Connect with us

Ciblek

28 Cara Merawat Ciblek Sebelum dan Sesudah Lomba

Kicauburung.id – Saat ini banyak lomba regional maupun nasional yang membuka kelas untuk semua jenis ciblek. Tentunya untuk mengikuti kontes / lomba ini kita memerlukan persiapan yang baik terhadap burung yang akan kita ikut sertakan. Banyak sekali orang berbondong-bondong untuk mencari settingan agar ciblek mau tampil maksimal di gantangan. Namun kita harus paham betul bahwa cara merawat ciblek lomba berbeda dengan perawatan hariannya.

Merawat Ciblek Lomba, Merawat Ciblek Sebelum Lomba, Merawat Ciblek Sesudah Lomba

Burung ciblek adalah salah satu jenis burung kicauan dengan sifat teritorialnya, pada saat dia melihat burung lain sejenisnya yang berada didekatnya. Maka jika ketemu dengan sejenisnya ciblek akan menampilkan semua kemampuannya. Hal ini membuat burung ciblek bukan hanya dijadikan sebagai burung master tapi burung ini juga sering diikutkan dalam lomba.

Namun agar dapat menarik perhatian para juri dan juga penonton ataupun pecinta kicau mania yang lain kita harus mempersiapkan burung ciblek kita dengan baik supaya dapat menampilkan performa terbaik. Maka dari itu di kesempatan ini kita akan membahas tentang merawat ciblek lomba. Berikut adalah beberapa persiapan dan cara merawat ciblek lomba yang harus dilakukan sebelum mengikuti lomba.

1. Cara Merawat Ciblek Sebelum Lomba :

A. Persiapan lomba H-14

Hal yang dilakukan pada saat H-14 atau dua minggu sebelum hari lomba yaitu :

  • Burung Ciblek yang ingin diikutkan dalam sebuah lomba diusahakan agar tidak melihat burung sejenisnya.
  • Burung Ciblek diembun-embunkan setiap hari, hal ini bertujuan untuk menambah energi burung dan membuat level kicauannya meningkat. Selama pengembunan, Anda bisa memberikannya kroto.
  • Kemudian berikan pakan tambahan extra fooding dengan porsi yang normal atau seperti biasanya.
  • Pakan voer burung harus terjaga kebersihannya, jika perlu 1 atau 2 hari sekali voer diganti dengan yang baru.
  • Bukan hanya pakannya, saja tapi Anda juga harus menjaga kebersihan air minumnya, berikan air minum yang bersih.
  • Pada H-14, Anda sudah bisa memberikannya sebuah suplemen atau vitamin seperti BirdVit, pemberiannya cukup 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu.
  • Pemandian dan penjemuran tetap dilakukan setiap hari secara rutin.
  • Setelah dijemur, kemudian diangin-anginkan kemudian di krondong kembali.
  • Dengan catatan, kegiatan diatas hanya dilakukan selama seminggu saja atau sampai pada hari H-8.

B. Persiapan Lomba H-7

Satu minggu telah berlalu, akhirnya waktu persiapan Anda sisa 7 hari lagi sebelum lomba dilaksanakan, untuk itu pada H-7 kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sekarang hal yang dilakukan bukan hanya sekedar menghindarkan burung untuk melihat burung lain sejenisnya, namun Anda juga harus menjaga sang burung agar tidak mendengar kicauan burung lainnya dengan dekat. Hal ini berlaku baik saat tidak di krondong maupun sedang di krondong.
  • Bila Anda ingin memutarkan sebuah rekaman suara ciblek, Anda bisa lakukan tapi harus dari jarak yang jauh sampai suara yang terdengar tampak samar-samar. Bila Anda memiliki beberapa ekor ciblek, sebaiknya ciblek yang akan diikut lombakan dijauhkan dari ciblek lain atau di karantina.
  • Pemberian suplemen atau multivitamin tetap dilakukan agar kondisi sang burung tetap fit. Bukan hanya itu, di minggu ini Anda sudah bisa menambahkan jatah ekstra foodingnya.
  • Burung tetap di krondong agar dia tetap diam dan tidak melakukan sebuah gerakan yang dapat menyita banyak energi.
  • Pemandian dan penjemuran burung tetap dilakukan, namun dengan waktu yang lebih singkat dari biasanya.
  • Pemberian kroto Anda hentikan dulu agar sang burung tidak menyita energi terlalu banyak.
  • Pada saat H-4 sampai H-2, Anda sudah bisa menambahkan ektra foodingnya sebanyak 1 ekor dari sebelumnya, jika biasa Anda memberikan 2 ekor pagi dan sore, kini menjadi 3 ekor pagi dan sore.
  • Bila Anda memiliki ciblek betina, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan stres si burung lomba, kegiatan ini dilakukan pada H-1 dan dengan waktu 15 menit saja.
  • Dan pada H-1 pemberian kroto kembali berikan di pagi hari, serta penambahan kembali ekstra fooding sebanyak 1 ekor.

C. Persiapan Lomba Pada Hari Perlombaan atau Hari H

Pada hari perlombaan ini Anda harus benar-benar menyiapkannya secara teratur, termasuk membersihkan sisa-sisa makan yang terjatuh pada sangkar burung. Berikut beberapa persiapan lainnya yang harus dilakukan:

  • Saat pagi hari, ciblek dimandikan dengan cara disemprot secukupnya saja agar burung terasa segar dan sekaligus membersihkan bulu burung dari debu yang menempel yang bisa mengurangi penampilannya.
  • Dalam perjalanan menuju tempat lomba, sangkar burung Anda krondong dengan bahan yang tebal atau bisa juga Anda krondong double, hal ini berguna agar selama perjalanan burung merasa lebih nyaman dan terhindar dari debu dan asap kendaraan.
  • Ketika tiba ditempat lomba atau sekita 1 sampai 2 jam sebelum burung digantung di padok lomba, Anda sebaiknya melakukan pembukaan krondong sangkar burung kemudian di gantung sebentar untuk membuatnya beradaptasi dengan kondisi perlombaan yang ramai dan suara burung lainnya.
  • Pemberian ekstra fooding kita berikan seperlunya saja, hal ini bertujuan agar burung tidak kaget dengan lingkungan sekitarnya yang baru dan mencegah burung agar tidak demam panggung.
  • Setelah beberapa menit berlangsung atau sekitar 15 sampai 20 menit, burung kembali Anda krondong, dan krondong baru di buka kembali ketika akan di gantung atau saat memasuki paddock lomba.

Perawatan ciblek sebelum lomba ini memang tidak mutlak untuk dilakukan. Tergantung dari karakter ciblek tersebut yang mungkin masing – masing akan berbeda.

Untuk menjaga kinerja burung serta kesehatan dan “top performance” kita juga harus tahu betul bagaimana cara merawat ciblek sesudah lomba. Banyak orang beranggapan dan mengatakan bahwa jika kita salah merawat burung setelah lomba maka akan sulit juga untuk mencari setingannya.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Ciblek Bakalan Hingga Bisa Ngebren

2. Merawat Ciblek Setelah Lomba :

Setelah kita mengikutsertakan ciblek dalam lomba, hal yang harus kita pahami adalah memulihkan kembali stamina burung ini. Caranya antara lain :

  • Merawat burung ciblek setelah lomba dimulai dengan proses penjemuran selama 30 menit, lakukan sampai H+3 setelah lomba.
  • Berilah voer atau pakan ciblek yang berkualitas.
  • Pemberian EF (extra food) kembali ke setelan normal atau harian ketika tidak sedang dipersiapkan lomba.
  • Berikan multivitamin dalam air minum burung ciblek kita satu hari setelah lomba agar burung kembali fit setelah lelah mengikuti perlombaan yang diikuti.
  • Kembalilah lagi rawat ciblek sesuai rawatan hariannya.

Merawat ciblek setelah lomba sangat penting untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan si ciblek ini biasanya akan mudah drop atau lemah apabila tidak dirawat dengan benar. Usahakan sesegera mungkin anda melakukan perawatan burung ciblek anda setelah diikutsertakan dalam lomba.

Sebenarnya tidak ada aturan / setingan baku dalam merawat ciblek lomba ini. Intinya kita sebagai pemilik harus benar – benar memahami dan mengetahui setiap detail dari kemauan si burung tersebut agar bisa menjuarai lomba – lomba yang diikuti. Namun penjelasan di atas sekiranya dapat menjadi pedoman anda untuk melakukan perawatan burung ciblek yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba.

Baca Juga: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Ciblek Macet Bunyi

Nah untuk para pecinta ciblek mania, itulah tadi pembahasan kita tentang cara merawat ciblek lomba. Semoga bermanfaat bagi anda semua pecinta kicau mania yang hobi dan tertarik dengan burung ciblek yang terkenal dengan ngebren-nya ini.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ciblek

To Top