Menurunkan Birahi Cucak Ijo

10 Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo Dalam Waktu 1 Hari

Cara menurunkan birahi cucak ijo dengan mudah dalam waktu 2 hari. Cucak ijo merupakan jenis burung yang memiliki kicauan yang bagus dengan bulu khas rata-rata berwarna hijau, namun burung ini termasuk burung semi fighter yang sensitive. Artinya, birahi si burung ini tak baik jika terlalu over atau sedikit tinggi dan juga tak baik jika terlalu rendah.

Menurunkan Birahi Cucak Ijo

Maka dari itu, Anda harus menemukan setingan yang pas untuk menjaga birahi dari burung ini tetap stabil. Birahi yang tinggi di cucak ijo bisa membuat prilakunya berubah secara drastis seperti mencoba untuk merusak kandang atau sangar, merusak bulunya, mengiggit, agresif, dan menyerang burung lain. Untuk itu, cara menurunkan birahi cucak ijo harus Anda ketahui sebagai panangkar burung cucak ijo.

Khusus untuk cucak ijo, sebenarnya masih terdapat ciri-ciri lain yang terdapat pada cucak ijo yaitu krek-krek sambil mengeluarkan lidah, bulu mengembang, sayap bergetar, naik turun tangkringan, ngoceh tak jelas, dan menjambul sambil bunyik krek-krek.

Jika sudah mengalami ciri-ciri tersebu, sudah dipastikan cucak ijo Anda kelebihan birahi. Sebelum masuk ke cara-cara menurunkan birahi cucak ijo, Anda harus tahu apa yang menyebabkan cucak ijo over birahi. Penyebab paling umum adalah pemberian EF yang terlalu berlebihan dan keinginan untuk kawin. Jika iya, berikut ini adalah cara menurunkan birahi cucak ijo yang baik dan benar.

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo :

1. Mandi Sering

Mandi dengan frekuensi sering juga bisa membantu dalam menurunkan birahi yang tinggi. Jika normalnya Anda memandikan burung 1 atau 2 kali sehari, maka tingkatkan menjadi 3 sampai 4 kali sehari. Mulai dengan mandi pagi hari, sore hari, dan malam hari atau pagi hari, siang, dan malam hari.

2. Mandi Malam dan Mandi Es

Mandi malam adalah mandi pada waktu malam hari karena dingin bisa membuat birahi burung menurun. Cobalah untuk memandikan burung sekitar di atas pukul 7 malam agar mendapatkan hasil yang baik. Selain itu, mandi es juga bisa menjadi pilihan lain di mana Anda akan memandikan burung Anda menggunakan air dingin dari kulkas. Sebelum melakukan mandi es, sebaiknya lakukan pengembunan singkat agar burung tak terkejut.

3. Proses Penjemuran Jangan Terlalu Lama

Jika biasanya Anda menjemur burung 1 sampai 2 jam perhari setelah mandi, maka kurangi lah menjadi 15 sampai 30 menit saja setiap harinya. Penjemuran yang terlalu lama dan panas bisa meningkatkan birahi burung dan malah membuat burung over birahi. Cobalah untuk menjemur burung misalnya mulai dari jam 8 pagi selama 30 menit atau di bawah jam 11 siang. Selain itu, sebagian ahli berkata boleh tak dijemur dan hanya diangin-anginkan saja setelah mandi sampai birahi burung benar-benar sudah stabil.

4. Pengembunan

Pengembunan sangat disarankan untuk cucak ijo yang over birahi bahkan bisa dilakukan setiap pagi. Biasakan diri Anda untuk melakukan pengembunan antara pukul 5 pagi sampai 6 pagi setelah itu, angin-anginkan sejenak. Proses ini bisa bermanfaat untuk menurunkan birahi burung karena udara sejuk pagi hari membantu dalam mengatur emosi si burung.

5. Pemberian Buah

Buah yang disarankan adalah papaya, jangan berikan makanan buah lain selain papaya termasuk pisang yang sering Anda berikan. Papaya sangat dipercaya bisa menurunkan birahi cucak ijo yang tinggi dan tak kalah dengan khasiat pisang.

6. Jangan Berikan EF Serangga

Hentikan pemberian EF berupa serangga seperti jangkrik dan lainnya. Pemberian EF seperti serangga yang memiliki kandungan protein tinggi sangat bisa membuat birahi burung menjadi over.

7. Pemberian Ulat Bambu

Makanan utamanya adalah ulat bambu yang sangat berkhsiat dalam menurunkan birahi yang tinggi. Jika tidak ada ulat bambu, bisa digantikan dengan cacing yang telah dipotong kecil dan diberikan ke cucak ijo milik Anda. Selain ulat bambu dan cacing, jenis serangga dan ulat lainnya seperti jangkrik dan ulat hongkong sebaiknya tak diberikan.

8. Lakukan Pengumbaran

Proses pengumbaran sangat disarankan untuk dilakukan setiap pagi karena akan membantu burung berolahraga dan menurunkan birahinya yang tinggi. Tindakan ini sangat lah wajib dilakukan selama burung cucak ijo milik Anda masih memiliki birahi yang tinggi.

9. Perawatan yang Baik

Untuk menunjang tips-tips di atas, Anda perlu melakukan perawatan tambahan lainnya seperti pemberian makanan yang rendah EF peningkat birahi, pemberian minum mineral yang baik, dan pembersihkan kandang secara teratur. Selain itu, bagaimana tindakan Anda dalam merawat mental si burung juga termasuk dalam perawatan yang baik dan menjadi hal yang penting untuk seorang penangkar burung.

10. Konsisten

Konsisten dalam hal merawat cucak ijo harian akan membantunya menurunkan birahi. Rawatlah burung cucak ijo anada dengan teratur dan temat waktu agar mudah gacor.

Baca Juga : Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dan Penyebabnya

Itu dia tips dan trik bagaimana cara menurunkan birahi cucak ijo yang baik dan benar serta semoga bisa bermanfaat untuk Anda kicau mania. Kuncinya adalah karakter si burung dan apa saja yang Anda berikan kepada si perut cucak ijo milik Anda.

Loading...
loading...
cendet hanya ngeriwik, Cendet Ngeriwik, Cendet Tidak Mau Buka paruh, Cendet Tidak Gacor

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Hanya Ngriwik

Cucak Ijo Negen, Membuat Cucak Ijo nagen, Cucak Ijo Sumatera, Cucak Ijo Jembar, Cucak Ijo Banyuwangi

11 Cara Membuat Cucak Ijo Nagen Sambil Bunyi di Atas Tangkringan