Kacer Kurang Gaya, Kacer Tifdak Mau Buka Ekor, Kacer Juara, Kacer Adipati, Kacer Rencong

24 Penyebab dan Cara Mengtasi Kacer Kurang Gaya Ngeplay

Kacer Kurang Gaya – Kacer kurang gaya sering kita temui, apalagi di arena perlombaan. Kacer kurang gaya maksudnya adalah burung yang tidak buka ekor, ngobra, malas berkicau serta kurang ngotot kerjanya. Masalah seperti ini biasanya terjadi karena kurang maksimalnya perawatan Anda. Jadi perawatan Anda tidak lah salah, tapi kurang maksimal saja.

Kacer Kurang Gaya, Kacer Tifdak Mau Buka Ekor, Kacer Juara, Kacer Adipati, Kacer Rencong

Penyebab utamanya tidak hanya dalam pemberian pakan saja khususnya pemberian EF peningkat birahi. Disisi lain hal tersebut juga disebabkan karena teknik pemasteran yang kurang. Kacer kurang gaya biasanya menjadi masalah besar terhadapa kacer lomba. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya pengalaman atau rendahkan mental. Karena itulah jangan terlalu kecewa jika kacer Anda menjadi kurang gaya dipertandingan pertamanya.

Masalah kacer seperti ini mengakibatkan banyak kerugian untuk Anda. Salah satunya adalah tak bisa memenangkan pertandingan dan variasi suara kacer itu-itu saja. Penyebabnya pun sangat banyak dan semuanya terkait satu sama lain. Contoh hal spele yang bisa mengakibatkan kacer kurang gaya adalah pengembunan yang tidak rutin, padalah pengembunan bisa mengatasi stres yang menjadi salah satu penyebab kacer menjadi kurang gaya.

Berbicara tentang cara mengatasinya mudah saja, Anda hanya perlu melakukan sedikit perubahan pada perawatan Anda. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer kurang gaya yang baik dan benar serta beberapa penyebabnya.

Penyebab Kacer Kurang Gaya:

1. Mental yang terlalu lemah.

2. Sedang sakit.

3. Sedang berada dalam masa stres.

4. Kurangnya pengalaman di arena lomba.

5. Jarang di trek.

6. Bosan dengan metode perawatan Anda.

7. Tubuh kacer sedang tidak fit.

8. Jarang dimaster.

9. Pemberian EF yang kurang.

10. Penjemuran yang kurang lama.

11. Masalah pada system metabolisme kacer.

12. Karakter.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab kacer tidak mau buka ekor atau kurang gaya saat diadu dalam perlombaan, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer kurang gaya itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer kurang gaya atau tidak mau buka ekor serta ngobra dengan mudah.

Cara Mengatasi Kacer Kurang Gaya:

1. Pemberian Multivitamin

Multivitamin sangat bermanfaat untuk membuat kacer serdas sehingga dapat bepikir lebih saat sedang mengeluarkan suaranya. Kurangnya pemberian vitamin dapat berdampak negative bagi kacer seperti misalnya mbagong atau ngeriwik saja. Pemberian BirdVit cukup atau minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

2. Pemberian Multimineral

BirdMineral menjadi salah satu merk suplemen mineral yang sangat manjur untuk memenuhi asupan zat mineral dalam tubuh kacer. Fungsi mineral sendiri sangat banyak seperti membantu memperkuat daya tahan serta pikiran si kacer. Sama dengan multivitamin, multimineral juga diberikan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

3. Memandikan Kacer

Normalnya memandikan kacer adalah 1 kali dalam sehari. Namun dalam kasus khusus seperti kurang gaya, ngedrop, atau tak mau berkicau, memandikan kacer cukup 2 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga performa birahinya. Mandi memang memberikan kesegaran pada si kacer, tapi juga bisa memangkas birahi yang menjadi sumber kegacoran si kacer.

4. Melakukan Pelatihan Kandang Umbaran

Kandang umbaran menjadi kunci untuk mengatasi masalah seperti ini. Dengan melakukan terapi kandang umbaran, kacer akan memiliki nafas yang panjang sehingga sangat bermanfaat saat dia sedang berkicau. Selain itu, kandang umbaran juga membantu dalam menguruskan kembali kacer yang gemuk agar kembali menjadi bertubuh normal.

5. Penjemuran

Proses penjemuran pada umumnya sangat baik dilakukan pada pagi hari pukul 07.00 dan berhenti sebelum pukul 11.00 siang. Dengan melakukan penjemuran secara rutin, birahi kacer lebih terkontrol dan mampu mengatasi kacer kurang gaya karena vitamin D yang dikandung oleh sinar matahari sangat bermanfaat untuk mendukung performa suara. Untuk durasinya sendiri, kacer biasanya dijemur cukup 1 – 2 jam saja sesuai dengan karakter burung kacer Anda.

6. Pengembunan dan Anginan

Pengembunan dan proses angin-anginan biasanya sama saja. Keduanya mempunyai manfaat untuk menjaga kesegaran fisik dan pikiran kacer. Pengembuna sangat baik dilakukan setiap subuh sedangkan untuk angin-anginan, baik dilakukan sebelum melakukan aktivitas harian kacer seperti memandikan, menjemur, diberi makan, pengkrodongan, sebelum lomba, dan lainnya.

7. Pemberian EF

EF untuk kacer adalah ulat hongkong, jangkrik, kroto, dan lainnya. Makanan yang sering diberikan untuk menunjang performa birahinya adalah jangkrik dan kroto. Pemberian kroto minimal 2 – 3 kali dalam seminggu sedangkan jangkrik baik diberikan setiap pagi dan sore hari sebanyak 3 – 5 ekor. Pemberian EF harus disesuaikan dengan karakter si kacer agar tak membuat kacer over birahi.

8. Pemasteran

Untuk membuat suara kacer tetap bagus, kencang, dan memiliki banyak variasi. Sering-seringlah untuk melakukan pemasteran karena fungsi utama memaster burung adalah untuk membentuk karakter suara kacer agar lebih kreatif lagi. Burung master yang sangat pas dimaster dengan kacer adalah ciblek, kenari, cililin, dan segala burung yang memiliki kicauan rapat serta gacor berdurasi panjang.

9. Kandang atau Sangkar yang nyaman.

Untuk membuat kacer Anda tak mati gaya karena kandang yang tidak nyaman, maka buat nyaman lah kandang atau sangkar Anda. Perhatikan kebersihkan sangkar yang baik, bersihkan minimal 3 – 4 kali dalam seminggu atau jika ingin lebih maksimal, bersihkan 1 kali dalam sehari. Perhatikan juga model, warna, lukisan, dan model tangkringan dalam sangkar Anda. Cocokkan dengan karakter kacer Anda agar tak bosan dan nyaman.

10. Pengkrodongan

Untuk masalah krodong, sebaiknya jangan terlalu dikrodong jika keadaan kacer sedang baik atau sedang fit. Krodong hanya dilakukan untuk memaksa kacer istirahat atau sedang sakit. Sedangkan jika sehat, lebih baik tak usah dikrodong dan biarkan kacer berkicau untuk melatih kicauannya. Tentu saja pada malam hari sebaiknya dikrodong serta dimaster agar memacu performa suara yang lebih baik.

11. Mandi Malam

Mandi malam berfungsi untuk membuat mental yang lebih baik pada kacer Anda. Sering-sering lah melakukan mandi malam, sama dengan pengumbaran. Metode ini bisa Anda terapkan 2 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kualitas mentalnya. Selain itu, mandi malam juga membantu dalam menurunkan birahi bagi kacer yang over birahi serta membantu dalam menurunkan tingkat stres jika kacer sedang dalam keadaan stres.

12. Memaksimalkan Karakter

Jika anda memiliki kacer yang kurang gaya, maka ada dapat memaksimalkan di volume dan variasi lagu. Tenang saja jika memiliki burung yang tidak memiliki gaya namun volume, durasi serta irama lagu bagus, maka yang akan mendapatkan juara adalah anda. Memang sulit mencari kacer yang sepurna seperti kacer Adipati.

Baca Juga: Cara Melatih Mental Kacer Anakan, Bakalan dan Lomba

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi kacer kurang gaya beserta penyebabnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda kicau mania. Hal yang harus diperhatikan adalah pemasteran dan birahinya.

Dengan pemasteran yang lebih sering dengan burung master yang beragam, tentu saja bisa membuat kacer lebih penuh gaya disangkarnya. Untuk membuatnya lebih berstamina dan berdurasi lama, birahi sangat penting untuk dikembangkan sesuai dengan karakter kacer agar tak over birahi nantinya.Anda juga dapat membaca perwatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Kacer Kurang Fighter, Kacer Kurang Ngotot

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter

Kacer Volume Kecil

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil