Kacer Mabung Tidak Tuntas

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas

Kacer Mabung Tidak Tuntas – Mabung menjadi salah satu proses alami yang akan dialami oleh setiap unggas di dunia, termasuk burung kacer. Masalah mabung bukanlah masalah yang harus ditakutkan karena mabung pasti terjadi pada setiap kacer. Namun dalam masa mabung, ada banyak masalah yang timbul seperti salah satunya kacer mabung tidak tuntas. Biasanya masalah seperti ini terjadi karena perawatan harian yang salah.

Kacer Mabung Tidak Tuntas

Mabung merupakan proses pergantian bulu lama ke bulu baru. Untuk kacer sendiri, mabung pertama bisa dirasakan sekitar 3 – 5 bulan umurnya. Dalam masa mabung Anda diwajibkan untuk hati-hati karena masa ini adalah fase yang sangat sensitive untuk kacer. Di masa mabung, kacer akan sering tak berkicau karena terlalu fokus dengan perontokan bulunya.

Dalam masa mabung kegundulan kadang tak bisa dihindari. Namun setelah fase ini, akan tumbuh tunas-tunas bulu yang lebih kuat dan mengilap. Kacer pada umumnya memiliki bulu berwarna hitam indah dengan sedikit balo putih. Sebagai pemilik yang baik, di masa mabung Anda harus menolong kacer Anda untuk bisa cepat dari masa mabungnya.

Untuk mengatasi atau mempercepat kacer mabung biasanya tergantung pada perawatan yang Anda terapkan. Intinya adalah perawatan masa mabung sangat berbeda dengan perawatan harian. Karena itulah jika perawatan Anda kurang baik bisa menjadi penyebab kacer mabung tidak tuntas. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi kacer mabung tidak tuntas dengan baik dan benar.

Penyebab Kacer Mabung Tak Tuntas:

1. Lokasi penempatan yang terlalu ramai.

2. Sedang stres.

3. Sedang sakit.

4. Kurangnya pemberian EF atau pemberian protein lainnya atau terlalu berlebihan.

5. Sangkar atau kandang yang terlalu kotor.

6. Jarang dimandikan (Diluar masa mabung).

7. Jarang dijemur (Diluar masa mabung).

8. Jarang dikrodong.

9. Masalah kesehatan kulit.

10. Kelainan pada kacer Anda.

Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas:

1. Tempatkan Pada Tempat yang Sunyi dan Sepi

Tempatkan pada lokasi yang sunyi dan jauh dari tangan manusia. Hal ini wajib dilakukan untuk kacer mabung karena membantu dalam mempercepat kacer melalui proses mabung. Kacer akan fokus dengan tenang tanpa suara untuk merontokkan bulu-bulunya. Selain itu, penempatan lokasi yang sepi sangat bagus untuk menurunkan stres pada kacer.

2. Tak Usah Dijemur

Banyak direkomendasikan oleh para ahli bahwa kacer sebaiknya tak usah dijemur saat sedang mabung. Penjemuran bisa menunda masa mabung, namun sebenarnya penjemuran boleh dilakukan untuk merontokkan kutunya. Namun biasanya bisa mengakibatkan masa mabung yang sedikit lebih lama.

3. Tak Usah Dimandikan

Karena kulit kacer sedang mabung bersuhu tinggi, dengan memandikan biasanya dapat membuat kacer sakit serta masa mabung yang malah menjadi makin lama. Karena itulah sebaiknya mandi tidak dilakukan pada saat mandi, bahkan tak boleh terkena air sedikit pun.

4. Pemberian EF yang Dikurangi

Sebenarnya kata yang tepat adalah mengontrol kacer namun jangan dilebihkan. EF megandung protein tinggi sehingga bisa meningkatkan birahi kacer. Hal ini tak baik karena over birahi pada saat kacer mabung sangat membahayakan. Namun karena protein sangat diperlukan saat masa mabung, pemberiannya masih harus diberikan namun dengan takaran yang sewajarnya saja. Cukup 2  sampai 3 ekor jangkrik atau ulat hongkong setiap pagi dan sore hari.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Anda boleh membersihkan kandang sebanyak 1 kali sehari atau minimal 2 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kenyamanan burung kacer. Selain itu, kandang bersih juga bisa mempercepat proses mabung dan mengatasi kacer mabung yang tak mau selesai.

6. Pengkrodongan

Krodong sangat berfungsi untuk mempercepat proses mabung. Saat di krodong, kacer akan fokus sepenuhnya pada proses mabungnya. Pengkrodongan yang baik untuk kacer adalah malam hari, mulai dari pukul 06.00 sore sampai pagi hari. Selama pengkrodongan, sebaiknya tak boleh dibuka-buka namun pada siang hari, krodong bisa dibukan sesekali seperti misalnya 2 kali dalam sehari untuk tidak membuat kacer stres.

7. Pemasteran

Jika Anda ingin mempercepat proses mabung, sebaiknya tak dimaster agar kacer sepenuhnya fokus untuk merontokkan bulunya. Namun masa mabung adalah masa yang sangat bagus untuk melakukan pemasteran. Pemasteran sendiri dilakukan dengan mp3player yang bisa diisikan suara burung master seperti kenari, cililin, ciblek, dan lainnya.

8. Membuat Kacer Ngedrop

Pada umumnya macet mabung terjadi karena kacer terlalu fokus dengan hal lain daripada merontokkan bulu-bulunya. Dalam hal ini, kacer lebih suka berkicau. Karena itulah Anda harus membuatnya drop terlebih dahulu untuk membuatnya mau melanjutkan mabungnya kembali. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi kacer mabung tak mau usai. Untuk cara penurunannya sendiri banyak sekali. Mulai dari tak memberikan pakan EF sampai membuatnya kalah mental dengan kacer lain.

9. Penggunaan Kulit Jeruk

Kumpulkan kulit jeruk kemudian letakkan pada dasar sangkar kacer. Zat yang kemudian dipancarkan oleh kulit jeruk tadi akan membuat kacer mau menuntaskan mabungnya dengan cepat karena hawa lembab yang dihasilkan oleh jeruk tadi. Metode ini bisa Anda terapkan sampai masa mabungnya benar-benar sudah selesai. Jika mabung sudah usai, segera berikan makanan EF 2 kali lebih banyak dari biasanya karena pasca mabung, kacer sangat perlu dengan protein untuk mengganti kandungan protein yang hilang pada diri kacer selama mabung.

10. Semprotan Halus

Cara ini hanya bisa diterapkan pada kacer yang macet mabung. Sembari kulit jeruk masih ada di dasar sangkar, cobalah untuk memandikan kacer dengan semprotan lembut sembari dijemur juga. Cara ini terbilang sangat efektif karena akan meningkatkan suhu lembab dalam sangkar sehingga membuatnya lanjut untuk melunasi masa mabungnya. Jika ingin lebih maksimal lagi, Anda lakukan sembari di krodong setelah disemprot.

11. Dilatih Sebelum Mabung

Untuk membuat kacer lancar dalam mabung, sebaiknya Anda latih terlebih dahulu kacer Anda. Hal yang harus dilatih adalah mental dan tingkat stres pada kacer karena keduanya jika terlalu lemah, bisa menurunkan kemauan kacer untuk mabung. Beberapa cara yang bisa diterapkan adalah pengumbaran, mandi malam, sering mandi, di trek, dan lain-lain.

12. Menggunakan Daun Pandan

Manfaat daun pandan yaitu dapat mempercepat proses macet mabung. Untuk cara pemakaian untuk burung kacer yaitu daun pandan dipotong-potong menjadi ukuran kecil. Sehabis itu, hasil potongan kecil kemudian dikumpulkan, dan diletakkan di dasar sangkar.

13. Memberikan Voer Ayam

Agar proses mabung burung kacer berjalan lancar, sebagian kacermania tidak lagi menggunakan voer burung, melainkan makanan / voer yang biasa dimakan ayam. Bahkan voer ayam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi macet mabung.

14. Mencampurkan Susu Bubuk

Cara lainn untuk mengatasi kacer mabung tidak tuntas yaitu dengan mencampurkan susu bubuk ke dalam voer. Pemberian susu bubuk biasanya dimulai ketika ada burung mengalami masalah selama mabung. Dengan mencampurkan susu bubuk ke dalam voer, diyakini dapat membuat dan mempercepat proses perontokan bulu-bulu kacer.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Stres dengan Mudah

Itu dia tips bagaimana cara merawat kacer mabung tidak tuntas yang baik dan benar serta penyebabnya. Metode ini sangat mudah untuk Anda terapkan bahkan di rumah sendiri. Pastikan saat mencoba metode di atas, lokasi yang ditetapkan haruslah sunyi dan sepi agar tak mengganggu masa mabung kacer. Anda juga dapat membaca perawatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Kacer Stres, Masalah kacer, Penyakit Kacer

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Stres dengan Mudah

Kacer Diam Saat Lomba, Kacer Lomba, Kacer Nyiblek

29 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba