Cucak Ijo Mangap, Cucak Ijo Buka Paruh

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak ijo Sering Mangap

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo mangap atau sering membuka paruh tidak wajar. Didis, salto, over birahi dan mangap menjadi masalah terkait prilaku yang sering sekali dijumpai dalam penangkaran cucak ijo. Burung jenis semi fighter ini memang terkenal dengan suara yang indah dan perawatannya yang terbilang mudah jika biaya serta skill mendukung. Nemun ketika burung tersebut mangap bukan gacor secara tidak wajar maka akan mempengaruhi kinerja cucak ijo saat lomba.

Cucak Ijo Mangap, Cucak Ijo Buka Paruh

Cucak ijo mangap seperti yang Anda ketahui, mulut terbuka atau paruh secara tidak wajar. Namun untuk segala jenis burung yang berdarah dingin, mangap diperlukan untuk mengatasi suhu panas dalam tubuh. Jadi sama dengan kita, manusia yang berdarah panas, berkeringat adalah cara untuk mendinginkan badan.

Namun sering kali Anda jumpai cucak ijo yang mangap namun tak kepanasan, hal itu lah yang dimaksud pada artikel ini. Sebagai seorang pengurus yang baik, tahu penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering mangap sangat penting.

Burung cucak ijo jika sedang dijemur biasanya mangap untuk mengatasi suhu badannya yang panas. Untuk melihat reaksi seperti ini, Anda perlu menjemur burung sedikit lebih lama atau di atas pukul 11 siang. Reaksi seperti ini sangat normal, yang harus Anda lakukan adalah memindahkan sangkarnya di tempat teduh sampai burung merasa tak terlalu kepanasan lagi.

Hal tersebut normal, namun cucak ijo mangap walaupun tidak kepanasan sangat lah tidak wajar. Hal yang wajar ini terkenal dengan mangap oleh para penangkar burung. Untuk permulaan, sebaiknya Anda mengetahui penyebab mangap pada cucak ijo yang tidak wajar.

Menganalisa penyebab cucak ijo sering mangap memang perlu di lakukan. Apalagi burung tersebut sering diikutkan dalam sebuah ajang perlombaaan. Karena mangap atau membuka paruh secara terus menerus pada cucak ijo akan berdapak negatif ketika dalam perlombaan. maka sebagai pemula anda wajib menyimak penyebab cucak ijo mangap di bawah ini.

Penyebab Cucak Ijo Sering Mangap :

1. Protein yang Terlalu Banyak.

2. Gangguan pada Alat Pernapasan.

3. Udara Jelek di Sekitar Anda.

4. Sangkar yang Terlalu Kotor.

5. Makanan dan Minuman Tercemar.

6. Over Birahi

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo mangap atau “membuka mulut tidak wajar”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cendet mangap.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Mangap :

1. Mengontrol Birahi Cucak Ijo

Birahi tinggi atau over birahi bisa memicu mangap, bahkan di tengah perlombaan. Untuk menurunkan birahi burung ada banyak sekali metode yang bisa Anda terapkan. Seperti penjemuran yang sedikit dikurangi, mandi yang sering, pemberian EF penurun birahi, dan berikan buah papaya yang sangat ampuh menurunkan birahi burung cucak ijo.

Cara ampuh mengatasi cucak ijo mangap adalah dengan memasukkannya ke sangkar umbaran. Sangkar ini berguna untuk menurunkan tenaga burung karena pada umumnya, over birahi adalah kondisi burung dengan tenaga yang full sehingga perlu dipangkas. Kandang umbaran juga berfungsi untuk melatih pernapasan dan menurunkan berat badan si burung jika termasuk dalam kategori kegemukan.

2. Pindahkan ke Tempat yang Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan yang dimaksud adalah terjauh dari udara yang jelek. Biasanya para cucak ijo mania menaruh burung-burung mereka di samping rumah, depan rumah, atau belakang rumah. Jika rumah Anda terbilang kotor khususnya pada tempat si burung, maka bersihkan atau pindahkan sangkar ke tempat yang lebih steril.

Udara kotor bisa membuat cucak ijo menjadi mangap karena ada dua factor, yang pertama adalah membuatnya harus bernafas keras mencari udara segar. Kedua, infeksi pada alat pernapasan karena virus atau bakteri kotor dari udara yang merusak. Hal ini memang spele tapi sangat berpengaruh penting untuk kesehatan burung bahkan untuk diri Anda sendiri.

3. Jauhkan dari Asap Pabrik atau Lainnya

Asap menjadi musuh utama si burung karena sangat tak mengenakkan baginya. Jauhkan cucak ijo Anda dari pabrik besar yang mengeluarkan asap tebal atau benda-benda lain seperti knalpot motor dan lainnya.

Asap atau udara yang kurang baik nantinya akan berpengaruh pada pernafasan burung. Semakin sering cucak ijo terkena udara tidak baik maka burung tersebut sering mangap. Bahkan dampak buruknya lagi yaitu burung tersebut bisa mati.

4. Rajin Membersihkan Kandang

Dalam membersihkan sangkar atau kandang, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu jamur. Anda tak boleh mencuci sangkar semata-mata terlihat bersih, jamur yang tumbuh sekecil apapun bisa berkembangbiak menjadi banyak jika tak dilakukan pembersihan secara merata. Banyak cara untuk membersihkan kandang, bisa menggunakan shampoo khusus atau alat pilihan Anda.

Tidak hanya sangar, capuk burung cucak ijo dan tempat air juga perlu diperhatikan kebersihannya. Karena sisa makanan bisa membusuk dan mengakibatkan virus serta bakteri masuk ke tubuh burung dan merusak pernapasannya. Sebagai seorang penangkar yang baik tentu tak mau hal itu terjadi, maka bersihkan lah sampai benar-benar tak tersisa kotoran.

5. Perhatikan Sumber Makanan dan Minuman

Jangan membeli tanpa tahu kualitas makanan burung yang baik itu seperti apa. Makanan yang sudah tak layak diberikan bisa mengakibatkan penyakit dan merusak pernapasan si burung sehingga mengakibatkan mangap.

Jadi Anda sangat perlu mengetahui ciri-ciri makanan mana yang baik dan buruk seperti perubahan warna, bau, dan lainnya. Minuman juga begitu, jangan berikan air semata-mata melihat burung sebagai hewan yang bisa diberikan air kotor tetap dilibas. Jika perlu, air boleh dimasak terlebih dahulu kemudian diberikan pada si burung.

6. Kerusakan Dari Dalam Tubuh

Jika mangap terjadi karena memang kerusakan organ dalam tubuh cucak hijau, maka hal ini merupakan masalah yang serius pada burung anda. langkah yang tepat yaitu sebaiknya periksakan kepada yang sudah ahli atau langsung ke dokter spesialis burung saja. Hal pertama yang harus Anda tahu hanya lah mengecek apakah memang dari dalam atau perawatan Anda yang salah.

Ketika memiliki burung, maka rawatlah dengan baik. Rata-rata kerusakan dalam oragan tubuh cucak hijau karena efek doping. Memberikan doping cucak ijo yang berlebihan memeng tidak baik utntuk burung tersebut. Walaupun tujuannya untuk menggacorkan cucak ijo. Boleh lah anda menggunakan doping, dengan catatan obat burung tersebut alami.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Bakalan Cucak Ijo Bermental Juara

Itu perwaratan serta pengetahuan mengenai penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering mangap dalam arena lomba yang baik dan benar. Mangap pada cucak ijo merupakan hal yang wajar-wajar saja.

Perwatan harian cucak ijo yang tepat serta konsisten maka akan dapst mengatasi cucak ijo mangap dengan mudah. Apa lagi merawat burung dari sejak bakalan atau anakan maka akan lebih bagus. karena dampaknya ketika burung tersebut sadah menginjak di usia matang. Matang dan siap diterjunkan ke arena perlombaan. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...
loading...
Cucak Ijo Didis, Cucak Ijo Menyisir Bulu, Cucak Ijo Lomba, Cucak Ijo Gacor

14 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Lomba

Cucak Ijo Salto, penyebab Cucak Ijo Calto, Cra merawat Cucak Ijo Salto, Cara mengatasi Cucak ijo Salto

17 Penyebab dan Cara mengatasi Cucak Ijo Salto dengan Mudah