Cendet Salto, Msalah Cendet, Cendet gacor, Cendet Koprol, Cendet Juara

19 Penyebab Dan Cara Mengatasi Cendet Salto dengan Cepat

Cendet Salto – Burung cendet pada awalnya merupakan burung sawahan yang berharga murah, namun memiliki bakat yang sangat mengagumkan dalam hal berkicau sehingga saat ini dihargai lumayan mahal. Itulah penyebab mengapa burung cendet banyak diminati.

Cendet Salto, Msalah Cendet, Cendet gacor, Cendet Koprol, Cendet Juara

Selain itu, burung cendet juga dikenal sebagai burung yang cukup agresif, sedikit galak, tapi sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Akan tetapi burung cendet kadang mengalami beberapa masalah burung cendet salto.

Walau demikian, hampir setiap orang yang memelihara cendet akan mengalami beberapa masalah yang lain. Seperti halnya stres, sering ngetem saat lomba dan beberapa masalah umum lainnya sesuai dengan jenis burung itu sendiri.

Untuk para pecinta burung yang tertarik untuk memelihara jenis burung cendet, ada baiknya mengenali terlebih dahulu karakter burung cendet beserta beberapa masalah yang sering timbul pada burung cendet ini.

Burung cendet mengalami salto adalah salah satu masalah yang paling sering muncul pada jenis burung ini saat ia terlihat berjumpalitan atau yang dikenal dengan nama burung salto. Sebenarnya, burung salto tidak hanya ditemukan pada burung cendet saja melainkan ditemukan pada beberapa burung kicau yang lain. Burung yang sering mengalami salto seperti burung kacer, burung ciblek, murai batu, dan juga cucak Ijo.

Penyebab Cendet Mengalami Salto :

Berdasarkan pengalaman kebanyakan para pecinta cendet mengatakan bahwa kebiasaan burung salto dikarena beberapa sebab diantaranya adalah,

1. Penyebab alamiah.

Burung Cendet salto dikarenakan karakter alaminya. Pada saat berburu mangsa dialam bebes, burung ini pun sering melakukan tingkah-tingkah akrobatik dan termasuk juga salto.

2. Karena burung merasa stres.

Pada saat burung Cendet ini mengalami stres baik karena lingkungan ataupun berbagai akibat lainnya burung inipun bisa saja mengalami salto.

3. Adanya perubahan pemberian pakan dan perubahan perawatan.

Perubahan pada perawatan burung Cendet ini bisa saja mengakibatkan salto. Begitu juga ketika perubahan pemberian makanan.

4. Gangguan keseimbangan tubuh.

Apabila burung Cendet ini mengalami gangguan sistem pada tubuhnya atau mengalami gangguan keseimbangan, bisa saja burung ini mengalami salto. Untuk itu ketika merawat burung ini haruslah sangat berhati-hati.

Cara Mengatasi Cendet Salto :

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama mengapa burung jenis ini bisa salto, dan tentunya akan lebih mudah untuk melakukan penanganan terhadap burung yang salto. Bagi yang masih sangat awam, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah Cendet yang mengalami salto.

  1. Jika hal ini ( burung salto) belum terjadi pada burung cendet, sebaiknya melakukan pencegahan terlebih dahulu.
  2. Pencegahan dimulai dengan sesegera mungkin meminimalisir kecenderungan agar burung tidak stres. Hal ini bisa efektif mencegah burung ini mengalami salto.
  3. Cara mencegah agar burung tidak stres sebenarnya tidaklah terlalu sulit, hanya cukup dengan menutup bagian atas sangkarnya saja apabila memiliki burung baru, atau pun juga bisa menutupinya dengan kerodong. Hal ini dimaksudkan agar mengkondisikan burung dalam suasana yang nyaman.
  4. Selanjutnya adalah dengan cara pemberian makanan extra food yang teratur serta usahakan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makanan seperti cacing, jangkrik atau jenis makanan yang lainnya. Karena hal ini menjadi salah satu kunci sukses dalam perawatan burung dan sebenarnya juga terletak pada pemberian makanan yang seimbang kemudian juga teratur.
  5. Berikan multivitamin OrBird yang juga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi masalah stres.
  6. Memberikan tambahan tanggeran yang berfungsi untuk pencegahan supaya burung tidak mengalami salto.
  7. Mengurangi makanan ekstra berupa jangkrik atau jenis makanan yang lainnya.
  8. Apabila salto teridentifikasi karena disebabkan oleh perubahan setingan atau perubahan kebiasaan, cobalah untuk sesegera mungkin mengembalikan kebiasaan sebelumnya dalam proses perawatan.
  9. Berikanlah perawatan yang rutin dengan memandikannya sekurang-kurangnya yaitu 2 kali sehari. Dan sebaiknya saat memandikan, gunakanlah semprotan atau menggunakan sistem keramba hal ini bertujuan agar burung tidak basah kuyup.
  10. Kurangi waktu penjemuran saat setelah memandikannya, karena hal ini mampu mengurangi burung yang salto.
  11. Tutuplah sangkar atau memberikan penutup kerodong selama seharian penuh setelah mandi dan berjemur. Hal ini bisa membuat burung ini merasa lebih tenang dengan kondisi didalam sangkar.
  12. Sebaiknya pada pagi hari sekitar jam 07.00 angin-anginkan burung selama ½ jam dan kemudian mandikan, bisa juga dengan cara di semprot atau di masukan kedalam keramba khusus untuk memandikan burung.
  13. Setelah itu jemur burung sekitar 1-2 jam dengan catatan tidak boleh melihat burung sejenis.
  14. Selalu bersihkan kandang burung cendet serta gantilah pakan berupa veor dan air yang bersih juga makanan sehat bagi burung lang lainnya.

Baca Juga: 10 Cara Melatih Mental Cendet Agar Siap Gantang

Kemungkinan besar sampai saat ini, ada yang belum tahu penyebab maupun belum memahami cara mengatasi masalah cendet salto ini. Akan tetapi artikel ini sudah banyak memaparkannya dengan jelas. Hal demikian memang kadang membuat pemilik merasa khawatir dengan keadaan burung yang dimilikinya. Intinya sang pemilik harus paham cara perawatan cendet harian yang baik dan benar.

Maka dari itu janganlah sampai terjadi dan membiarkannya begituh saja. Adapun hal lain yang seharusnya dilakukan selain mengatasi burung salto, ya tentunya sebelum hal itu terjadi pada burung yang dimiliki alangkah lebih baik melakukan pencegahan terlebib dahulu agar tidak terjadi.

itulah tips-tips serta cara mengatasi burung cendet salto dan penyebabnya. Semoga artikel ini mampuh menambah wawasan untuk para pecinta Cendet mania. Jangan lupa untuk membaca tips cendet lainnya.

Loading...
loading...
Cendet Ngetem, Cendet Sering Ngetem, Cendet Lomba, Tips Cendet, Cendet Gacor, Jencet Juara, Masalah Cendet

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Sering Ngetem Saat Digantang

cendet hanya ngeriwik, Cendet Ngeriwik, Cendet Tidak Mau Buka paruh, Cendet Tidak Gacor

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Hanya Ngriwik