung oleh manusia. Dalam menghadapi branjangan yang masih giras, ada banyak metode yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah mengajak ngobrol si branjangan. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah tips dan trik cara menjinakkan branjangan yang baik dan benar.

Cara Menjinakkan Branjangan:

1. Tempatkan di Lokasi yang Sunyi

Tempat sunyi adalah tempat yang sangat bagus untuk sangkar branjangan giras milik Anda di gantung. Banyak manfaat yang bisa di dapat dari metode ini, salah satunya adalah membuat burung lebih mengenal tempat barunya. Bagi Anda yang baru saja membeli branjangan dan giras, metode ini adalah hal yang pertama kali harus dilakukan.

2. Peletakan Sangkar di Tempat Ramai

Meletakkan sangkar di tempat yang sunyi hanya lah pilihan opsional saja. Sebaliknya, ternyata menempatkan sangkar branjangan giras di tempat yang ramai justru bisa lebih ampuh dari pada menempatkannya di tempat yang sunyi, namun lihat bagaimana sifat si burung. Jika makin di lihat tak nyaman, maka tempat yang sunyi adalah pilihan yang baik. Meletakkan sangkar burung di tempat yang ramai bertujuan untuk membiasakan burung dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

3. Jangan Kagektan dan Ajaklah Berbincang

Burung giras cenderung memiliki mental dan suasana hati yang buruk. Tentu saja sering dikagetkan bisa sangat berdampak untuk mental burung, bahkan bisa memberikan kesan negatif secara permanen tentang diri Anda. Cobalah untuk menghindari yang namanya membentak, membentur, mengagetkan baik secara sengaja atau tidak di sengaja. Selain itu, cobalah untuk mengajak berbicara si burung dan tunjukkan betapa baiknya Anda, tentunya nada bicara harus sedikit pelan.

4. Berbicara dengan Tangan Anda

Maksudnya adalah cobalah untuk mendekatkan diri Anda melalui jari-jari Anda. Bukan dalam menyentuh, tapi dalam hal memberi makanan. Menyentuh secara langsung tentunya bisa mengagetkan si burung dan bisa jadi akan bertambah benci. Jadi cobalah untuk perlahan menyentuh di sertai potongan jangrik di tangan Anda. Berikan makan secara langsung dan tunjukkan bahwa Anda bukanlah ancaman baginya.

5. Rutin Memandikan Branjangan, Tapi Lembut

Anda boleh memandikan branjangan Anda dengan cara di semprot dan tidak disarankan untuk langsung membasahinya. Untuk lebih maksimal, cobalah untuk memandikan si branjangan dengan tangan-tangan lembut Anda. Namun hati-hati karena menyentuh burung dengan posisi yang salah bisa menyakitinya.

6.  Tempatkan di Dalam Rumah

Anda bisa meletakkan sangkar branjangan di dalam rumah. Tujuannya yaitu agar burung terbiasa di tempatkan dalam keadaan ramai serta tidak kaget ketika ada aktifitas manusia. Cara menjinakkan branjangan ini dikhususkan untuk burung yang sudah mapan dalam sangkar.

7. Berikan Porsi Pakan Secukupnya

Memeberi makanan branjangan secukupnya merupakan hal yang baik. Jika burung branjangan selalu dalam kondisi kenyang, maka biasanya tetap giras. Hal tersebutlah yang memicu sulitnya menjinakkan branjangan.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Branjangan Bakalan Bermantal Juara

Itulah cara menjinakkan branjangan bakalan maupun ombyokan yang baik dan benar. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah bagaimana dalam menjaga mental branjangan agar perlahan bisa menerima Anda, bukannya malah membuat makin buruk. Branjangan yang sedang giras cenderung memiliki mental yang sangat sensitif. Kesalahan kecil apapun bisa sangat bedampak pada pertumbuhan branjangan nantinya. Selain burung master untuk murai batu dan cucak ijo, branjangan sendiri merupakan burung yang memiliki kicauan indah. Anda juga dapat membaca cara merawat branjangan lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Branjangan

To Top