Cucak Ijo Sulit Ngentrok Jambul

16 Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Ngentrok Jambul

Penyebab dan cara mengatasi cucak ijo sulit ngentrok jambul dengan mudah dalam waktu satu hari. Cucak ijo merupakan salah satu jenis semi fighter burung yang memiliki suara bagus sehingga banyak para penghobby burung merawat dan menjadikan cucak ijo sebagai juara mereka di arena lomba.

Cucak Ijo Sulit Ngentrok Jambul

Setiap burung memiliki keunikan masing-masing seperti misalnya beo yang bisa menirukan segala macam suara, murai batu dengan goyangan ekornya, kacer dengan buka ekor atau ngobra, ciblek dengan lompatannya, dan masih banyak lagi.

Cucak ijo juga demikian, ciri khasnya adalah berkicau dengan gaya ngentrok dan jambul. Sayangnya banyak para penghobby burung cucak ijo sering menghadapi burungnya ngentrok dalam arena lomba. Untuk itu, Anda diwajibkan untuk mengetahui bagaimana cara berhadapan dengan cucak ijo sulit ngentrok.

Cucak ijo memang burung yang unik, banyak masalah khusus yang bisa dihadapi para penghobby cucak ijo dan kadang hal itu membuat bingun. Sebagai seorang pecinta burung, pengalaman adalah hal yang sangat bermanfaat.

Pada saat lomba juga sering terjadi masalah-masalah yang membingunkan seperti cucak ijo tiba-tiba mangap tak jelas, ngeruji, tak mau berkicau, dan ngetem. Sebagai seorang pemula Anda sebaiknya tak panik dan mengambil tindakan yang bisa membahayakan seperti menambah pakan EF karena berpikir hal itu baik.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari sumber terpercaya terlebih dahulu. Untuk masalah cucak ijo susah ngentrok, ketahui dulu apa saja penyebab yang bisa membuat cucak ijo sulit ngentrok dan jambul.

Penyebab Cucak Ijo Sulit Ngentrok :

1. Emosi Burung yang Tak Terkontrol.

2. Mental Down.

3. Pemberian Extrafooding Terlalu Banyak.

4. Birahi Terlalu Tinggi / Over Birahi.

5. Birahi Terlalu Rendah.

6. Kurang Nyaman dengan Tangkringan / Ukuran dan Peletakan.

7. Kurang Nyaman degan Sangkar / Ukuran.

8. Tidak Mendapatkan Lawan Trek.

9. Setingan Harian yang Berubah Mendadak.

10. Tidak Nyaman dengan Kondisinya Sekarang.

11. Tidak Puas dengan Setingan Anda.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan cucak ijo sulit ngentrok dan jambul. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cucak ijo susah ngentrok dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Ngentrok :

1. Mengontrol Birahi yang Tinggi

Over birahi atau birahi yang terlalu tinggi memang menjadi pusat berbagai masalah menyangkut prilaku burung seperti cucak ijo. Tentu untuk mengatasinya adalah dengan mengatur masuknya makanan dengan protein yang bisa meningkatkan birahi si burung. Khusus untuk cucak ijo, jangkrik adalah makanan EF peningkat birahi yang sangat manjur.

Namun jika Anda sedang berhadapan dengan cucak ijo yang memiliki birahi tinggi dan bingun, cobalah untuk memberikan makanan penurun birahi. EF terbagi atas dua yaitu peningkat birahi dan penurun birahi. Untuk cucak ijo sendiri, EF ulat bambu adalah makanan penurun EF yang sangat manjur.

Menurunkan birahi pada cucak ijo sangat banyak caranya. Tidak hanya melalui makanan EF penurun birahi, Anda juga bisa menggunakan metode lain seperti kandang umbaran, kurangi atau hilangkan EF peningkat birahi, dan lainnya. Selain sulit untuk ngentrok, birahi tinggi bisa menyebabkan masalah lain seperti burung tak mau berkicau, terlihat malas atau agresif, dan masih banyak lainnya.

2. Proses Memandikan dan Penjemuran

Untuk bisa membuat burung cucak ijo ngentrok dalam arena lomba, perlu diperhatikan bagaimana cara memandikan yang benar. Cara ini baik dilakukan di hari-hari sebelum lomba agar terlihat hasilnya. Cucak ijo Anda dimandikan sama seperti hari biasanya, namun proses penjemuran sedikit lebih lama yakni 1-2 jam.

Jika perlu, mandinya tak perlu sering, cukup satu kali saja sehari atau dua kali sehari sudah cukup. Durasi mandinya pun jangan lama-lama dan jangan sampai mandi sampai basah kuyup. Selain bisa membantu dalam mengatasi cucak ijo sulit ngentrok, mandi dan menjemur burung juga berfungsi dalam merontokkan kutu dan memperkuat bulunya.

3. Setingan

Cucak ijo sulit ngentrok bisa jadi karena EF yang kurang. Birahi yang terlalu rendah juga bisa membuat cucak ijo tak mau berkicau atau sulit ngentrok. Untuk itu, cobalah untuk mengontrol pemberian EF peningkat birahi yang baik dan benar.

Di hari ke3- Sebelum hari H, sebaiknya tingkatkan pemberian EF seperti jangkrik sebanyak 3 kali lipat dari biasanya. Jadi sekitar 9 sampai 15 ekor pada hari ke-3 sebelum hari H. Selain itu, Anda bisa menambahkan menu tambahan berupa 3 ekor ulat hongkong agar lebih ngentrok nantinya.

Pada Hari ke-2 sebelum hari H, masih sama dengan hari ke-3, namun yang berbeda adalah biarkan burung beristirahat sampai pagi setelah proses memandikan dan penjemuran agar burung tampil dengan penuh tenaga pada hari esok yaitu hari lomba.

Di hari H, Anda tak perlu memandikannya dan menjemur, cukup berikan potongan apel kecil sebagai sarapan dan bersihkan kandang seperti biasanya. Saat Anda sampai di lokasi perlombaan, jangan melepas krodong cucak ijo agar tak melihat burung lain yang bisa memicu birahinya. Anda boleh membukanya setelah Anda menemukan tempat sunyi dan biarkan ia beradaptasi dengan lingkungan lomba.

Sesaat menjelang lomba tepatnya 30 menit sebelum lomba atau sebelumnya lagi, berikan masing-masing 3 ekor ulat bambu dan jangkrik guna mendongkrak birahi burung namun tetap terkontrol. Untuk memaksimalkan maka cas cucak ijo Anda dengan mendekatkannya kepada burung lain. Cara ini disebut ngecas di kalangan cucak ijo mania atau burung lain untuk memacu birahi si burung.

4. Buat cucak Ijo Nyaman

Sering kali sebagai seorang penghobby acuh tak acuh kepada burung atau tak peduli sama sekali. Hal ini salah karena bisa membuat burung tak nyaman dan mengakibatkan cucak ijo sulit ngentrok di tengah lomba. Selain itu, gonta ganti setingan bisa membuat burung tak mau berkicau di lomba karena merasa tak cocok. Pengetahuan penghobby dengan karakter burungnya sangat lah diperlukan. Selain itu perwatan cucak hijau harian juga perlu ada lakukan secara konsisten.

5. Menjaga Mental dan Perawatannya

Mental bisa diperkuat dengan banyak metode, salah satunya adalah melatih cucak ijo untuk disiplin seperti melatih mandi sendiri dan lainnya. Perawatan menjadi hal nomor satu yang harus diperhatikan karena dengan perawatan yang baik, tentu akan menghasilkan burung yang berpotensi menjadi juara di arena lomba.

Untuk masalah cucak ijo sulit ngentrok, asupan nutrisi seperti EF dan mineral sangat penting karena hampir seluruh permasalah seperti ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi yang bisa mengakibatkan birahi tak terkontrol.

Baca Juga: Cara Melatih Mental Burung Cucak Ijo Untuk Harian dan Lomba

Itu dia tips tentang bagaimana cara menghadapi burung cucak ijo sulit ngentrok dan jambul yang baik. Intinya yaitu pelajari karakter cucak hijau anda. Satu lagi, jangan pernah membentak atau mengkagetkan burung anda karena tak baik untuk burung yang memiliki birahi tinggi. Jangan lupa untuk membaca tips burung cucak ijo lainnya.

Loading...
loading...
Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran

19 Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Sulit Buang Kotoran / Faces

Hwamei Mabung, Wambi Mabung

13 Cara Merawat Hwamei Mabung Agar Gacor Kembali