Merawat Ciblek Bakalan, Ciblek Bakalan Gacor

12 Cara Merawat Ciblek Bakalan Hingga Bisa Ngebren

Kicauburung.id – Merawat ciblek bakalan atau ombyokan hingga bisa ngebren merupakan hal yang sangat mudah asalkan sabar dan mengerti karakter burung tersebut. Burung Ciblek adalah salah satu jenis burung dengan tubuh yang mungil tapi memiliki power suara yang luar biasa. Awalnya burung ciblek tidak memiliki penggemar atau tidak terlalu dilirik oleh masyarakat terutama para pecinta burung.

Namun kini burung ini sudah sangat digemari dan menjadi salah satu burung papan atas yang sering diikutkan dalam lomba, baik lomba besar maupun lomba kecil. Dalam proses pemeliharan burung ciblek, Anda memiliki banyak keuntungan.

Merawat Ciblek Bakalan, Ciblek Bakalan Gacor

Burung Ciblek bukan hanya menjadi andalan dalam arena lomba, tapi juga bisa menjadi master untuk burung-burung kicau lainnya. Contohnya bisa digunakan untuk memaster seperti cucak ijo, kacer, murai batu, dan lain-lain. Merawat ciblek bakalan hingga menjadi gacor merupakan pekerjaan yang harus telaten. Ketika burung sudah terbiasa dan nyaman dengan rumah barunya, maka dia tidak segang-segang lagi untuk mengeluarkan suaranya secara maksimal.

Pasti Anda menginginkan burung ciblek bakalan Anda menjadi gacor? untuk itu, tugas pertama Anda adalah membuat burung agar merasa nyaman dengan sangkar barunya. Berikut adalah beberapa tips cara merawat ciblek bakalan hingga menjadi rajin berkicau.

1. Cara Merawat Ciblek Bakalan Dengan Menargetkan Tempat Kandang / Sangkar

Secara umum, burung baru masih memiliki sifat liar terutama burung yang baru ditangkap di hutan atau tempat lain. Untuk mencegah burung agar tidak rusak, Anda harus menutup seluruh bagian kandang menggunakan sebuah krodong.

Kemudian Anda gantung sangkar burung tersebut di tempat yang jarang dilalui oleh orang atau lebih tepatnya simpan di tempat yang sepi. Agar stamina burung tetap terjaga, sebaiknya diberikan makan kroto di pagi dan sore hari.

2. Cara Pemberian Makan Ciblek Bakalan

Pada hari-hari berikutnya, anda mulai mencampur makanan yang awalnya hanya kroto kemudian Anda campur dengan voer yang lembut dengan tambahan sedikit air. Pada 3 hari pertama pencampuran pakan burung, anda mencampur kroto bersama voer dengan perbandingan 75:25.

3 hari berikutnya, anda mencampur 2 pakan tadi dengan perbandingan 50:50.  Dan 3 hari berikutnya lagi beri pakan campuran dengan perbandingan 25:75. Campuran pakan ini anda berikan pada burung di pagi dan sore hari dan untuk menjaga stamina burung tetap terjaga, anda bisa membarikannya 2 ekor jangkrik di pagi dan sore hari.

Setelah itu pada hari-hari berikutnya, burung akan mulai terbiasa makan voer yang ditandai dengan warna kotorannya yang menyerupai voer.

3. Cara Pemberian Makan Ciblek Harian Tahap Selanjutnya

Setelah burung terbiasa dengan voer, anda bisa memberikannya pakan voer kering tanpa campuran apapun selama 1 minggu. Namun perlu anda ingat agar tidak lupa sesekali memberikannya extra fooding secukupnya.

Tapi pemberian EF ini tidak boleh secara berlebihan karena dapat membuat burung Anda menjadi malas makan voer. Pada tahap ini juga kita bisa membuka penutup sangkar burung secara perlahan dengan memulainya dari pintu sangkar, kemudian Anda melakukannya secara bertahap sampai si ciblek mengetahui bahwa dia berada di dalam sangkar.

4. Tahap Penjinakan Ciblek

Pada tahap penjinakkan ciblek, anda bisa menggunakan cara yang simple yaitu dengan menggantung sangkar burung di tempat yang lebih ramai namun menggantungnya sedikit lebih tinggi. Kemudian secara bertahap, rendahkan gantungannya.

Setelah masa pemilharaan burung Ciblek selama 3 sampai 4 bulan, si Ciblek akan mulai berkicau dengan riang. Tak luput pula anda memberikan sedikit kroto untuk membuat Ciblek terangsang agar tetap berkicau.

Kini burung anda sudah gemar berkicau namun belum gacor, untuk itu selanjutnya kita akan membuat burung kita menjadi gacor seperti yang diinginkan.

Baca Juga: 3 Cara Menjinakan Ciblek Liar dan Bakalan dengan Mudah

Cara Membuat dan Merawat Ciblek Bakalan Menjadi Gacor :

  1. Setiap pagi pada pukul 05:30 atau 05:00 buka krodong burung ciblek. Lalu gantung sangkar burung diluar rumah sambil di embun – embunkan.
  2. Kemudian pada pukul 07:00 beri pakan ciblek dengan EF ( Ekstra Fooding ) seperti jangkrik 2 atau 3 ekor kecil. Apabila menggunakan kroto cukup ¼ dari sendok teh saja. Setelah itu mandikan si ciblek menggunakan penyemprot atau juga bisa menggunakan keramba.
  3. Lalu jemur ciblek pada pukul 07:00 sampai pukul 09:00 pagi.
  4. Kemudian gantung sangkar burung pada tempat yang teduh.
  5. Pada sore hari tepatnya pada pukul 16:00 berikan makan ciblek menggunakan EF dengan porsi yang sama pada saat pagi hari.
  6. Dan pada pukul 17:00 krondong kan kembali sangkar burung ciblek.
  7. Pahami karakter burung.
  8. Lakukan hal tersebut secara berulang kali dan lihat apa perkembangannya.

Baca Juga: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Ciblek Macet Bunyi

Jika perawatan ciblek bakalan di atas sudah anda lakukan dengan benar. Maka langkah selanjutnya anda harus rajin-rajin membersihkan kandang. Dengan lingkungan yang bersih dan nyaman akan memberikan efek positif pada burung, sehingga membuat ciblek lebih cepat ngebren.

Loading...
loading...

11 Cara Merawat Ciblek Harian Agar Gacor dan Fighter

Merawat Ciblek Lomba, Merawat Ciblek Sebelum Lomba, Merawat Ciblek Sesudah Lomba

28 Cara Merawat Ciblek Sebelum dan Sesudah Lomba