Connect with us

Jalak

7 Cara Mudah Memaster Jalak Suren Anakan dan Dewasa

Kicauburung.id – Cara mudah memaster jalak suren ketika anakan atau sudah dewasa. Banyak pecinta burung yang lebih suka memelihara atau memiliki jalak suren yang sudah jadi bahkan juara. Namun, banyak juga orang memelihara jalak suren sejak masih trotolan atau anakan untuk dilatih dan dimaster dengan berbagai suara isian yang istimewa. Jalak suren anakan cukup mudah didapatkan dari peternak atau bisa membeli di pasar burung dengan harga murah.

Memaster Jalak Suren

Jalak suren merupakan jenis burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung, khususnya kicau mania. Maka dari itu, tentu banyak orang yang tertarik untuk merawatnya dan melatihnya dalam berkicau sehingga memiliki keunikannya sendiri dengan cara kita sendiri. Namun itu semua tak lah mudah. Anda perlu skill dan tingkat kesebaran serta ketelitian tinggi dalam merawat jalak suren Anda. Namun merawat bukan semata-mata hanya untuk menyehatkan sang burung, tapi juga menjaga suaranya.

Dalam menjaga suara khususnya jalak suren yang memiliki suara merdu, tentu saja memerlukan perhatian khusus. Pemasteran adalah salah satu hal yang sangat wajib untuk dilakukan dalam merawat suara si jalak suren. Jalak suren sangat disarankan untuk di master saat masih kecil, khususnya masa mabung sekitar usia 4-5 bulan. Selain itu memaster jalak suren ketika mabung juga sangat baik.

Untuk metode pemasterannya sendiri, cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah menggunakan burung masteran atau memaster jalak suren melalui suara masteran dengan mp3 player.

Namun dalam memaster jalak suren ada hal yang harus diperhaikan yaitu variasi suara masteran  untuk burung jalak suren dengan speed rapat.

Tipe-Tipe Suara Masteran Jalak Suren :

  1. Suara Belalang
  2. Suara Lovebird
  3. Suara House Wren
  4. Suara Jangkrik
  5. Suara Kolibri
  6. Suara Sanger
  7. Suara Blackthroad
  8. Suara Cililin

Jika kita sudah tahu macam-macam variasi saura masteran yang bagus untuk jalak uren atau suren, tinggal bagaimana cara memasternya. Berikut ini adalah beberapa tips serta trik cara memaster jalak suren yang baik dan benar.

Cara Memaster Jalak Suren:

  1. Pilihlah jalak suren yang berpotensi sejak masih anakan atau jika Anda membeli bakalan. Salah satu ciri jalak suren yang berpotensi adalah terlihat aktif dan nafsu makan tinggi. Selain itu, postur badan yang terlihat proposional dan terlihat serasi antara kepala, leher, badan, dan ekor juga bisa menjadi patokan penilaian. Jika Anda sudah memiliki seekor jalak suren yang menjanjikan, maka akan sangat mudah dalam memaster.
  2. Waktu pemasteran bisa dilakukan pada pagi, sore, dan malam hari. Perhatikan kapan jalak suren Anda terlihat sedang istirahat, maka waktu itu adalah waktu yang sangat ideal dalam memaster. Jika Anda menggunakan burung masteran, cukup gantung sangkar di dekat sangkar burung master. Lakukan hal ini selama mungkin.
  3. Untuk memaksimalkan dan menambah varian, Anda boleh melakukan pergantian setiap 3 hari sekali untuk satu suara master. Contohnya lakukan pemasteran suara A pada hari senin, selasa, dan rabu kemudian baru bisa pindah ke suara B pada hari kamis, jum’at, dan sabtu.
  4. Untuk meningkatkan fokus pada jalak suren, lakukan full krodong atau lakukan pemasteran di tempat yang sunyi jauh dari manusia. Gunanya untuk meningkatkan daya tangkap si jalak suren pada suara-suara pemasteran di saat ia sedang istirahat.
  5. Pemasteran menggunakan metode langsung atau menggunakan burung jenis lain sangat bagus dan alami. Namun karena biayanya sedikit mahal, maka pemasteran menggunakan audio mp3 player sangat direkomendasikan untuk Anda coba dengan mudah di rumah.
  6. Beberapa trik dalam pemasteran mp3 player harus diperhatikan. Cobalah untuk memberikan kualitas suara yang jernih dan jauh dari suara-suara bising lainnya. Volume sedang menjadi pilihan yang bagus, cukup jalak suren saja yang mendengarnya. Tempat yang sunyi juga menjadi pilihan yang tepat jika ingin memaster jalak suren dengan mp3 player.
  7. Siapkan 5 jenis suara yang akan dilakukan dalam memaster jalak suren. 5 suara tersebut kemudian diperdengarkan secara bergiliran sampai 1 bulan atau lebih. Dalam waktu kurang lebih 1 bulan, jalak suren akan mendapatkan hasil suara yang bagus setelah masa pemasteran selesai.

Baca Juga: 9 Cara Merawat Jalak Suren Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Juara

Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan dalam masa memaster jalak suran agar suasana hati burung tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan makanan berupa vitamin dan EF serta minumannya juga. Berikan apa yang disukai oleh  jalak suren agar ia bisa menjalani pemasteran dengan baik.

Loading...
loading...

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 10 Cara Merawat Branjangan Anakan Agar Cepat Bunyi - Kicau Burung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Jalak

To Top