Kacer Diam Saat Lomba, Kacer Lomba, Kacer Nyiblek

29 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Kacer diam saat lomba adalah masalah besar untuk kacer mania khususnya bagi mereka yang suka mengikutkan burungnya dalam lomba. Masalah seperti ini terjadi saat tengah lomba dan tentu saja akan berpengaruh pada nilai dan performa kacer itu sendiri untuk kedepannya. Kacer merupakan jenis burung fighter yang sangat ahli dalam bertarung. Apalagi perawatan dalam meningkatkan performa suara kacer terbilang cukup mudah.

Kacer Diam Saat Lomba, Kacer Lomba, Kacer Nyiblek

Sayangnya untuk membuat kacer gacor kencang dalam lomba memerlukan waktu yang lama. Meski mudah dalam perawatan harian, tetap saja masalah seperti ini bisa menimpa kapan saja. Sebagai seorang pemilik, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi kacer diam saat lomba yang baik dan benar. Biasanya masalah ini disebabkan karena perawatan yang salah dan di dalam perawatan tersebut, makanan menjadi penyebab terbanyak.

Namun selain makanan, tentu saja perawatan tambahan lainnya harus Anda perhatikan juga. Khususnya untuk pemberian makanan EF serta perawatan peningkat birahi lainnya karena biasanya kacer diam saat lomba banyak disebabkan oleh kurangnya birahi.

Birahi, stamina, dan mental harus seimbang. Jika ketiganya sudah sangat terlatih khususnya bagaimana cara mengontrol birahi yang baik, tentu saja bisa membentuk kacer berjiwa fighter, bermental kuat, dan juara dalam lomba. Berbicara tentang masalah kacer diam di arena lomba, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer diam saat lomba beserta penyebabnya.

Penyebab Kacer Diam Saat Lomba:

1. Over birahi atau birahi terlalu rendah.

2. Sedang sakit.

3. Radang tenggorokan.

4. Tidak nyaman dengan tangkringan dan sangkar.

5. Masih muda.

6. Masih dalam masa mabung atau sesudahnya.

7. Dalam masa stres.

8. Tak terbiasa dengan arena lomba.

9. Gemuk atau obesitas.

10. Perawatan yang tak nyaman.

11. Terlalu banyak di krodong.

12. Sangkar atau kandang yang selalu kotor.

13. Kurang dilatih mental dan stamina.

14. Kurang dilakukan kandang umbaran.

15. Pemilik tidak konsisten.

16. Kalah mental dengan burung lain.

Cara Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba:

1. Memandikan

Untuk mencegah agar kacer tidak diam saat lomba, sebelum lomba pastikan untuk dimandikan sebelum ke arena lomba. Gunanya untuk membuat pikiran kacer tetap fresh dan tak mudah stres. Meski mandi, tak akan mengganggu performa birahi nantinya karena akan diberikan peningkat birahi di arena lomba.

2. Pemberian Pakan EF di Arena Lomba

Siapkan 3 ekor jangkrik dan 5 ekor ulat hongkong kemudian berikan pada si kacer sebelum lomba di mulai. Kira-kira sekitar 30 menit sampai 60 menit sebelum lomba di mulai. Pemberian pakan EF ini dilakukan untuk mendongkrak birahi kacer nanti di arena lomba dan mencegah untuk diam seribu kata di gantangan.

3. Proses Pengadaptasian Lingkungan Lomba

Untuk membuatnya tidak diam, cobalah untuk membuatnya terbiasa dan beradaptasi dengan baik di arena lomba. Jika sudah sampai di arena lomba, buka sedikit krodong dan biarkan kacer melihat sekililing. Karena itulah disarankan untuk pergi lebih awal di arena lomba untuk membuat kacer beradaptasi dengan lingkungan di sana, apalagi jika hari tersebut adalah lomba pertama untuk kacer Anda.

4. Melatih Kacer Anda dengan Kacer Lain

Untuk membuatnya lebih terbiasa tidak cukup dengan lingkungan perlombaan saja. Namun juga harus dibiasakan dengan burung yang berlomba di sana. Di rumah, Anda boleh melatih kacer Anda dengan kacer lain yang memiliki suara bagus, gacor, dan bermental kuat. Gunanya untuk membiasakan kacer Anda berhadapan dengan kacer bermental kuat. Cukup dekatkan kacer Anda dengan 3 – 4 ekor kacer lainnya.

5. Penjemuran

Durasi penjemuran yang baik adalah 1 – 2 jam setiap hari dan dilakukan sebelum pukul 11.00 siang. Penjemuran harus rutin dilakukan untuk tetap menjaga performa kacer dan meningkatkan birahi kacer. Dengan birahi yang terkontrol, kacer akan terbiasa dan tidak akan diam di arena lomba nantinya.

6. Mandi Malam dan Pengumbaran

Mandi malam dan pengumbaran merupakan beberapa cara untuk melatih mental kacer yang terbukti ampuh. Dengan mental yang kuat, stamina akan mudah dijaga oleh kacer, tentu saja birahi juga harus terkontrol. Lakukan pengumbaran secara rutin, minimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk mandi malam cukup 2 kali saja dalam seminggu untuk menjaga performa mentalnya.

7. Pembersihkan Kandang atau Sangkar Rutin

Kandang atau sangkar yang kotor bisa menyebabkan bakteri meluas. Bakteri ini bisa menyebabkan radang tenggorokan pada kacer dan ujung-ujungnya bisa membuat kacer diam di arena lomba. Meski hal ini spele dan jarang terjadi, namun suatu hal tak bisa diterka begitu saja. Sangkar dibersihkan minimal 1 kali dalam sehari. Bagian sangkar meliputi sangkar, capuk makanan, wadah air, dan lainnya.

8. Rutin Pengembunan dan Angin-Anginan

Pengembunan bermanfaat untuk menjaga performa kicauan kacer. Manfaat lain dari pengembunan adalah menjaga pikiran kacer agar tetap segar dan meningkatkan birahi saat sedang berkicau. Karena itulah pengembunan sangat disarankan untuk dilakukan setiap pagi pukul 05.00 pagi. Sedangkan angin-anginan dilakukan sebelum dan sesudah burung beraktivitas. Manfaat angina ndan pengembunan sama saja.

9. Konsistensi

Jika kacer Anda rawat secara abal-abal, kacer bisa saja bermasalah pada prilakunya karena tak terbiasa dan tak suka dengan metode yang Anda berikan. Prilaku buruk bisa terjadi seperti tak mau berkicau saat lomba. Masalah ini bisa terjadi karena Anda tidak konsisten dengan jadwal yang Anda terapkan. Seperti misalnya pada pagi hari harusnya mandi, namun Anda jarang melakukannya.

10. Pemberian Multivitamin

Berikan multivitamin seperti BirdVit yang berfungsi untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh kacer. Pemberian multivitamin cukup 2 – 3 kali dalam seminggu.

11. Pemberian Multimineral

Zat mineral sangat bermanfaat untuk mendukung ketahanan tubuh kacer. Dengan pertahanan tubuh yang lebih baik, kacer tak akan mudah sakit dan menjaga performa staminanya. Pemberiannya sama seperti BirdVit yaitu 2 – 3 kali dalam seminggu. BirdMineral menjadi salah satu suplemen andalan untuk Anda berikan pada si kacer.

12. Sering Digantang

Faktor kebiasaan juga mempengaruhi pada mental burung kacer lomba tersebut. Wajar saja jika waktu pertama kali gantang burung tersebut diam. Maka hal yang harus anda lakukan melatihnya bunyi di gantangan. Soal menang kalah hal biasa.

13. Kacer Belum Ngunci

Maksutnya ngunci yaitu sudah buka ekor di bawah. Ketika burung kacer sudah ngunci di bawah serta mengeluarkan isian disertai buka ekor, maka ketika di gantang juga akan gacor. Biasanya kacer mania menambahkan 5 ekor ulat hongkok untuk membuat burungnya mau ngunci.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas

Itu dia tips bagaimana cara mengatasi kacer diam saat lomba yang baik dan benar serta mudah Anda terapkan di rumah Anda, semoga bermanfaat untuk Anda pecinta burung kacer. Ngedrop menjadi masalah utama jika kacer tak mua berkicau di arena lomba. Maka dari itu disamping perawatan yang lebih diperbaiki lagi, mental harus tetap dilatih agar tak membuat kacer mudah drop. Anda juga dapat membaca perawatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Advertisements
Kacer Mabung Tidak Tuntas

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas

Anis Merah Macet Bunyi

45 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi