Cucak Ijp Ngetem, Cucak Ijo Mecet buyni, Cucak Ijo Lomba, Cuak ijo Sering Diam Saat Lomba

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Ngetem di Perlombaan

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo ngetem saat berada di gantangan maupun perlombaan. Cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh orang-orang karena memiliki suara yang bagus dan memiliki bulu khas berwarna hijau. Karena itulah tidak hanya terkenal di kalangan orang pecinta burung di rumah, burung ini juga menjadi salah satu andalan kicau mania untuk mengikutkannya dalam lomba.

Cucak Ijp Ngetem, Cucak Ijo Mecet buyni, Cucak Ijo Lomba, Cuak ijo Sering Diam Saat Lomba

Kualitas yang baik pada cucak ijo akan mengantarkan dia menjadi juara. Kuncinya adalah bagaimana Anda dalam merawat cucak ijo miliki Anda. Namun disamping itu, ternyata masih ada saja masalah yang sering dijumpai dalam perlombaan, salah satunya adalah burung ngetem. Sebagai seorang penangkar yang professional, penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering ngetem sudah menjadi pengetahuan dasar untuk diketahui.

Ngetem pada cucak ijo memang menjadi masalah untuk si penangkar yang mengikutkan lomba si burung. Banyak yang beranggapan ngetem menjadi halangan besar untuk menuju tahta juara. Memang, karena ngetem bisa saja menjadi minus di mata para juri perlombaan.

Ngetem merupakan istilah di kalangan kicau mania di mana burung tiba-tiba berhenti berbunyi di tengah lomba. Meski sepele, sebenarnya ngetem sangat berpengaruh pada penilaian soalnya akan memangkas waktu kicauan pada cucak ijo. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering ngetem yang baik dan benar agar tak terulang lagi di arena perlombaan.

Penyebab Cucak Ijo Ngetem :

1. Perawatan yang Salah

2. Ngetem Karena Kegemukan / Obesitas

3. Kurangnya Pengalaman di Arena Lomba baik si Burung atau Penangkar.

4. Burung Masih Bakalan Atau bahan.

5 Mentalnya Tidak Jadi.

6. Kurangnya variasi lagu.

7. Birahi terlalu tinggi

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo ngetem “jeda kicauannya lama”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cucak ijo ngetem dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Ngetem :

1. Jaga Stabilitas Birahi

Memang birahi yang sedikit lebih tinggi bisa membuat semangat cucak ijo lebih terbakar di arena lomba. Namun jika terlalu tinggi atau biasa disebut over birahi, burung bisa saja membuat prilaku yang tak penting seperti ngetem.

Selain itu, birahi yang terlalu rendah juga bisa mengakibatkan ngetem. Maka dari itu, cobalah untuk mengontrol asupan EF penambah birahi agar sesuai dengan karakter si burung. Tidak terlalu rendah, namun tidak terlalu tinggi. Semuanya memerlukan waktu dan kesabaran dalam mencocokkan dengan karakter burung Anda karena setiap burung memiliki karakternya masing-masing.

2. Penyetelan Ulang

Banyak penangkar yang menyerah akibat burungnya sering ngetem dan berpikir semua itu karena salahnya setelan mereka. Maka dari itu, banyak yang mengulang setingan mereka dan mencari yang benar-benar cocok untuk si burung. Cara ini tidak lah salah, jika memang kurang cocok, maka sebaiknya cari yang lebih pas dan bisa mendongkrak potensi suara dari si burung.

3. Kuruskan Burung

Cucak ijo yang gemuk bisa mengakibatkan ngetem karena membuat burung malas bergerak dan begitu juga untuk berkicau. Jika memang benar burung Anda ngetem karena terlalu gemuk, maka cobalah untuk menguruskan badannya. Untuk metode untuk mengkuruskan badan burung itu banyak sekali, salah satunya adalah dengan memakai kandang umbaran.

Dengan kandang yang besar seperti kandang umbaran, cucak ijo akan sering bergerak dengan menguras tenaga dengan hasil akhir burung akan kurusan atau kembali ke bentuk ideal. Untuk menyeimbangkan, sebaiknya Anda penuhi juga asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral namun jangan berikan EF peningkat birahi. Untuk alternative, Anda bisa memberikan makanan karbohidrat rendah sebagai pengganti.

4. Tingkatkan Pengalaman di Lapangan

Kurangnya pengalaman pada si burung bisa mengakibatkan ngetem d tengah lomba saat berhadapan dengan para lawannya. Biasanya terjadi oleh burung yang masih muda namun bukan berarti burung dewasa tak ngetem di tengah lomba. Semua tergantung pengalaman, walaupun burung tersebut sudah dewasa namun kurang pengalamannya, maka tetap bisa mengakibatkan ngetem.

Untuk mengatasi cucak ijo bakalan sering ngetem saat lomba memang sulit. Untuk pertandingan pertama, sedikit susah untuk mengatasi si burung. Namun dengan perawatan yang baik akan menutupi kekurangan pengalaman tersebut. Karena itu lah jarang sekali burung muda atau baru saja memasuki arena perlombaan bisa menang dalam lomba tersebut.

5. Kurangnya Stamina

Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu selalu meninjau si burung untuk tetap memiliki stamina yang baik seperti memberikan makanan bernutrisi tinggi. Pakan penambah stamina seperti voer atau birdvit juga disarankan untuk selalu diberikan di capuk pakannya. Selain itu, jangan sampai tempat minum si burung kosong. Pastikan semuanya penuh dengan makanan yang disukai oleh si burung.

6. Jaga Kesehatan Burung

Burung sakit cenderung tak mau berkicau atau ngetem di arena lomba. Sebagai penangkar yang baik, tentu ciri-ciri burung yang sedang sakit sudah sangat diketahui. Untuk mengatasinya, semuanya tergantung dengan cara Anda dalam merawat.

Baca Juga: Penyebab dan Cara mengatasi Cucak Ijo Salto dengan Mudah

Itu dia penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sering ngetem di tengah lomba yang baik dan benar serta mudah untuk Anda terapkan di rumah. Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah perawatannya harian cucak ijo yang harus tetap terjaga. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...
loading...
Cucak Ijo Salto, penyebab Cucak Ijo Calto, Cra merawat Cucak Ijo Salto, Cara mengatasi Cucak ijo Salto

17 Penyebab dan Cara mengatasi Cucak Ijo Salto dengan Mudah

Cucak Ijo Sering Melet, Cucak Ijo Melet, Cucak Ijo Birahi, Cucak Ijo Over Birahi

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Melet dengan Cepat