Merawat Jalak Suren Mabung, Jalak Suren Mbodol, Jalak Suren Ngurak

11 Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Gacor

Kicauburung.id – Cara merawat jalak suren atau jalak uren mabung agar cepat pulih dan kembali gacor.Masa mabung atau juga bisa disebut sebagai molting merupakan kejadian yang alami dan pasti dialami oleh setiap burung. Masa mabung adalah fase dimana burung akan mengalami pergantian bulu dari bulu lama ke bulu baru yang lebih rapi, mengkilap, dan kuat.

Merawat Jalak Suren Mabung, Jalak Suren Mbodol, Jalak Suren Ngurak

Mabung juga tak luput dialami oleh jalak suren. Burung jalak suren biasanya mengalami masa mabung pertamanya pada usia 4-5 bulan. Pada masa ini, Anda harus tahu betul bagaimana cara merawat jalak suren mabung yang baik dan benar karena akan sedikit berbeda dengan perawatan hariannya.

Sebelum itu Anda harus tahu betul bagaimana jalak suren jika sedang mabung dan masalah apa saja yang bisa ditimbulkan. Jalak suren yang sedang mabung cenderung tak memiliki gairah lebih karena sibuk untuk merontokkan bulu-bulunya.

Kendala utama dalam fase ini khususnya jalak suren adalah gagal mabung, bulu baru mudah rusak, dan bulu rontok tak kunjung-kunjung. Untuk mengetasinya, tentunya Anda harus tahu betul bagaimana cara merawatnya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat jalak suren mabung yang baik dan benar.

Cara Merawat Jalak Suren Mabung :

  1. Rutin untuk memberikan multivitamin seperti BirdMolt yang khusus membantu mempercepat mabung dan membuat jalak suren lebih fit. Pastikan jadwal pemberian multivitamin jangan sampai terlewatkan.
  2. Letakkan sangar jalak suren yang sedang mabung di tempat dingin atau lembab, jangan di tempat kering dan panas. Selain bisa menurunkan mental dan menaikkan stress, tempat yang panas juga memperlambat proses perontokan bulu.
  3. Kalau perlu Anda bisa melakukan full krodong jika dirasa tempat sangkar tergantung sedikit panas. Gunanya selain membantu mendinginkan sekitarnya, full krodong juga bisa membantu jalak suren lebih konsentrasi dalam merontokkan bulu-bulunya.
  4. Usahakan untuk tetap menjaga jarak jalak suren mabung dengan burung lain, bahkan untuk sejenisnya sendiri. Sama halnya dengan full krodong, tips ini membantu dalam meningkatkan konsentrasi jalak suren dalam mabung. Selain itu, suara ramai pada saat mabung sangat buruk bagi setiap unggas karena bisa meningkatkan stress.
  5. Saat masa mabung, burung apapun itu tak disarankan untuk dijemur terlalu lama. Cukup sekitar 10 sampai 20 menit saja setiap paginya. Anda bisa memulainya pada jam 10.00 pagi sampai 10.20 pagi. Hal ini dilakukan agar jalak suren tak mudah stress karena berjemur terlalu lama dan membunuh kutu yang ada pada bulunya.
  6. Rutinlah dalam membersihkan kandang atau sangkar. Sangkar yang terlalu kotor sampai-sampai berjamur bisa mengundang parasite atau tungau yang bisa mempercepat rontoknya bulu, tapi dalam artian merusak. Anda boleh membersihkan setiap hari, bahkan 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.
  7. Mandi hanya boleh dilakukan jika bulu dilihat sudah tumbuh. Mandi pada mabung sebenarnya boleh saja, namun tak sering. Memandikan terlalu sering bisa membuat perontokan malah menjadi lebih lambat.
  8. Berikan pakan 2 kali lebih banyak dari pada normalnya. Sebagai makanan tambahan, Anda bisa memberikannya cacing tanah agar staminanya selalu terjaga.
  9. Pemasteran juga bisa dilakukan dalam masa mabung, bahkan fase ini adalah waktu yang sangat efesien dalam memaster jalak suren.
  10. Untuk selalu menjaga staminanya. Jangan sekali-kali memberikan suplemen pada jalak suren karena bisa menimbulkan overbirahi. Birahi yang tinggi membuat semangat jalak suren lebih menggebu-gebu dan itu tak baik pada masa mabung.
  11. Harus konsisten dalam merawat jalak suren mabung.

Baca juga: 9 Cara Merawat Jalak Suren Anakan Atau Bakalan Agar Gacor

Itu dia sedikit cara merawat jalak suren mabung yang bisa anda terapkan dengan mudah di rumah. Hal yang paling penting adalah tetap jaga kondisi mental anis kembang karena di fase ini mental jalak uren akan sedikit sensitif. Dalam masa mabung, pastikan tingkat stress jalak suren Anda tetap terjaga. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan anis kembang lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Jalak Suren Anakan

9 Cara Merawat Jalak Suren Anakan Atau Bakalan Agar Gacor

Jalak Suren Juara Nasional, Jalak Suren Lomba, Jalak Suren Gacor, Cara Merawat Jalak Suren Lomba Agar Juara

9 Cara Merawat Jalak Suren Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Juara