Jenis Jalak, Macam Jalak, Spesies Jalak

20 Jenis Jalak, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Burung Jenis Jalak di indonesia ber aneka ragam, burung jalak yang satu ini memang banyak habitatnya bukan hanya di Indonesia saja. Bebepa macam dan jenis jalak sekarang ini banyak di minati oleh pecinta burung kususnya para kicau mania yang sering ikut dalam perlombaan.

 

Jenis Jalak, Macam Jalak, Spesies Jalak

Siapa yang tidak mengenal burung jalak? Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang populer karena kicauannya yang merdu. Kepopuleran dan ketenarannya tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga sampai ke mancanegara bahkan sampai ke seluruh dunia. Jenis burung jalak pun bermacam-macam. Mulai dari jenis burung jalak khas Indonesia dan beberapa negara lainnya seperti China dan Malaysia.

Jalak atau dalam bahasa inggris sering dikenal dengan nama starling merupakan sekelompok burung pengicau yang berasal dari suku Sturnidae. Jenis burung jalak pada umumnya atau rata – rata memiliki ukuran tubuh sekitar 20 sampai 25 cm. Bentuk tubuh dari burung jalak terlihat gagah serta mimiliki paruh tajam, kuat dan lurus.

Burung jalak sendiri ukuran kaki yang panjang dan sebanding dengan ukuran tubuhnya. Burung ini memiliki volume suara yang keras serta dapat menirukan kicauan burung lain. Namun yang membanggakan bagi para kicau mania yaitu burung ini mudah jinak. Karena banyak sekali penghobi burung kicau mempunyi burung ini untuk sebagai masteran atau melatih jenis burung kicauan lain.

Selain itu harga jalak pun beraneka ragam dan terjangkau. Kali ini kicau burung akan mengulas serta membahas secara lengkap tentang semua jenis jalak secara rinci. Mari kita lihat ulasan – ulasan lengkap tentang jenis burung jalak yang ada di seluruh manca negara di bawah ini.

Macam Jenis Jalak di Dunia Beserta Gambar dan Pejelasannya :

1. Jalak Suren / Jalak Uren (Sturnus contra)

Jalak Suren, Jalak Uren
Burung Jenis jalak suren di beri nama latin Sturnus Contra, bisa di sebut juga jalak uren. Jenis jalak suren merupakan burung yang habitat hidupnya di dataran rendah, mereka bisa kita jumpai di sekitar lembah. Perawatan jalak suren atau uren pun terbilang mudah. Harga jenis jalak suren dimulai dari Rp 400.000 – 1.000.000, yang bisa Anda lihat di berbagai penjual burung di kota masing-masing.

Ciri fisik jenis jalak suren, memiliki ukuran tubuh 24cm, berwarna hitam dan putih, mempunyai warna di antara garis sayap putih, bisa Anda lihat di gambar jalak suren di Atas. Selain itu jalak uren juga mempunyai paruh yang panjang dan berwarna kuning dan orange, memiiki bola mata yang berwarna hitam, dan terdapat seperti kacamata yang berwarna orange yang menyatu hingga paruh. Suara jalak suren sangat nyaring dan juga merdu, maka dari itu para pecinta burung sangat gemar menangkar jalak suren tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Jalak Suren Harian Agar Gacor

2. Jalak Kerbau / Jalak Kebo / Jalak Penyu / Hitam (Acridotheres javanicus)

Jalak Kerbau, Jalak Kebo, Jalak Penyu
Burung Jenis jalak kerbau memiliki nama latin Acridotheres Javanicus, burung jalak ini mempunyai berbagai nama seperti jalak kebo, jalak penyu, dan jalak hitam. Jalak kerbau maupun jalak kebo ini terbilang mempunyai tampilan yang sangar, karena proses perawatan jenis jalak ini cukup mudah sehingga banyak penggemar burung menangkarnya. Harga jalak kerbau atau jalak kebo terbilang cukup murah, yaitu Rp 100.000 hingga 400.000 yang bisa Anda dapatkan di tempat penjual burung atau pasar burung di kota anda.

Habitat dan populasi jenis jalak kerbau, mereka hidup di dataran rendah, burung ini disebut juga jalak kebo karena sering berada i atas punggung kerbau ketika sedang mencari makan. Makanan burung jalak kerbau antara lain, jangkrik, ulat hongkong, serangga, buah-buahan, kroto dan kutu kerbau.

Ciri fisik jalak kerbau antara lain, mempunyai warna tubuh hitam dan abu-abu, paruh dan kakinya berwarna kuning tua, memikili corak mata yang sangat tajam dan berwana hitam, terdapat kacamata berwarna putih. Sehingga burung ini tampak begitu seram ketika kita melihatnya, bisa Anda perhatikan gambar jalak kebo diatas, berikutnya kita akan membahas tentang jenis jalak nias.

3. Jalak Nias / Kerak Ungu (Acridotheres tristis)

Jalak Nias, Jalak Ungu, Kerak Ungu
Burung jenis jalak nias yang mempunyai nama latin Acridotheres tristis, banyak yang mengenal dengan sebutan burung jalak kerak ungu. Jenis burung jalak nias ini habitat dan populasinya akan kita jumpai di daerah Asia tenggara, Amerika dan Afrika. Habitat jalak nias hidup di ketinggian 3.000 meter diatas permukaan laut, tepatnya di kawasan pergunungan. Harga burung jenis jalak nias sekitar Rp 200.000 – Rp 600.000, dan bisa Anda lihat di tempat penjual burung terdekat bila berminat membeli jalak nias.

Ciri fisik jenis jalak nias ini mempunyai warna yang didominasi dengan cokelat, terdapat pula warna hitam di sekitar bagian kepalanya. Memiliki paruh dan kaki yang berwarna kuning tua, dan tatapan mata yang tajam berwarna hitam, ber kacamata kuning. Diantara bulu jalak nias yang terlihat pada gambar, terdapat bulu rintik, dan bisa Anda bedakan dengan jenis jalak lainnya. Kita berlanjut ke pembahasan selanjutnya, berikut di bawah ini rincian detail mengenai jenis burung jalak bali.

4. Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Jalak Bali
Jenis Jalak Bali, yang di beri nama latin Leucopsar Rothschildi, burung ini berada di Indonesia. Habitat dan populasi burung ini bisa kita jumpai di pulau bali, makanya burung jenis ini dikenal dan diberi nama jalak bali. Kelebihan burung jalak bali mereka bisa menari sambil berkicau, selain itu mempunyai bentuk tubuh yang begitu ramping serta bulu yang halus. Harga jenis burung jalak bali antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.0000, terbilang cukup mahal karena burung jenis jalak ini memang sungguh cantik.

Ciri fisik jenis jalak bali yaitu tampak terlihat pada bagian paruh mempunyai warna hitam ke abu-abuan. Jalak bali memiliki mata yang hitam dan terdapat kacamata berwarna biru tua, bagian tubuh nya diliputi bulu halus yang berwarna putih. Bisa Anda lihat di gambar jalak bali yang terdapat diatas, bila kita lihat burung ini sangat bersih, cantik dan begitu indah di pandang mata. Penggemar burung jalak bali kini sudah banyak, dengan kicauan yang begitu merdu sehingga banyak di minati oleh pecinta burung. Berikutnya ada pembahasan mengenai jalak putih, mari kita simak di bawah ini penjelasan burung jenis jalak selanjutnya.

5. Jalak Putih / Jalak Bodas (Acridotheres Melanopterus)

Jalak Putih, Jalak Bodas
Jenis jalak putih, burung ini di beri nama latin Acridotheres Melanopterus, bisa kenal juga sebagai burung jalak bodas. Habitat asli jalak putih mereka hidup di dataran rendah daerah pulau jawa, burung ini pada umumnya bisa kita temukan di hutan-hutan dataran rendah. Sementara untuk harga burung jenis jalak putih sekitar Rp 1.500.000 – Rp 3.500.000, apabila Anda berminat silahkan kunjungi tempat penjualan burung.

Ciri fisik jenis burung jalak putih, mempunyai paruh berwarna kuning, mata hitam diliputi kacamata yang berwarna putih, seluruh tubuh dominan berwarna putih dengan kombinasi hitam dibagian sayap dan ekornya. Kicau burung ini sangat merdu, dan sudah banyak penggemar burung yang menyukai jenis burung jalak putih ini, sekarang berikutny ke jenis jalak sutra.

6. Jalak Sutra / Jalak Kapas (Sturnus Sturninus)

Jalak Sutra, Jalak Kapas
Jenis jalak sutra, atau yang sering kita dengar jalak kapas di beri nama latin Sturnus Sturninus, burung jenis jalak ini habitatnya selalu migrasi dari negara China, kaki gunung himayala dan siberia menuju Indonesia pada bulan maret. Harga Jenis burung jalak sutra sekitar Rp 80.000/ pasang cukup murah, dan bisa anda temukan di tempat penjual burung.

Ciri fisik burung jenis jalak sutra, memiliki warna abu-abu pada bagian kepala dan di sekitar dada. Bagian punggung, ekor dan sayang mempunyai warna hitam, dan terdapat sedikit warna putih, bagian paruh dan mata memiliki warna hitam. Kicau burung jalak sutra atau jalak kapas ini cukup enak di dengar, sehingga para penggemar burung sangat tertarik dengan jalak sutra selain itu harganya pun sangat murah. Selanjutnya di nomor tujuh ada jenis burung jalak mawar, yang akan kita ulas informasinya di bawah ini.

7. Jalak Mawar / Rosy Starling (Pastor roseus)

Jalak Mawar, Rose-coloured Starling
Jenis Jalak Mawar yang bisa di sebut juga Rosy Starling, burung jenis jalak ini di beri nama latin Pastor Roseus, yang juga mempunyai kicauan yang sangat merdu serta indah. Habitatnya bisa kita temui di pergunungan wilayah Indonesia, jalak mawar merupakan salah satu jenis burung migrasi. Tersebebar di wilayah Tiongkok, Ukraina, Turki, dan Iran.

Pada musim kawain tiba spesies jalak mawar biasanya bermigrasi sampai ke Negara India, Sri Lanka, dan Indonesia. Jenis burung jalak mawar pernah singgah di daerah Jogja, Bandung, serta Bali. Harga jalak mawar sekitar Rp 600.000 yang paling murah, bisa Anda dapatkan di tempat penjual burung bila tersedia

Ciri fisik jalak mawar mempunyai jambul, leher, kepala sayap, tunggir, ekor berwarna hitam. Mempunyai paruh yang pendek warna merah muda, dan bisa berubah menjadi warna cokelat disaat musim dingin tiba, warna mata hitam yang pekat salah satu ciri khas jalak mawar.

8. Jalak Brahmana (Brahminy starling)

Jalak Brahmana
Jenis jalak brahmana mempunyai nama latin Brahminy Starling, habitat asli burung ini seing dijumpai dalam kumpulan kecil di kawasan hutan kering, perkebunan, dan kawasan candi, kuil, di Wilayah Asia Selatan. Demikian burung jalak brahma ini bisa disebut sebagai jalak pagoda, karena mereka selalu berada di kawasan candi.

Harga Jalak Brahminy Starling atau jalak brahmana sekitar Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000, tergantung pada jenis dan penjualnya. Bila Anda berminat, bisa di peroleh di tempat penjual burung bila tersedia. Tentunya masalah harga bukan menjadi patokannya buat para pecinta burung, khususnya yang berminat dengan burung jalak Brahmana ini.

Ciri fisik burung jalak brahmana antara lain, mempunyai kicauan yang merdu, dengan warna kepala hitam, warna tubuh cokelat muda dan memiliki sayap berwarna cokelat ke abu-abuan. Mata yang hitam dan terdapat kacamata putih, menjadi ciri khas tersendiri untuk jalak brahma ini, mempunyai warna paruh kuning dan hitam. Makanan jalak brahmana adalah buah-buahan manis seperti pepaya, pisang kepok, dan lain sebagainya. Kita berlanjut untuk mengulas tentang jenis jalak rio, berikut dibawah ini mari kita simak pembahasan selanjutnya mengenai jenis burung jalak lainnya.

9. Jalak Rio / Rio-Rio / Jalak Tunggir Merah (Scissirostrum dubium)

Jalak Rio, Rio-Rio, Jalak Tunggir Merah
Burung jenis jalak rio, memiliki nama latin Scissirostrum Dubium, burung jalak ini biasa kita kenal dengan jalak tunggir merah. Burung jalak rio-rio, merupakan jenis burung endemik dari Sulawesi. Akan tetapi sekarang ini keberadaan burung jalak rio, habitatnya sering kita jumpai di wilayah gunung dubbs balik papan, dan daerah subang. Harga burung jalak rio sekitar Rp 350.000, burung ini bisa Anda dapatkan di tempat penjual burung yang tersedia.

Ciri fisik jalak rio antara lain, mempunyai paruh yang berwarna kuning tua, memiliki warna kombinasi antara abu-abu dan hitam. Ekor jalak rio terdapat warna bercak merah, sehingga burung ini di sebut juga jalak tunggir merah.

10. Jalak Eropa / European Starling (Sturnus vulgaris)

Jalak Eropa, European Starling
Jenis Jalak Eropa bisa disebut juga dengan bahasa inggris European Starling, dimana burung jenis jalak ini mempunyai nama latin Sturnus Vulgaris. Burung jenis jalak eropa sangat pintar, meniru berbagai macam suara burung, sehingga kicau burung tersebut sangat bervariasi.

Habitat jalak eropa sering kali kita jumpai di Negara Eropa, dan Wilayah Asia Barat. Jenis burung jalak ini semakin luas tersebar di daerah Selandia Baru, Australia, Afrika, Argentina, dan Amerika Utara. Akan tetapi jalak eropa ini sering kali dianggap sebagai hama, karena banyak merusak lahan perkebunan para petani. Harga jenis jalak eropa sekitar Rp 1,8 juta, bisa Anda dapatkan di tempat penjualan burung bila masih tersedia.

Ciri fisik jalak eropa antara lain, mempunyai panjang tubuh sekitar 20 cm, terdapat bulu hitam mengkilap disertai bintik-bintik putih, paruh berwarna hitam namun akan berubah pada saat musim panas tiba menjadi kuning. Sehingga burung jalak eropa ini banyak di minati oleh pecinta burung, dengan suara yang bervariasi dan mempuyai mata tajam yang berwarna hitam.

11. Jalak Afrika / Superb Starling (Lamprotornis superbus)

Jalak Afrika, Superb Starling
Jenis Jalak Afrika, sering kita kenal sebagai jalak Superb Starling, burung ini mempunyai nama latin Lamprotornis Superbus. Kicau burung ini, mempunyai suara yang hampir mirip dengan kicau jalak hongkong, serta burung jalak suren. Habitat asli jalak afrika berasal dari Afrika Timur, seperti Somalia, Ugana, Ethiopia, Kenya, serta negara Tanzania.

Harga jalak afrika sekitar Rp 2.500.000 cukup lumayan, yang bisa Anda dapatkan dari penjual burung bila tersedia, karena jarang sekali burung ini di jual di pasar lokal. Sehingga Anda harus memesannya di luar negeri, tetapi bagi sebagian penjual burung biasanya sudah mempunyai koleksi jalak afrika.

Ciri fisik jalak afrika antara lain, mempunyai warna yang unik yaitu dengan tubuh berwarna biru mengkilap, bagian bawah memiliki warna cokelat. Untuk mata mempunyai warna dominan putih dan sedikit titik hitam, dengan paruh warna hitam.

12. Jalak Filipina / Komukudori (Agropsar philippensis)

Jalak Fillipina, Komukudori
Jenis jalak filipina, burung jenis ini mempunyai nama asli Komukudori, dengan nama latin Agropsar Philippensis. Habitat asli jenis jalak filipina berada di Negara Jepang, namun burung ini selalu migrasi ke wilayah Filipina serta Indonesia. Jenis burung jalak ini di Indonesia sendiri populer dengan nama jalak china, atau dikenal juga sebagai jalak mirgan.

Harga jalak filipina sekitar Rp 500.000, bisa Anda dapatkan di tempat penjual burung yang sudah langganan. Bila Anda berminat silahkan kunjungi tempat penjualan burung, yang menyediakan jenis burung jalak filipina.

Ciri fisik jalak filipina ialah, mempunyai panjang tubuh 18 cm, pada tubuh bagian atas berwarna ungu gelap. Mempunyai warna putih paa bagian sayap, serta hitam pada bagian ekor, terdapat bercak cokelat di sekitar pipinya. Memiliki mata hitam dan paruh hitam, kicau burung jalak filipina sangat bervariasi, sehingga banyak sekali penggemar burung ingin memilikinya.

13. Jalak Thailand / Jalak Hongkong (Sturnus Nigricollis)

Jalak Thailand, Jalak Hongkong
Jenis jalak thailand bisa kita sebut juga sebagai jalak hongkong, mempunyai nama latin Sturnus Nigricollis. Habitat asli jalak thailand menyukai hutan kering yang tropis, maupun hutan kering yang subtropis. Bisa kita jumpai di wilayah Brunei, Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Harga Jalak Thailand sendiri sekitar Rp 85.000 – Rp 150.000, namun jenis burung jalak Thailand ini terbilang sulit untuk di peroleh di Negara indonesia. Sehingga yang memiliki jalak thailand belum begitu banyak, bahkan hanya bisa dihitung dengan jari saja.

Ciri fisik jalak Thailand atau jalak hongkong, mempunyai warna tubuh putih serta kombinasi warna hitam, memilikih paruh yang berwarna hitam, mata hitam disertai warna kuning di sekitar kacamatanya. kicau burung jalak thailand sangat indah, sehingga pecinta jenis burung jalak ini sangat menggemarinya.

14 . Beo / Tiong Emas / Mamiang (Gracula religiosa)

Beo, Tiong Emas, Mamiang
Jenis jalak beo, sebagian orang menyebutnya burung tiong emas, dan mamiang, jalak ini mempunyai nama latin Gracula Religiosa. Burung jalak beo terbilang cukup cerdas, diantara burung jalak lainnya. Habitat jalak beo selalu di lahan basah dan berada di ketinggian 1000m – 2000m di atas permukaan laut.

Harga jalak beo sekitar Rp 1,5 juta – Rp 2 juta, cukup terjangkau untuk para pecinta burung. Bisa Anda dapatkan burung jalak beo ini ditempat penjual burung, kicau burung ini sangat bervariasi dan mempunyai suara yang unik.

Ciri fisik jalak beo ialah mempunyai warna tubuh yang dominan hitam, terdapat corak kuning di sekitar lehernya, mempunyai paruh berwarna kuning tua, mata yang hitam. Suara burung jalak beo sangat unik, sehingga banyak sekali yang berminat untuk memiliki burung jenis ini.

Jenis Jalak Lainnya :

15. Greater Blue Eared Starling (Lamprotornis chalybaeus)

Greater Blue-eared Starling, Lamprotornis chalybaeus

16. The Golden Breasted Starling (Lamprotornis regius)

The golden-breasted starling, Lamprotornis regius

17. The Violet Backed Starling (Cinnyricinclus leucogaster)

The Violet-Backed Starling (Cinnyricinclus leucogaster)

18. The Red Winged Starling (Onychognathus morio)

The red-winged starling (Onychognathus morio)

19. The Golden Crested Myna (Ampeliceps coronatus)

20 . The Yellow Faced Myna (Mino dumontii)

The yellow-faced myna (Mino dumontii)

Jenis jalak pada umumnya banyak di gemari oleh pecinta burung, karena burung jenis ini cukupbanyak speciesnya. Burung jenis jalak sangat cocok untuk Anda yang ingin menangkarnya, bila kita lihat dari ulasan yang kami sampaikan diatas, tentu sangat rinci dan saran kami bila Anda ingin membelinya, bisa melihat spesifikasinya yang sudah kami jelaskan agar bisa mengenal jauh secara detail jenis jalak ini.

Bagi anda penghobi atau pecinta burung dan ingin mengikuti lomba, Anda disarankan untuk menggunakan burung jalak suren atau uren sebagai hewan peliharaannya. Selain suaranya yang bisa menirukan burung lain, janis jalak ini mudah jinak.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai macam dan jenis jalak yang tersebar di seluruh penjuru Dunia. Mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan tentang jenis jalak, sekaligus kita bisa memahami dan menambah wawasan mengenai burung jalak. Hal paling pentih saat kita memiliki salah satu dari sekian jenis jalak, kita dapat memelihara serta merawat dengan baik.

Jenis jalak di atas ada juga yang dilindungi oleh undang-undang, jadi ketika kita ingin memeliharanya harus memiliki surat-surat lengkap.

Loading...
loading...
Macet Bunyi, Malas Bunyi, Jenis Burung

21 Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Macet Bunyi

Cara Memilih Jalak Kebo

5 Cara Memilih Jalak Kebo Bakalan Prospek Yang Bagus