Connect with us

Kacer

22 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Nebok / Turun Ke Dasar Sangkar

Nebok menjadi istilah yang digunakan para kicau mania bila burung yang mereka rawat sering turun tangkringan ke dasar sangkar (Tebok). Untuk kacer sendiri, masalah ini cukup berbahaya karena bisa merusak performa, apalagi jika burung tersebut adalah kacer lomba yang tentu saja bisa merugikan di arena lomba. Karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi kacer nebok yang benar jika Anda adalah penghobi burung kacer.

Kacer Nebok, Ranjau Kacer, Kacer Turun Ke Dasar Sangkar

Terlihat di mata kita saat burung sedang nebok adalah seringnya turun naik dari tangkringan ke dasar sangkar. Biasanya masalah ini terjadi karena birahi kacer yang sedang memuncak. Namun dalam lain kasus, penyebab lain juga sangat berpotensi ada pada kacer Anda. Jika sudah menyangkut masalah prilaku seperti ini, perawatan Anda yang umumnya menjadi tersangka.

Akibat yang bisa dirasakan dari kacer nebok ini banyak sekali. Kacer cenderung tak mau berkicau, sulit juara saat lomba, dan kecapekan karena terus turun naik tangkringan. Banyak cara untuk mengatasinya dan kadang menurunkan birahi adalah cara yang sangat pas untuk mengatasi masalah ini.

Namun sebelum Anda mengambil tindakan, lebih baik Anda tahu apa yang menyebabkan kacer nebok. Dengan mengetahuinya, Anda tak perlu bingun bagaimana cara mengatasinya dan tak perlu sampai menggunakan semua cara, cukup cocokkan dengan penyebab dan cari solusi terbaik. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi kacer nebok yang baik dan benar.

Penyebab Kacer Nebok :

1. Pemberian EF yang terlalu banyak.

2. Kurangnya pengembunan.

3. Jarang diangin-anginkan.

4. Pemberian Kroto terlalu banyak.

6. Durasi penjemuran terlalu lama dari biasanya.

7. Tidak nyaman dengan tangkirangnya.

8. Tidak merasa nyaman dengan kandang atau sangkar.

9. Ikut-ikutan dengan burung lain yang nebok juga.

10. Jarang dimandikan.

11. Jarang dikrodong.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab kacer sering turun kedasar sangkar atau nebok, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer nebok itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer sering nebok atau turun ke dasar sangkar.

Cara Mengatasi Kacer Nebok :

1. Melakukan Pengkrodongan

Dengan melakukan full krodong bisa membantu kacer untuk tidak turun dari tangkringan karena pandangannya di batasi. Sering-sering lah untuk melakukan full krodong jika kacer Anda sedang nebok. Lebih baik dirodong pada waktu malam agar tak banyak beraktivitas dan pada siang hari, Anda boleh menempatkannya pada kandang umbaran.

2. Metode Bola Warna-Warni

Kumpulkan dengan banyak bola kecil berwarna-warni kemudian letakkan di bawah dasar sangkar. Dengan begitu, kacer tidak akan berani turun dari tangkringan dan lebih memilih untuk tetap di tangkringannya. Warna-warni berfungsi untuk memberikan rasa takut dan bingun ketika mau turun ke dasar sangkar.

3. Metode Karet

Kumpulkan karet kemudian kaitkan kedua ujung dengan alat kait. Atur secara horizontal di bawah sangkar dan hubungkan dari jeruji ke sisi jeruji lainnya agar membentuk deretan karet sebagai alas sangkar. Dengan begitu, kacer akan takut untuk turun karena saat menyentuh karet dia akan kaget.

4. Metode Es

Letakkan batu es di bawah dan biarkan merata agar kacer tak berani turun karena kedinginan. Selain itu, kacer juga akan takut dengan kilauan yang dipancarkan oleh es batu tersebut. Sayangnya cara ini tak awet karena es bisa mencair. Cara yang lain juga bisa Anda terapkan, intinya buatkan burung Anda takut untuk turun dari tangkringan. Namun ingat untuk tidak menggunakan metode yang berbahaya bagi kacer kecuali sifatnya sudah sangat bandel.

5. Hentikan Pemberian EF

Kurangi atau hentikan saja pemberian EF untuk sementara waktu sampai kebiasaannya ini tidak terjadi lagi. Kacer nebok biasanya disebabkan karena over birahi. Untuk mengatasinya, turunkan birahi kacer tersebut dengan salah satu caranya adalah menghentikan pemberian EF yang bisa meningkatkan birahi kacer. EF yang dapat meningkatkan birahi kacer adalah ulat hongkong, jangkrik, belalang, kroto, dan lainnya.

6. Sering Melakukan Pengembunan dan Angin-Anginan

Pengembunan bermanfaat untuk menyegarkan pikiran si kacer dan membantu juga menurunkan birahi serta stres. Untuk kacer sendiri, waktu pengembunan yang baik dimulai dari pukul 05.00 pagi sampai benar-benar kacer sudah terlihat segar bugar. Sebelum mandi atau beraktivitas lainnya, kacer lebih baik diangin-anginkan terlebih dahulu karena memiliki fungsi yang sama dengan pengembunan.

7. Proses Penjemuran yang Baik

Kacer adalah burung fighter yang wajib dijemur setiap hari di pagi hari. Durasi penjemuran pada umumnya adalah 1 sampai 2 jam setiap hari. Namun dalam kasus over birahi dan kacer nebok, penjemuran tak usah dilakukan jika kacer nebok terjadi karena over birahi. Namun menurut ahli, penjemuran boleh saja namun cukup 15 menti sampai 30 menit saja untuk merontokkan kutu kacer.

8. Buatlah Kacer Nyaman dengan Tangkringan

Tangkringan jelek atau tak disukai oleh kacer juga menjadi salah satu penyebab yang sangat banyak dialami setelah over birahi. Untuk mengatasinya tentu saja mengganti tangkringan tersebut ke tangkringan yang lebih disukai kacer. Cobalah untuk mengubah posisi tangkringan awalnya horizontal menjadi sedikit serong. Jika perlu, ganti model tangkringan dan cari yang cocok dengan karakter kacer Anda.

9. Jangan Dekatkan Kacer dengan Burung Nebok Lainnya

Jangan sekali-kali mencoba untuk mendekatkan kacer Anda dengan kacer atau burung lain yang memiliki masalah nebok juga karena kacer Anda bisa ikut-ikutan. Saran ini tidak hanya diperuntukkan untuk kacer yang sedang nebok, namun juga dijadikan peringatan pencegahan agar kacer Anda tak ikut nebok juga.

10. Tempatkan di Lokasi yang Baik

Saat kacer sedang bermasalah dengan prilakunya seperti nebok ini, lebih baik dipisahkan dengan burung lain dan tempatkan pada tempat yang sunyi dan sepi untuk mempermudah Anda selama perawatan. Kalau perlu letakkan di kandang besar agar membuat kacer berolahraga terus dan membantu untuk mengatasi birahinya yang bisa menyebabkan nebok.

11. Tempatkan Kacer di Kandang Umbaran

Kandang umbaran berfungsi untuk mengatasi over birahi pada burung. Jika birahi terkontrol, kemungkinan besar masalah nebok ini akan sembuh dan tak akan terjadi lagi. Selain membantu untuk mengontrol birahi, kandang umbaran juga membantu dalam mengatasi suara kacer berdurasi pendek karena akan melatih pernapasannya.

12. Mengunakan Kerodong

Ketika ingin menggantangkan burung di arena lomba, anda dapat meletakkan krodong sangkarnya di atas tebok. Hal ini dapat mengatisipasi burung yang sering turun ke dasar tebok tidak berani lagi melakukannya.

Baca Juga: Penyabab dan Cara Mengatasi Kacer Serak Paling Mujarab

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi kacer nebok yang baik dan benar. Sebenarnya cara yang paling ampuh adalah membuat kacer takut untuk turun ke dasar sangkar dengan menempatkan benda-benda pada dasar sangkar seperti karet, es batu, rumput, bola, dan lainnya. Namun ingat untuk jangan menggunakan metode ekstrem seperti lilin api, kipas angin, benda tajam, dan lainnya karena bisa melukai kacer. Anda juga dapat membaca masalah burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kacer

To Top