Connect with us

Branjangan

10 Cara Merawat Branjangan Harian Agar Rajin Bunyi

Untuk Anda yang memiliki burung branjangan tentunya melalui tahap yang di sebut merawat atau memelihara. Settingan atau merawat branjangan harian tidak berbeda jauh dengan burung lain seperti kacer dan kolibri. Branjangan masih perlu pakan, multivitamin, mandi, penjemuran, dan lainnya. Namun banyaknya metode cara merawat branjangan harian tentunya akan sedikit membingunkan. Sebagai seorang pemula, bertanya pada ahlinya adalah hal yang tepat.

Merawat Branjangan Harian, Perawatan Branjangan Harian, Settingan Branjangan

Selain itu, anda boleh mencari caranya di Google. Kadang informasi yang diberikan di internet bisa lebih baik dari pada bertanya langsung oleh penangkar ahli. Intinya adalah bagaimana cara paham tentang merawat branjangan harian yang baik dan benar.

Setiap burung walaupun sama jenis tetap memiliki sifat yang berbeda. Metode yang lain justru bisa tak disukai oleh si burung, tapi Anda bisa membuatnya terbiasa. Nah berikut ini untuk cara merawat branjangan harian yang baik dan benar. Selain itu perawatan harian branjangan di bawah ini cocok untuk burung lomba atau sekedar hobby ingin membuat suaranya lebih gacor dan merdu.

Cara Merawat Branjangan Harian:

1. Perhatikan Ukuran Sangkar dan Kebersihannya

Ukuran yang baik untuk branjangan harian adalah berdiameter setidaknya 30 cm dengan tinggi 70-100 cm, atau yang sedang-sedang saja. Untuk tingginya sendiri bisa di bilang cukup tinggi dengan lebar sekian. Sebenarnya sangat cocok dengan branjangan yang suka terbang vertikal sehingga membuat burung lebih rileks dan nyaman di sangkarnya. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kandang minimal 1 kali dalam sehari.

2. Berikan Kesan Istimewa dalam Sangkar

Branjangan cenderung suka mandi pasir sebagai pelepas stress dan suka berjalan di tanah. Untuk itu, sebagai pilihan opsional Anda boleh memberikan media pasir dalam sangar secukupnya dan batu bata sebagai pijakan berjalan si branjangan.

3. Pemberian Pakan

Untuk tetap menunjang asupan nutrisi dalam tubuh branjangan, Anda di tuntut terus untuk memperhatikan kesiapan pakan dan minuman. Berikan voer yang berkualitas dan multivitamin secukupnya. Untuk makanan tambahan, berikan EF jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan buah-buahan serta sayuran.

4. Pengembunan

Setingan harian boleh di mulai dengan diangin-anginkan pada jam 6.30 pagi sampai 7.00 atau bisa juga di sebut diembun-embunkan. Untuk lokasinya sendiri terserah Anda, bisa di teras, belakang rumah, samping rumah, atau di mana saja yang sudah terbukti aman dari hewan pengganggu.

5. Setelah Dianginkan, Mandikan

Proses mandi cukup dengan disemprotkan saja agar burung terasa lebih nyaman. Metode mandi disiplin juga bisa Anda coba, yaitu dengan cara meletakkan keramba mandi dan biarkan branjangan masuk dan mandi sendiri. Mandi harus dilakukan setiap hari. Boleh menggunkana shampoo khusus untuk burung.

6. Pemberian Ekstra Fooding

Setelah diangin-anginkan dan dimandikan, maka selanjutnya sarapan pagi. Mulailah untuk memberikan burung dengan EF seperti jangrik 2-3 ekor dan kroto sebanyak 1 sendok teh.

7. Penjemuran

Untuk branjangan harian, penjemuran bisa dilakukan selama 1-2 jam di luar masa mabung. Penjemuran yang terlalu lama bisa sangat berakibat buruk pada burung. Setelah di jemur, angin-anginkan selama kurang dari 20 menit dan gantang di tempat yang teduh.

8. Pemasteran

Jika sudah siang hari, Anda boleh memperdengarkan branjangan Anda suara master. Contohnya perdengarkan pada jam 12 siang sampai 4 sore. Kenari, prenjak, burung gereja, lovebird, suara jangkrik, belalang, dan burung tengkek sangat direkomendasikan sebagai bahan pemasteran.

9. Hindari Faktor Pengganggu

Jangan ada faktor pengganggu yang akan menggangu ketenangan burung branjangan anda. Faktor pengganggu dapat menyebabkan branjangan menjadi stres.

10. Pemahami Karakter

Faktor burung mau tampil maksimal di lapangan atau perlombaan yaitu sang pemilik tahu akan karakter burung tersebut.

Untuk membuat burung gacor dan buka paruh, lakukan cara merawat branjangan harian secara rutin. Bagaimana sedikit ulasan diatas tentang cara merawat branjangan? Untuk anda yang baru pemula, maka harus telaten jangan terburu-buru.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Branjangan Alami Penambah Gacor

Pelajari setiap kepribadian branjangan yang anda pelihara. Rawatlah burung branjangan anda seperti anda merawat diri anda sendiri. Semoga ulasan perawatan branjangan harian tadi dapat berguna untuk anda yang memerlukan bantuan. Anda juga dapat membaca cara merawat branjangan lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Branjangan

To Top