Merawat Branjangan Mabung

8 Cara Merawat Branjangan Mabung Agar Cepat Tuntas

Kicauburung.id – Cara mudah merawat branjangan mabung agar cepat tuntas dan gacor lagi. Mabung merupakan hal yang alamia dan pasti di alami oleh seluruh jenis burung, tak terkecuali juga di alami oleh branjangan. Pada masa ini, Anda sebagai seorang penangkar burung khususnya branjangan tentu harus lebih ekstra dalam perawatan. Masa mabung atau moulting pada branjangan bukanlah hal yang bisa dibiarkan begitu saja, berbeda dengan burung mabung di alam liar. Kuncinya adalah bagaimana kita dalam menjaga asupan protein burung dan menjaga keadaan mentalnya.

Merawat Branjangan Mabung

Pada masa bertelur, tingkat protein yang dibutuhkan oleh branjangan sangat lah tingg. Tapi saat mabung juga protein yang dibutuhkan akan berlipat menjadi 2.5 kali lebih besar. Protein sangat berguna dalam pertumbuhan bulu.

Diketahui setiap bulu dari burung terdiri hampir 90% protein keratin dalam membangun sel-sel yang diperlukan. Jadi sebagai seorang penghobi, protein dan nutrisi-nutrisi lainnya harus benar-benar diperhatikan.

Untuk branjagan sendiri masa mabung biasanya sekitar 1 – 2 bulan. Pada masa tersebut anda harus merawatnya dengan baik. Jika anda belum tahu cara merawat nya, maka simak di bawah ini cara merawat branjangan mabung yang baik dan benar.

Cara Merawat Branjangan Mabung:

1. Berikan tempat terbaik saat sedang mabung

Cobalah untuk menggantung sangkarnya di tempat yang sepi, jauh dari gangguan manusia dan gangguan hewan pengganggu lainnya. Jika perlu, Anda boleh melakukan full krodong agar tingkat stress si burung berkurang dan bisa meningkatkan konsentrasi dalam merontokkan bulunya.

2. Berikan multivitamin yang banyak, 2 kali lipat dari biasanya

Pemberian mineral juga jangan sampai Anda lupakan karena keperluan vitamin dan mineral saat mabung sangat lah tinggi.

3. Jangan coba memandikan

Jangan coba-coba untuk membasahi atau memandikan burung yang sedang mabung. Hal ini bisa merangsang stres pada branjangan.

4. Melakukan pemasteran secara rutin

Melakukan pemasteran pada saat mabung juga menjadi keputusan yang sangat tepat. Pada saat mabung, konsentrasi burung hanya fokus pada perontokan bulu sehingga melakukan pemasteran sangat baik karena burung akan lebih terkonsentrasi ke suara master. Anda boleh mencobanya dengan mp3 player karena terbilang mudah, murah, dan dapat dilakukan selama mungkin.

5. Menjaga kebersihan burung dan penjemuran

Untuk menjaga agar branjangan tetap pada mental stabil, maka perhatikan dan pastikan branjangan bebas dari kutu, jamur, mikroba, cacing, dan parasit penggangu lainnya. Ada banyak cara agar bisa menghilangkan semua itu, salah satunya adalah tetap berikan penjemuran pada si burung. Penjemuran berguna untuk merontokkan kutu-kutu dan menjaga mental si burung. Tapi jangan lakukan terlalu lama, cukup 20 menit saja setiap harinya.

6. Menjaga kebersiahn sangkar atau kandang

Pembersihan kandang jangan Anda lupa. Sebenarnya ini hanya opsional saja, jika di rasa kotoran burung tak banyak dan tak berjamur, pembersihan kandang tak harus dilakukan. Tapi kotoran yang terlihat berjamur, maka cepat lah dalam mengeksekusi.

7. Menjaga asupan gizi

Pemberian protein 2 kali lebih besar dari biasanya. Hal ini lah yang menjadi perhatian utama jika burung kita sedang mabung. Cobalah untuk memberikan EF yang kaya akan protein seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lainnya. Jangkrik menjadi opsi yang sangat tepat karena terkenal memiliki protein tinggi. Cobalah memberikannya yang banyak karena protein yang masuk akan cepat di proses untuk pembentukan bulu-bulu baru.

8. Menjaga kondisi mental

Jangan coba-coba untuk membentak branjangan. Fase saat branjangan mabung adalah fase di mana Anda harus hati-hati apalagi menyangkut tentang kondisi mentalnya. Fase mabung merupakan fase di mana mental burung sangat lah sensitif. Sekali Anda menanamkan hal yang tak baik untuk burung Anda, maka akan susah untuk diperbaiki nantinya.

Baca juga: 11 Cara Merawat Branjangan Anakan Agar Cepat Bunyi

Itulah cara merawat branjangan mabung yang baik dan tepat. Kuncinya merawat branjangan saat mabung agar cepat tuntas adalah tetap jaga kondisi mental burunf agar proses mabung bisa berjalan dengan baik dan mentalnya tetap terjaga.Anda juga dapat membaca cara tentang branjangan lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Branjangan Anakan

11 Cara Merawat Branjangan Anakan Agar Cepat Bunyi

Merawat Branjangan Lomba, Branjangan Gacor, Branjangan Juara Nasional

6 Cara Merawat Branjangan Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Stabil