Memilih Gelatik Batu Bakalan, Gelatik Batu Ombyokan, Gelatik Batu Muda Hutan, Gelatik Batu Bahan

7 Cara Memilih Gelatik Batu Bakalan Prospek dan Bermental Baja

Cara memilih gelatik batu bakalan, omyokan, bahan atau muda hutan yang prospek dan bermental baja. Kadang atau bahkan sering terjadi seorang penghobbi burung gelatik batu atau gelatik wingko  susah dalam memilih bakalan yang baik untuk dirawatnya.

Memilih Gelatik Batu Bakalan, Gelatik Batu Ombyokan, Gelatik Batu Muda Hutan, Gelatik Batu Bahan

Jika tanpa pengetahuan dan informasi tentang bagaimana cara memilih gelatik batu bakalan yang benar dan berpotensi, tentu saja bisa bermasalah dalam perawatan nantinya. Hal itu bisa terjadi karena tidak semua bakalan burung gelatik itu bagus, bahkan ada yang susah dirawat.

Bakalan gelatik batu bisa Anda temukan banyak di pasar-pasar terdekat. Gelatik batu bahan memiliki beberapa ciri yang menunjukkan bakalan tersebut sehat dan berpotensi dalam hal suara dan lainnya. Selain itu, dengan memilih bakalan yang baik tentu akan memudahkan dalam perawatan nantinya.

Banyak orang yang menganggap bakalan semuannya sama, hanya perlu perawatan nantinya. Memang benar, namun ada baiknya memilih yang terbaik agar bisa menghasilkan yang lebih baik juga.

Tentu saja semuanya tergantung bagaimana Anda dalam merawat gelatik batu bakalan Anda nantinya. Namun sebelum memilih, pastikan apa yang menjadi tujuan Anda dalam membeli bakalan gelatik batu. Jika Anda ingin memiliki gelatik batu untuk tujuan ternak, pilih yang sehat dan mempunyai birahi yang bagus.

Jika Anda ingin memiliki burung gelatik batu untuk harian dan lomba, pilih yang sehat, birahi terkontrol, dan punya suara yang bagus. Berikut ini adalah tips-tips bagaimana cara memilih gelatik batu bakalan yang baik dan benar.

Cara Memilih Gelatik Batu Bakalan :

1. Perhatikan Jenis Kelamin

Penangkar biasanya menyediakan dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Untuk seorang pembeli yang berutujuan untuk ternak, sepertinya jenis kelamin semuanya diborong, namun sedikit berbeda jika Anda ingin mengembangkan suara gelatik batu agar bagus dan ngeroll. Jantan menjadi saran utama karena jenis jantan cenderung memiliki kicauan yang kuat dari pada si jantan.

Namun banyak orang yang susah dalam melihat apakah burung tersebut jantan atau tidak. Ada beberapa ciri umum yang harus Anda tahu dalam membedakan gelatik batu jantan dan betina. Pertama, perhatikan ciri-ciri yang terdapat pada si jantan dan betina dalam mengetahuinya. Cirinya terdapat pada bulunya, bulu dada jantan cenderung lebih tebal daripada si betina. Warna bulu hitam kuat di daerah bawah paruh juga jelas terlihat di jantan dan garis putus-putus (Titik) area bawah paruh.

Kedua ciri tersebut sudah menjadi ciri kuat bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada gelatik batu. Tak terlepas juga bagaimana cara memilih bakalan anakan atau sudah dewasa. Jika sudah dewasa, biasanya gelatik batu memiliki bulu yang lebih mengkilap karena sudah mabung. Sedangkan yang masih anakan biasanya masih samar-samar bulu kilapnya.

2. Pilih Burung yang Sehat secara Fisik dan Mental

Secara umum, burung yang sehat secara fisik memiliki bentuk tubuh yang kuat dan proposional. Untuk jantan, pilihlah yang memiliki bentuk kepala sedikit kotak dan untuk betina, pilih bentuk kepalanya sedikit bulat. Untuk masalah mentalnya kuat atau tidak, bisa dilihat dari kelakuannya. Biasanya burung yang mental kuat terlihat lincah, nafsu makan besar, tak mudah emosi, mendekat jika digoda, dan sering terbang ke sana ke sini.

Dengan memilih burung gelatik batu yang sehat fisik dan mental akan mempermudah perawatan karena mental menjadi poin penting setelah fisik. Dengan mental kuat, gelatik batu Anda tak akan mudah over birahi dan mengontrolnya menjadi lebih mudah. Begitu juga jika sehat secara fisik. Fisik yang sehat membuat gelatik batu tak mudah diserang penyakit yang sering kali menjadi keluhan bagi para penghobby burung khususnya gelatik batu.

3. Bulu yang Mengkilap

Gelatik batu memiliki warna bulu silver, putih, dan hitam. Biasanya pada area kepala warna bulunya hitam dan terlihat mengkilap. Ciri tersebut menandakan burung sehat dan sangat berpotensi untuk suara dan kesehatannya. Jangan memilih gelatik batu yang memiliki bulu tak mengkilap dan terlihat kusut karena biasanya, bulu kusut menandakan burung sedang sakit.

Lihat juga seperti apa warna alaminya. Warna abu-abu terdapat pada ekor dan punggung burung sedangkan putih terdapat pada ujung sayap dan di dada sedikit. Jangan memilih warnanya yang sedikit bebeda karena biasanya ciri tersebut dialami oleh burung yang penyakitan. Bulu rapat juga menjadi patokan, jangan pilih gelatik batu yang bulunya mengembang karena bisa jadi gelatik batu tersebut terkena gembung.

4. Postur Tubuh yang Lengkap dan Proposional

Jangan pilih gelatik batu yang cacat, pilih yang anggota badannya lengkap. Perhatikan paruhnya, paruh gelatik batu biasanya serasi ukurannya dengan atas dan yang bawah. Selain itu, pilih gelatik batu di mana matanya dekat dengan paruh karena merupakan tanda-tanda gelatik batu jantan yang baik.

Bentuk kepala juga perlu diperhatikan. Pilih kepala yang besar dan leher yang panjang namun tetap terlihat serasi dengan ekor dan kakinya. Lihat juga secara menyeluruh, tidak hanya fokus pada yang disebutkan saja. Mata harus terlihat hitam pekat dan terlihat menonjol melotot. Burung yang sering melotot menandakan ia bukan burung pemalas.

Lihat juga seperti apa kaki si gelatik batu yang akan Anda beli. Jangan pilih yang pincang atau cacat walaupun si penangkar berkata itu hanya sementara dan bisa diobati. Pilihlah kaki yang terlihat kuat, panjang, dan cakar tajam.

5. Perhatikan Bagian Dubur

Biasanya gelatik batu yang duburnya kotor akibat kotoran sedang mengalami masalah mencret. Sebaiknya tak usah dibeli karena bisa saja penyakitnya susah disembuhkan. Pilih yang duburnya bersih dengan bulu-bulu halusnya.

6. Bagian Paruh Gelatik Batu

Orang biasanya membeli ditempat ombyokan. Jika benar, sebaiknya pilih yang memiliki paruh tak terlalu tebal dan runcing karena menandakan gelatik batu yang nafsu makan baik dan suaranya bagus. Lihat juga seperti apa keadaan birahinya. Birahi yang over biasanya ditandakan dengan sifat burung terlalu liar seperti menabrak jerujinya sendiri tanpa sebab.

7. Pehatikan Kesehatan

Hal yang utama dalam memilih gelatik batu ombyokan yang di beli dari pasar yaitu kesehatan. Kesahatan merupakan hal yang utama jika ingin membeli salah satu bagian dari jenis gelatik tersbut. Maka disaran kan untuk membeli serta memilih gelatik batu bakalan yang sehat.

Baca Juga: 11 Cara Membedakan Burung Gelatik Batu Jantan Dan Betina

Itu dia beberapa tips dalam memilih gelatik batu bakalan, omyokan, bahan atau muda liar yang baik dan benar serta memiliki potensi yang baik soal suara dan kesehatan. Mental juga perlu diperhatikan karena keadaan mental yang baik, akan memperkuat burung gelatik batu.

Tak jarang terjadi, mental lemah bisa membuat burung malah mati karena tak mau makan. Jadi memng sedikit riskan ketika merawat gelatik batu atau wingko dari bakalan. Anda juga dapat membaca cara merawat gelatik batu lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Gelatik Batu Bakalan

7 Cara Merawat Gelatik Batu Bakalan Agar Gacor

Ternak Gelatik Batu, Ternak Gelatik Wingko

8 Cara Ternak Gelatik Batu / Gelatik Wingko Batu Bagi Pemula Agar Sukses