Makanan Cucak Ijo

24 Jenis Makanan Cucak ijo Liar, Lomba, Harian, dan Mabung

Jenis Makanan Cucak ijo Lomba, Harian, Mabung dan Liar – Cucak ijo adalah burung, jenis semi fighter yang perlu makanan. Hewan tak bisa hidup tanpa makanan, namun setiap hewan memiliki makanannya sendiri. Untuk cucak ijo, makanan atau pakan mungkin bisa sama dengan makanan burung lain tapi tetap saja pasti ada sedikit pembeda di antara burung lainnya.

Makanan Cucak Ijo

Untuk seorang penangkar, makanan sangat penting untuk memajukan kualitas dari si burung karena makanan yang baik tentu akan menghasilkan burung yang bagus pula. Namun sayangnya, minim pengetahuan tentang makanan apa yang bagus untuk cucak ijo sering kali menjadi penghalang besar dalam menciptakan seekor cucak ijo yang benar-benar bagus. Karena itu lah, apa saja Makanan cucak ijo yang baik sangat perlu untuk Anda tahu.

Jenis pakan atau makanan cucak ijo sendiri terbagi lagi, mana yang baik untuk cucak ijo lomba, cucak ijo harian, mabung, dan ternak. Pakan yang kaya dengan protein dan vitamin tinggi sangat baik untuk meningkatkan kualitas burung di arena lomba. Peningkat birahi seperti EF sangat berkhasiat dalam meningkatkan potensi burung untuk menang. Untuk burung harian, kenyang dan meningkatkan kualitas suara adalah hal utama.

Hampir sama dengan setingan makanan untuk cucak ijo lomba, cucak ijo harian juga demikian. Sedikit berbeda dengan cucak ijo yang dikhususkan untuk ternak, birahi tinggi bisa jadi metode yang pas untuk cucak ijo ternak karena akan mempermudah perternak dalam penjodohan dan perkawinan. Berikut ini adalah beberapa makanan cucak ijo yang baik untuk cucak ijo lomba, harian, dan mabung.

Makanan Cucak ijo Lomba, Harian, dan Mabung :

1. Buah-Buahan

Pemberian buah-buahan semuanya sangat berkhasiat, baik untuk cucak ijo lomba, cucak ijo sedang, mabung dan harian. Buah-buahan memiliki kandungan protein dan vitamin tinggi sehingga membantu pertumbuhan burung apalagi burung tersebut masihlah muda. Usia muda pada cucak ijo adalah sekitar usia 1 tahun atau masuk 2 tahun untuk jantan. Sedangkan untuk betina, usia muda antara 5 bulan sampai dengan 1 tahun. Pisang kepok menjadi salah satu jenis buah yang sangat baik untuk menunjang segala kesehatan si burung baik dari segi kesehatan dan suaranya.

Buah Untuk Cucak Ijo :

  • Pisang
  • Sawo
  • Apel
  • Pear
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Talok
  • Cerry

Buah-buahan yang akan diberikan pada si cucak ijo Anda sebaiknya dicuci terlebih dahulu agar kebersihannya tetap terjamin. Setelah itu, potong kecil terlebih dahulu agar burung mudah untuk mencerna. Waktu yang paling bagus untuk memberikan makanan buah seperti pisang kepok adalah siang hari pada pukul 12 sampai 2 siang. Selain bisa menahan lapar si burung, buah pisang membantu dalam meningkatkan ketahanan tubuh.

Untuk pemberian buah-buahan untuk cucak ijo ada bisa berikan secara bergantian selama satu minggu, namun juga di lihat dari birahi cucak ijo tersebut. Jika tinggi anda dapat menurunkan birahi cucak ijo dengan pepaya.

2. EF / Extra Fooding

EF atau extra fooding membantu dalam meningkatkan birahi burung dan sangat cocok untuk disajikan untuk cucak ijo lomba dan harian. Namun pemberian EF pada masa mabung sangat tidak dianjurkan, bahkan boleh untuk sementara dihilangkan karena EF bisa meningkatkan birahi si burung yang tak baik jika sedang dalam masa mabung. EF yang baik untuk cucak ijo adalah jenis serangga

Extra Fooding Cucak Ijo :

  • Jangkrik Biasa
  • Jangkrik Alam
  • Belalang
  • Orong-orong
  • Ulat bumbu
  • Ulat hongkong
  • Ulat kandang
  • Kroto

Jangkrik menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh para penangkar karena kandungan protein didalamnya sangat lah banyak. Namun untuk anakan cucak ijo, jangkrik yang sedang mabung dengan ciri-ciri berawarna putih dan lembek sangat cocok mengingat anakan burung juga sangat lemah untuk menelan yang keras-keras, tentu saja ingat untuk tak memberikan kepala dan kakinya.

Jenis EF terbagi atas dua, EF yang bisa meningkatkan birahi dan EF yang bisa menurunkan birahi. Keduanya memiliki manfaat masing-masing seperti EF penurun birahi bisa membantu dalam mengatasi over birahi dan EF peningkat birahi bisa membantu agar burung menjadi gacor secar maksimal di arena lomba.

Untuk pemberian extra fooding untuk cucak ijo ada bisa berikan secara bergantian selama satu minggu, namun juga di lihat dari birahi cucak ijo tersebut.

3. Voer

Voer menjadi menu sarapan pagi yang sangat pas untuk si burung karena mengandung asupan nutrisi tinggi namun rendah atau memiliki protein yang sedang saja. Jadi sangat cocok untuk pagi hari di mana burung masih baru bangun dari tidur dan tak memerlukan birahi tinggi. Selain itu, untuk memaksimalkan banyak para penangkar burung mencampur antara voer dan kroto sehingga terpadu menjadi nutrisi dan protein yang seimbang. Setelah memandikan, Anda juga bisa menstabilkan kedua campuran tadi dengan 5 ekor jangkrik. Ada beberapa merk voer cucak ijo yang bisa anda gunakan.

Merk Voer Cucak Ijo :

  • Top Song
  • Omega Vit
  • Song Boster
  • Super Vit
  • Ronggolawe
  • Seaweed Gold Coin

Kandungan protein yang ada dalam voer terbilang sedang karena hanya mengandung sekitar 15% saja. Pemberian voer secara konsisten setiap pagi hari bisa membentuk burung dengan kesehatan yang terjaga. Jadi tak jarang para penangkar bingung mengapa burungnya mengalami hal-hal aneh atau sakit saat mengganti merk-merk voer. Untuk porsinya sendiri, Anda boleh menentukan sendiri takaran yang diperlukan sesuai dengan karakter si cucak ijo karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda.

Untuk pemberian voer untuk cucak ijo ada cukup memakai satu. Pilihlah jenis voer yang paling cucak io sukai.

4. Biji-Bijian

Sebenarnya biji-bijian juga memiliki manfaat yang baik dalam menunjang nutrisi yang diperlukan si burung. Maka dari itu, pemberian biji-bijian juga dianjurkan meski banyak yang tak menerapkan cara ini. Vitamin yang terkandung dalam biji-bijian sangat banyak, cukup untuk mengisi asupan karbohidrat dan vitamin yang seimbang dalam tubuh. Namun ada baiknya sebelum diberikan, biji dicuci terlebih dahulu agar kebersihannya terjamin dan tak merusak apa yang ada di dalam tubuh burung.

5. Sayur-Sayuran

Tak berbeda dengan biji dan buah, sayuran juga memberikan asupan nutrisi dan vitamin yang baik, bahkan lebih baik dari pada bijian. Karena ukurannya yang terlalu besar, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan sebelum memberikannya kepada si burung cucak ijo Anda. Pertama, dipotong-potong kecil agar mudah dicerna.

Pemotongan bisa menggunakan pisau atau apa saja sehingga mudah di cerna oleh burung. Jika masih anakan, loloh sayuran dan berikan menggunakan alat suap yang memudahkannya untuk menelan. Namun sebelum semua itu, Anda diwajibkan untuk mencuci terlebih dahulu sayuran tersebut agar tak mengakibatkan banyak penyakit yang bisa membuat burung malah menjadi sakit.

Sayur Sayuran Untuk Cucak Ijo :

  • Tomat
  • Timun

Baca Juga : Harga Burung Cucak Ijo Terbaru 2018

Berbagai macam jenis makanan cucak ijo yang baik untuk cucak ijo lomba, harian, dan mabung. Khusus untuk cucak ijo mabung, sebenarnya makanan di atas bisa diberikan namun satu hal saja yang perlu diingat, pemberian EF peningkat birahi tak perlu diberikan.

Loading...
loading...
Burung Turun TangKringan, Burung Nebok, Burung Turun Dasar Sangkar, Jenis Burung di Indonesia

23 Penyebab dan Cara Mengatasinya Burung Turun Tangkringan / Nebok

Ternak Cucak Ijo, Budidaya Cucak Ijo, Penangkaran Cucak Ijo

10 Cara Ternak Cucak Ijo Sederhana Bagi Pemula Agar Sukses