Merawat Branjangan Lomba, Branjangan Gacor, Branjangan Juara Nasional

6 Cara Merawat Branjangan Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Stabil

Cara merawat branjangan lomba dengan mudah dan pasti juara. Perawatan branjangan tersebut mulai dari sebelum sampai sesudah lomba. Diangkatnya kembali kelas branjangan dalam berbagai perlombaan burung berkicau baik kelas latber, latpres, maupun nasional membuat sebagian kicaumania tertarik untuk memiliki burung ini. Walaupun rata-rata branjangan sering di jadikan sebagai masteran seperti cucak ijo dan murai batu. Banyak juga penghobi selalu aktif melombakan branjangan hasil perawatannya. Selain itu banyak juga masalah dalam hal merawat branjangan lomba. Karena biasanya branjangan rajin berkicau, namun saat di lapangan tidak mau bunyi atau mlempem.

Merawat Branjangan Lomba, Branjangan Gacor, Branjangan Juara Nasional

Jika Anda seorang penghobi branjangan yang sering mengikuti lomba, tentunya perawatan akan sedikit berbeda dari pada branjangan biasa, khususnya hari-hari sebelum lomba. Semua itu wajar, sebagai seorang kicau mania pasti semuanya ingin agar burungnya menjadi juara dan mau burungnya menjadi bintang dalam suatu lomba. Jadi hal yang harus Anda lakukan untuk meraih semua itu adalah bagaimana caranya membentuk burung khususnya branjangan Anda menjadi gacor, bermental kuat, dan unik.

Semua itu perlu perawatan dan kesabaran yang ekstra. Jangan mulai sebelum hari lomba, mulai lah saat branjangan masih anakan. Jika Anda mendapatkan branjangan bakalan, maka mulai lah seperti branjangan masih anakan. Saat anakan atau saat ingin di panen dari induk, beberapa ciri-ciri seekor branjangan yang berpotensi harus Anda tahu, begitu juga dengan bakalannya. Perhatikan jenis kelamin, bentuk paruh, bulu, ekor, sayap, leher, dan lainnya. Burung yang memiliki bentuk yang proposional cenderung memiliki kelebihan jika ingin diikutkan lomba. Berikut ini adalah beberapa cara merawat branjangan lomba yang baik dan benar agar cepat gacor.

Cara-Cara Merawat Branjangan Lomba :

1. Cara Merawat Branjangan Sebelum Lomba:

  1. Latih dan bentuk lah mental juara pada si branjangan. Ada banyak cara agar mental dapat di bentuk, bisa dengan cara Anda sendiri. Salah satunya adalah melatih kedisiplinan. Branjangan yang terdesiplin cenderung bermental kuat. Cobalah untuk melatih burung untuk melakukan apapun sendiri, contoh misalnya mandi sendiri. Letakkan keramba mandi di depan pintu sangkar dan biarkan branjangan masuk sendiri.
  2. Untuk bagian suara, branjangan yang memiliki kicauan yang bervariasi dan unik sangat berpotensi menang dalam suatu lomba. Untuk membentuk suara seperti itu, cobalah untuk melakukan pemasteran sejak anakan atau masa mabung sangat tepat. Cobalah memberikan suara master yang beragam dan tentunya cocok untuk menunjang potensi dari si branjangan. Cara ini terbilang ampuh untuk membentuk suatu kicauan yang unik dari branjangan Anda.
  3. Jangan coba-coba untuk menakuti si branjangan, khususnya bagi yang sering diikutkan dalam lomba. Branjangan yang sering kaget apalagi dari penggunanya cenderung bermental buruk karena sering terganggu. Kaget tidak hanya bisa diakibatkan karena kesengajaan seperti membentak dan lainnya, tapi bisa juga terjadi karena tak sengaja seperti sangkar tak sengaja jatuh dan terbentur. Maka hati-hati lah. Khususnya saat lomba, jangan sampai hal yang tak diinginkan terjadi.
  4. Bersihkan kandang secara rutin, sama seperti hari biasanya. Kalau bisa cobalah untuk membersihkan kandang sesering mungkin di hari-hari sebelum lomba agar di hari H burung bisa tampil dengan bagus.
  5. Pemberian vitamin dan EF sebelum hari lomba juga sangat disarankan. Gunanya untuk meningkatkan birahi si burung agar dapat lebih gacor nanti di lapangan lomba. Namun perhatikan, jangan sampai berlebihan atau kekurangan.
  6. Melakukan pengecasan/tempel dengan burung jenis lain, branjangan betina, atau sejenis. Gunanya untuk meningkatkan birahi burung Anda saat akan lomba. Hal ini sudah tidak menjadi rahasia lagi. Jika di rasa apa yang selama ini Anda lakukan untuk meningkatkan birahi burung masih kurang, maka mungkin cara ini bisa Anda terapkan.

Dalam merawat branjangan lomba tidak ada patokannya, baik itu setelan makanan atau exstra fooding. Selain itu kita juga harus kondisi serta karakter branjangan lomba tersebut.

Agar bisa menjaga agar kondisibranjangan agar bisa pulih seperti semula setelah dilombakan yaitu kita harus paham serta tahu kondisi tubuh dan birahi burung tersebut. Dalam merawat branjangan lomba, jika kita salah soal perawatan sesudah lomba maka branjangan tersebut akan sulit juga di setting. Contoh akibatnya salah perawatan branjangan sesudah lomba yaitu birahi tinggi an susah bunyi.

2. Merawat Branjangan Setelah Lomba :

  1. Beri branjangan multivitamin kedalam wadah air setelah hari pertama mengikuti perlombaan. Kandungan vitamin yang masuk kedalam tubuh branjangan bisa membantu mengembalikan kondisi nya stabil.
  2. Beri Extra Food (EF) seperti bisa. Jangan lupa untuk tidak setiap waktu memberikan EF, dikhawatirkan akan menjadi ketergantungan.
  3. Jemurlah branjangan setiap hari sekitar 20-30 menit sampai 3 hari setelah perlombaan.
  4. Jangan dulu menurunkan branjangan ke lapangan lagi setelah mengikuti lomba. Istirahatkan branjangan dulu agar kondisi serta stamina pulih.
  5. Untuk menurunkan birahi nya agar tidak terlalu tinggi (OB), mandikan setiap pagi secara rutin.
  6. Tempatkan burung cucak ijo ditempat sejuk seperti di sore hari.
  7. Alternatif lain jika kondisi birahi branjangan terlalu tinggi yaitu mengawinkannya.
  8. introspeksi soal perawatan, jika branjangan tidak mau tampil maksimal di gantangan.

Baca juga: 8 Cara Merawat Branjangan Mabung Agar Cepat Tuntas

Itulah cara merawat branjangan lomba yang baik dan benar. Poin penting yang harus Anda ingat adalah bagaimana cara mengendalikan birahi burung agar tak over. Selain itu, mental burung juga harus terjaga agar nantinya tidak ciut dalam lomba. Satu lagi, jangan coba-coba untuk membasahi burung saat lomba, hal ini bisa mengakibatkan overbirahi yang berbahaya bagi burung yang akan ikut lomba. Anda juga dapat membaca cara tentang branjangan lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Branjangan Mabung

8 Cara Merawat Branjangan Mabung Agar Cepat Tuntas

Makanan Branjangan

5 Jenis Makanan Branjangan Alami Penambah Gacor