Cendet Macet Bunyi, Cendet Malas Bunyi, Cendet Bisu

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi dengan Cepat

Cendet Macet Bunyi atau Malas Bunyi – Beberapa masalah yang harus dihadapi pemilik burung pentet atau cendet adalah macet bunyi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan cendet tidak mau berbunyi. Masalah atau penyakit yang paling ditakuti oleh para pencinta burung ialah ketika burung pentet peliharaannya yang pada awalnya mampu berkicau merdu tiba-tiba menjadi malas untuk bersuara.

Cendet Macet Bunyi, Cendet Malas Bunyi, Cendet Bisu

Masalah ini dianggap serius karena beberapa burung cendet sudah berhasil masuk kancah perlombaan dan suaranyalah yang menjadi senjata utama untuk memenangkan perlombaan tersebut. Namun anda sebagai pemilik tidak perlu khawatir karena ada cara mengatasi permasalahan burung cendet yang macet berbunyi.

Penyebab Cendet Macet Bunyi :

burung cendet dikenal sebagai burung yang pandai berbunyi. Namun burung cendet juga burung yang mudah macet untuk berbunyi. Beberapa penyebab burung cendet tidak mau berbunyi sebagai berikut:

1. Mengalami Stress

burung cendet bisa tiba-tiba macet berbunyi jika mengalami stress. Stress yang dialami burung cendet bisa karena adanya perubahan terhadap lingkungan. Misalnya saja burung cendet baru saja dipindahkan dari tempat biasanya. Dari yang awalnya di dalam rumah aman tiba-tiba diletakkan di luar rumah yang banyak angin. Itu bisa berpengaruh terhadap kesetresan yang dialami oleh burung cendet. Selain itu perubahan iklim juga berpengaruh terhadap burung cendet. Apalagi musim hujan yang bisa mendatangkan dingin pada burung cendet bisa mengakibatkan burung cendet macet bunyi.

2. Sedang Sakit

Jika burung cendet tidak mengalami perubahan apapun bisa jadi burung cendet Sakit. burung cendet cenderung akan diam jika sedang sakit. Tiba-tiba ia akan macet untuk berbunyi. Hal semacam ini harus disadari oleh pemilik burung cendet. Jika burung cendet sakit pemilik harus menanganinya segera. Karena jika dibiarkan kondisi burung cendet bisa semakin parah dan akan berbahaya bagi kelangsungan hidupnya.

3. Merasa Takut

Tidak semua burung cendet mudah ketakutan terhadap sesuatu atau benda yang tidak dikenal. Namun ada juga yang sering ketakutan dengan sesuatu atau benda yang tidak dikenal. burung cendet yang sering merasa takut biasanya adalah burung cendet yang ditaruh di dekat jalan. Jalan menjadi tempat lalu lalang banyak orang termasuk juga hewan. Hal inilah yang membuat burung cendet merasa takut. burung cendet menganggap bahwa orang yang lalu lalang adalah ancaman bagi dirinya. Selain orang atau hewan burung cendet juga tidak menyukai suara keramaian. Ini juga bisa membuatnya ketakutan.

4. Habis Makan Serangga Beracun

Makanan utama burung cendet adalah serangga. Maka makanan utama ini terkadang bisa membuat Cendet macet bunyi. Terkadang tidak sengaja burung cendet memakan serangga beracun. Memakan serangga beracun bisa menyebabkan burung cendet mengalami gangguan pencernaan bahkan juga infeksi pada tenggorokan. Inilah yang bisa menyebabkan burung cendet macet untuk berbunyi.

5. Kurang Perawatan

burung cendet adalah burung yang sensitif. Jika merasa dirinya kurang dirawat baik nutrisi atau perawatan fisik ia akan macet berbunyi. Hal semacam ini lumrah terjadi pada cendet apalagi ada yang pemiliknya kurang memperhatikan perawatannya. Jika anda memiliki burung cendet sebaiknya anda bisa lebih sensitif dan mengerti kemauan burung cendet.

6. Burung Masih Baru / Bakalan / Bahan

burung cendet bakalan atau yang baru beberapa saat berbaur dengan manusia, akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi (menyesuaikan diri dengan lingkungan baru). Biasanya ini terjadi pada burung yang baru ditangkap dari hutan sehingga mengalami mental yang berantakan ketika harus masuk ke dalam sangkar.

Tidak perlu khawatir namun juga jangan berharap lebih terlebih dahulu. Karena tugas Anda ialah menjadikan Burung tersebut jinak sebelum melatihnya menjadi gacor.

Baca Juga: 19 Penyebab Dan Cara Mengatasi Cendet Salto dengan Cepat

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cendet malas bunyi atau “macet bunyi”. maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cendet macet bunyi.

Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi

Permasalahan yang terjadi pada burung cendet pasti ada cara mengatasinya. Tentu saja, beberapa hal di atas bisa di atasi dengan cara-cara berikut:

1. Melakukan Pengembunan Rutin

Pengembunan merupakan kegiatan mengeluarkan burung cendet pada saat fajar. Kegiatan ini dilakukan sebelum matahari terbit. Ini bisa membuat burung cendet seperti merasakan relaksasi. burung cendet akan merasa lebih fresh apabila diberi perawatan pengembunan seara rutin.

2. Memberi Jahe

Jika memang burung cendet mengalami sakit tenggorokan bisa diberikan jahe. Caranya dengan menumbuk jahe atau digeprek kemudian direndam dalam air minumnya. Jahe akan membuat tenggorokan terasa lebih lega. Dengan begitu burung cendet yang awalnya macet bunyi bisa segera berbunyi.

3. Memberi Pakan Tambahan

burung cendet juga memerlukan pakan tambahan untuk membuatnya mau berbunyi. Cendet macet bunyi biasanya kurang pakan tambahan atau kurang nutrisi. Pakan tambahan yang bisa diberikan burung cendet seperti kroto, jangkrik, ulat ataupun belalang. Untuk pemberiannya jika memang kurang nutrisi bisa ditambah namun jika sudah dikembalikan seperti semula.

4. Melakukan Penjemuran

Penjemuran juga bisa meningkatkan bunyi dari burung cendet. Perawatan harian burung cendet berupa penjemuran bisa dilakukan secara teratur setiap harinya. Dengan begitu burung cendet bisa mengalami masa birahi yang kuat sehingga semangat untuk berbunyi. Ini tentu akan mengatasi burung cendet yang awalnya tidak mau berbunyi.

5. Memberikan Madu atau Buah

Jika burung cendet mengalami keracunan akibat memakan serangga beracun tanpa sengaja bisa anda atasi dengan memberi madu. Madu bisa menjadi pertolongan pertama bagi burung cendet yang mengalami keracunan serangga. Setelah itu anda bisa memberikannya buah pepaya yang kecil-kecil. Bisa diberikan secara langsung atau ditaruh diwadah pakannya. Pepaya bisa menetralisir racun dalam pencernaan burung cendet. Untuk perawatan selanjutnya anda bisa memberikan obat atau vitamin pada burung cendet.

6. Memindahkan Cendet dari Keramaian

burung cendet tidak suka diletakkan di tempat ramai. Sehingga anda harus memindahkan cendet segera jika ia merasa ketakutan. Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih tenang.

7. Perawatan Cendet Bakalan atau Masih Baru

Lakukan proses pemandian terhadap cendet secara rutin yaitu pagu dan sore. Sekali dalam waktu  seminggu, terapkanlah terapi mandi malam pada jam 7 sampai basah kuyup.

Jika sudah selesai melakukan terapi maka terapkanlah juga pemakaian kerodong pada sangkar ketika burung sedang beristirahat dan jangan lupa untuk menjauhkan sangakar cendet dari burung yang lainnya. Berikanlah pakan berupa EF dan jangan terlalu sering mengubah jenis pakannya.

Baca Juga: 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Galak dengan Mudah

Jangan khawatir jika cendet macet bunyi. Anda bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasinya melalui artikel di atas. Jika burung cendet anda mengalami hal-hal di atas anda bisa mengatasinya dengan cara yang sudah dijelaskan. Semoga cendet anda segera bisa berbunyi dan kembali gacor seperti semula. Menang kondisi tersebut pasti akan dialami setiap burung. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...
loading...
Burung Cendet Galak, Burung Cendet Buas

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Galak dengan Mudah

Cendet Mengembangkan Bulu, Bulu Cendet Mengembang, Masalah Pentet

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Mengembangkan Bulu