Membuat Kacer Lokal Gacor dan Ngobra

17 Cara Membuat Kacer Lokal Gacor, Ngobra dan Buka Ekor

Cara membuat kacer lokal mau gacor, ngobar dan buka ekor dengan mudah sekali. Kacer lokal, kacer hitam atau kacer jawa merupakan salah satu jenis burung fighter yang termasuk dalam keluarga kacer. Banyak orang yang meminati burung ini karena memiliki suara khas, warna dan mental beda dari kacer lainnya. Selain itu harga kacer lokal lebih murah dibandingkan lainnya.

Membuat Kacer Lokal Gacor dan Ngobra, Kacer Lokal, Kacer Jawa, Kacer Hitam

Sebagai pemilik yang baik, anda harus tahu bagaimana cara merawat kacer lokal yang baik dan benar untuk menunjang performa dari burung itu sendiri. Baik atau buruknya perawatan burung ini tergantung pada diri Anda. Pastikan Anda benar-benar mengerti apa yang dibutuhkan burung Anda karena setiap burung memiliki sifatnya masing-masing.

Kacer lokal bisa juga disebut kacer Jawa karena banyak ditemukan dari pulau Jawa. Ciri khas dari kacer jawa atau kacer lokal bisa dilihat dari warna bulunya. Jika biasanya kacer yang biasa Anda lihat seperti kacer mbogor memiliki bulu dada berwarna putih, maka di kacer lokal biasanya memiliki warna bulu yang gelap dengan sedikit putih pada bagian bawah ekor dan sayap.

Burung ini terkenal di Jawa dan Sumatera. Sayangnya di Jawa, burung jenis kacer hitam sudah jarang ditemukan karena habitatnya banyak dirusaki oleh manusia. Namun di Sumatera, kacer hitam masih dibudidayakan dengan baik dan bisa Anda dapatkan banyak di daerah sana. Untuk cara perawatan hariannya, berikut ini adalah tips bagaimana membuat kacer lokal mau gacor, ngobar dan buka ekor dengan mudah sekali.

Cara Membuat Kacer Lokal Gacor:

1. Pengembunan

Lakukan pengembunan secara rutin, kalau perlu setiap hari tanpa memotong atau mengubah kapan harus diembunkan. Waktu yang baik untuk pengembunan adalah pukul 05.00 pagi sampai 05.30 pagi. Manfaat pengembunan sangat banyak sekali. Diantaranya bisa mengatasi stres, bisa menurunkan birahi, meningkatkan performa suara, dan menjaga kesehatan kacer lokal.

2. Angin-Anginan

Sebelum atau sesudah pengembunan, mandi, penjemuran, pemberian makan, dan lainnya sebaiknya diangin-anginkan sekitar 15 menit untuk menjaga kesehatan kacer lokal Anda. Sama dengan pengembunan, angin-anginan secara rutin bisa membantu mengatasi stres.

3. Memandikan

Memandikan kacer lokal bisa dimulai pukul 07.00 pagi. Mandi pada saat udara sejuk sangat bermanfaat untuk meningkatkan pikiran burung dan membuatnya menjadi lebih cerdas. Mandi pagi juga membantu dalam menyegarkan kulit dan bulu. Proses mandi sangat wajib dan penting untuk dilakukan pada kacer lokal.

4. Penjemuran

Penjemuran dilakukan sekitar pukul 07.30 sampai 2 jam berlalu. Bisa juga dijemur selama 1 jam saja tergantung seperti apa karakter burung Anda. Jangan jemur pada cuaca yang panas di atas pukul 11.00 siang karena bisa merusak kacer lokal bahkan bisa mengakibatkan kematian.

5. Pemberian Kroto

Kroto wajib diberikan pada pagi dan sore hari setiap harinya. Pemberiannya cukup 1 sendok teh atau sentengah sendok teh saja. Untuk memaksimalkan, berikan campuran voer halus atau kasar sesuai dengan karakter burung Anda. Kroto bermanfaat untuk meningkatkan birahi kacer lokal dan membuatnya gacor sepanjang hari.

6. Pemberian Voer

Voer boleh dicampur kroto atau makanan EF seperti jangkrik dan ulat hongkong. Voer berfungsi sebagai pengenyang perut burung Anda. Pemberian voer cukup 1 sendok teh saja untuk pagi dan sore harinya.

7. Pemberian Pakan EF

Pakan EF untuk kacer lokal adalah jangkrik, cacing tanah, ulat buah, ulat pohon, ulat kandang, ulat jerman, belalang, ulat hongkong, dan lainnya. Pemberian jangkrik diberikan 10 sampai 15 ekor untuk setiap harinya, sesuai dengan karakter kacer lokal Anda. Jika tak kuat dan over birahi, pangkas terus sehingga menemukan takaran yang benar-benar pas dan bisa membuat birahinya tetap tinggi namun tak over birahi.

8. Pemberian Buah-Buahan

Buah berfungsi untuk mencukupi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh burung, meski kacer lokal bukanlah burung pemakan buah. Buah yang bagus untuk burung jenis ini adalah apel, papaya, dan pisang. Berikan sebagai makanan tambahan pada siang hari. Anda juga bisa memberikannya makanan biji-bijian atau sayuran.

9. Multivitamin

Jika Anda tak sempat atau susah dalam mendapatkan buah, vitamin masih bisa didapat dari multivitamin seperti BirdVit. Suplemen ini mengandung banyak vitamin yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh burung.

10. Multi Mineral

BirdMineral menjadi suplemen setingkat dengan BirdVit. Pemberiannya terbilang wajib karena membantu dalam pemenuhan zat mineral dalam tubuh kacer lokal. Pemberiannya cukup 2 – 3 kali saja seminggu sama dengan BirdVit.

11. Pembersihkan Kandang Rutin

Kandang atau sangkar juga wajib dibersihkan minimal 1 kali dalam sehari. Dengan kebersihkan kandang atau sangkar yang terjaga, bisa membuat kacer lokal menjadi jinak dan nyaman serta terjauh dari stres berat. Selain itu, kandang bersih membawa kesehatan bukan membawa penyakit seperti kandang kotor dan segala macam.

12. Pemberian Air Minum

Air minum pastikan untuk tetap selalu penuh. Maka dari itu, capuk makanan dan air minum biasanya perlu diperhatikan selama 24 jam. Namun berbeda dengan makanan yang terjadwal, rasa haus kacer lokal biasanya tak bisa diprediksi. Jika ari dilihat kotor, maka ganti dengan air bersih sudah dimasak.

13. Pelatihan Mental

Untuk melatih mentalnya agar kuat, cobalah untuk rutin memberikannya mandi malam, mandi keramba, penempatan kandang umbaran, dan jangan terlalu dimanjakan. Selain itu menempatkan di tempat ramai dapat membuat kacer lokal bermental baja dan mudah gacor.

14. Pengkrodongan

Krodong membantu burung untuk istirahat full dari kegiatan yang melelahkan. Full krodong disarankan untuk dilakukan pada malam hari sampai esok harinya atau diberlakukan kepada kacer lokal yang sedang sakit karena memerlukan istirahat full.

15. Pemasteran

Untuk tetap menjaga performa kicauannya dan bervariasi, lakukan pemasteran yang rutin. Waktu dan durasi pemasteran yang baik adalah saat burung sedang istirahat, baik pagi, siang, sore, atau malam hari. Malam menjadi waktu yang pas untuk melakukan pemasteran. Suara burung yang bisa dimaster dengan kacer lokal adalah kacer jenis lain, kenari, cililin, tledekan, selendang biru, dan lainnya.

16. Perawatan Bulu

Untuk tetap menjaga kebersihkan bulu kacer jawa Anda, pastikan Anda rutin memandikan dan menjemur kacer lomba Anda. Pada saat memandikan, gunakan shampoo burung khusus yang membantu dalam meningkatkan kualitas bulu dan terbebas dari kutu. Jika bulu baik dan mengkilap, tentu saja juga mempermudah dalam penjodohan.

17. Pelatihan Fisik

Pelatihan fisik sangat berpengaruh terhadap kinerja burung itu sendiri di arena perlombaan. Jika ingin membuat kacer lokal mau gacor dan kerja ngotot di lapangan, maka anda harus rutin melatih fisiknya. Melatih fisik sangat dianjurkan agar tenaga dan kesehatan selalu terjaga. Lakukan pelatihan fisik pada burung kacer anda dengan cara pengumbaran seminggu dua kali.

Baca Juga: Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Paling Akurat

Itu dia tips tentang bagaimana cara membuat kacer lokal mau gacor, ngobar dan buka ekor dengan mudah sekali serta bisa Anda terapkan di rumah. Pastikan untuk menjaga mental dan melatihnya. Tentu saja birahi juga harus terkontrol agar tak mengakibatkan masalah prilaku-prilaku aneh akibat over birahi.

Loading...
loading...
Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina

28 Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Paling Akurat

Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi