cendet hanya ngeriwik, Cendet Ngeriwik, Cendet Tidak Mau Buka paruh, Cendet Tidak Gacor

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Hanya Ngriwik

Cendet Ngriwik – Banyak sekali pertanyaan tentang kenapa pentet atau cendet cuma ngriwik atau bunyi cuma pada pagi hari. Bahkan ada juga cendet yang hanya gacor kalau di rumah tidak gacor saat berada di lapangan atau sebaliknya cuma gacor di lapangan akan tetapi tidak gacor saat berada di rumah.

cendet hanya ngriwik, Cendet Ngriwik, Cendet Tidak Mau Buka paruh, Cendet Tidak Gacor

Burung cendet ngriwik dan tidak gacor adalah burung yang tidak sakit secara fisik ataupun mental, akan tetapi kemungkinan besar memiliki masalah. Masalah cendet ngriwik tidak mau ngepong itu rata-rata ada di perawatan harian.

Jadi ketika ingin cendet nya ngeplong, gacor dan buka paruh lebar maka harus konsisten dalam perawatan harian. Selain perawarian rata-rata cendetmania tidak paham dengan burung yang dimilikinya. Pemahaman karakter pada candet atau pentet sangat berpengaruh terhadap kegacoran sang burung.

Wajar saja kalau cendet yang anda miliki hanya ngriwik tidak mau ngeplog padahal usianya sudah tua, karena anda pelum paham karakterburung tersebut. Memang banyak sekali masalah atau problem ketika memihara bung cendet.

Nah disitulah mengapa sang pemilik harus paham belut tentang semua keinginan cendet yang dimilikinya. Cendet hanya ngriwik saat digantang atau pun dirumah disebabkan oleh banyak sekali faktor. Faktor penyebab cendet ngriwik akan dijelaskan satu-persatu dibawah ini.

Penyebab Cendet Ngriwik :

Berikut ini penyebab kondisi burung yang hanya ngriwik atau hanya bunyi pada waktu dan tempat tertentu.

1. Cendet Tidak Terlatih

Burung Cendet yang belum terlatih misalnya saja burung tua atau pun muda terutama tangkapan hutan. Sebab, meski usaha burung masih muda, burung dari hasil tangkaran biasanya mau gacor. Kenapa? Karena burung hasil tangkaran besar di lingkungan manusia dan karenanya burung tersebut tidak ada perasaan takut kepada manusia dan lingkungannya.

Sedangkan burung yang menangkap dihutan, perlu penyesuaian yang sangat lama dengan lingkungan sekitar manusia. Kalau Anda memelihara burung yang menangkap dihutan, kadang perlu waktu lama bisa sampai berbulan-bulan untuk membuat dia tidak takut lagi dengan manusia.

2. Burung Cendet Masa Mabung

Saat burung memasuki masa mabung biasanya hanya ngriwik-ngriwik atau bahkan hanya diam saja. Cek saja apabila burung tiba-tiba tidak gacor, ada kemungkinan besar sadang memasuki masa mabung. Masa ini biasanya ditandai dengan adanya bulu-bulu halus mulai berjatuhan.

3. Burung Selesai Masa Mabung

Kebiasaan burung habis mabung juga terjadi pada Cendet ngiriwik. Burung tidak mau gacor sebagaimana ketika sebelum mabung. Hal ini disebabkan karena masa rekondisi pasca mabung memang memerlukan waktu lumayan lama, yaitu sekitar 1-2 bulan. Tentu hal ini tidak berlaku juga untuk burung-burung tertentu, yang bahkan dalam kondisi tersebut mabung masih tetap gacor. Artinya, pada umumnya burung yang baru saja mabung sebenarnya merupakan burung yang kurang sehat atau belum sehat secara fisik. Untuk mempercepat kesehatannya pulih kembali, maka pastikan saja kecukupan nutrisinya.

4. Burung Cendet Yang Kalah Adu

Burung yang kalah setelah lomba diadu, biasanya juga hanya ngiriwik-ngriwik terus tidak mau gacor. Kalau hal itu terjadi pada burung cendet Anda, maka burung Anda perlu dikarantina beberapa saat.

Sampai kapankah demikian? Kadang memerlukan waktu sampai berbulan-bulan untuk memulihkan kondisi supaya lebih baik atau biasanya setelah melewati masa mabung. Selama perawatan selesai, juga perlu memperhatikan tentang kecukupan pakan dan gizinya.

5. Burung Cendet Pada Kondisi Tidak Vit

Burung yang gacor di rumah tetapi tidak di arena lomba atau hanya pada tempat-tempat tertentu biasanya disebabkan oleh kondisi tidak fit atau bisa juga karena tidak terbiasa diadu dalam keramaian.

Dengan demikian diperlukan pemeriksaan yaitu dilihat dan dikondisikan fisiknya sehingga benar-benar fit dan sementara waktu juga dilatih secara rutin tetapi terukur. Kalau memang menginginkan burung yang mau dan terbiasa gacor tidak ngriwik di arena lomba atau di keramaian.

Setelah kita paham akan penyebab burung pentet hanya ngriwik saja maka ada harus paham cara mengatasinya. Dibawah ini cara-cara mengatasi cendet ngriwik menjadi gacor.

Cara Mengatasi Cendet Ngriwik :

Selain penyebab burung Cendet yang hanya ngriwik, pasti ada juga cara mengatasi Cendet yang mengalami masalah hanya ngriwik, diantaranya:

1. Waktu Penjemuran

Masalah jemur untuk burung cendet juga tidak mutlak harus dilakukan setiap hari. Namun sehenggaknya dalam seminggu burung Cendet harus dijemur paling tidak dua kali. Hal ini disebabkan karena selain sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tulang burung, sinar matahari juga mampu membantu memaksimalkan pita suara burung Cendet.

Itulah alasannya kenapa semakin bertambah umur Cendet frekuensi jemurnya perlu ditambah. Bahkan jika bulu Cendet sudah mulai berganti bulu dewasa full, penjemuran harus ditingkatkan lebih intensif lagi. Namun ketika power burung sudah mecah dan maksimal, ada baiknya penjemuran dilakukan dengan normal dan sesuai kebutuhan burung saja.

2. Asupan Nilai Nutrisi Pada Pakan

Cendet adalah burung yang dalam perawatannya sangat membutuhkan asupan yang sangat baik untuk membantu tumbuh kembang pada cendet. Bahkan bisa dibuat seakan burung seperti hidup di habitatnya yang nutrisinya sangat terjamin. Namun dari itu semua tentu saja Anda tidak akan bisa memberikan jaminan seperti yang dibutuhkan, akibat terbatasnya pakan yang tersedia di pasaran.

Namun dengan begitu, sebaiknya memberikan pakan yang berkualitas tinggi, setidaknya Anda sudah sedikit bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung supaya bisa membantu suara cendet tidak ngriwik.

3. Mengatur Waktu Mandi Cendet

Cendet adalah burung yang tidak membutuhkan mandi yang rutin, ada masanya burung tidak dimandikan secara teratur demi kepentingan tertentu. Karenanya, mandikan Cendet seperlunya saja sebab air ini bersifat dingin yang memuingkinkan dapat menghambat proses optimalisasi pita suara pada burung Cendet. Selain itu dapat membuat cendet yang semula ngriwik menjadi gacor.

4. Setelan Extra Foding Cendet yang Pas

Mengapa kita harus paham betul setingan extra fooding pada cendet? Ya, karena dengan paham akan setingan EF maka akan membuat cendet gacor. Kabanyakan cendet hanya ngriwik di rumah maupun di perlombaan karena sang pemilik tidak paham akan takaran EF yang mereka berikan.

Berikanlah EF seperti kebiasaan yang anda berikan setiap hari. Jangan mencoba-coba sebelum menemukan setingan EF cendet yang pas. Karena jika sudah paham mengenai setingan extra fooding cendet seperti kroto, jangkrik maupun ulat hongkong anda boleh saya merubahnya. Cobalah dulu memberi jangkrik pagi dan sore 3 ekor, sedangkan ulat hongkong 3 ekor juga.

5. Mengasingkan Cendet Kalah Saat Diadu

Rata-rata mental cendet akan berkurang atau drop ketika kalah diadu saat di rumah maupun perlombaan. Maka jika anda paham tentang hal tersebut segera asingkan burung dan memasternya secara rutin. Anda juga dapat membaca cara melatih mental cendet dengan baik dan benar.

6. Paham Karakter Cendet

Bisa paham akan karakter burung yang dimilikinya, maka dapat membuat cendet ngriwik menjadi gacor. Pemahan karakter cendet bukan merupakan proses yang cepat. Sang pemilik harus meraba-raba apa saja yang diinginkan burungnya.

Beberapa cara merawat burung cendet ngriwik di atas sangat baik untuk anda simak supaya suara sang burung bisa cepat ngeplong dan fasih membawakan lagu. Bahkan cara merawat burung cendet ngriwik di atas sangat baik dan berguna untuk usia cendet yang masih muda.

Baca Juga: 19 Penyebab Dan Cara Mengatasi Cendet Salto dengan Cepat

Dengan perkembangan yang baik Cendet akan menjadi lebih siap, tidak ngriwik. Dan mempersiapkan cendet baik dari segi mental dan fisik menjadi lebih sanggup berprestasi sejak usia dini. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...
loading...
Cendet Salto, Msalah Cendet, Cendet gacor, Cendet Koprol, Cendet Juara

19 Penyebab Dan Cara Mengatasi Cendet Salto dengan Cepat

Menurunkan Birahi Cucak Ijo

10 Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo Dalam Waktu 1 Hari