Connect with us

Kacer

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Kacer Over Birahi – Over birahi sering terjadi pada kacer dan jenis burung lainnya. Keadaan ini biasanya ditandai dengan ciri-ciri yang bisa dipandang dari segi prilaku di mana burung akan bertingkah sedikit aneh. Kacer over birahi menjadi masalah tersendiri untuk kacer mania dan sudah menjadi hal yang biasa untuk para ahli. Namun berbeda dengan yang masih pemula, bagaimana cara mengatasi kacer over birahi tentu saja masih menbingunkan.

Kacer Over Birahi, Kacer Birahi Tinggi

Birahi sangat perlu untuk membuat kacer Anda terus berbunyi dengan kencang. Maka dari itu, birahi yang tinggi namun tetap di bawah batas menjadi target yang harus dicapai oleh para penghobi kacer. Sayangnya bagaimana mengatur atau mengontrol birahi tersebut masih sangat terbilang susah. Sebenarnya mudah saja, Anda hanya perlu tahu seperti apa karakter kacer Anda kemudian dicocokkan dengan setingan harian Anda, khususnya pada bagian peningkatkan birahi.

Ciri kacer yang sedang over birahi biasanya dilihat dari tingkah lakunya. Pada umumnya kacer over birahi biasanya melakukan hal-hal aneh seperti menabrakkan dirinya ke dinding sangkar atau sangat agresif ketika melihat burung lain apalagi lawan jenisnya sendiri yaitu kacer betina.

Cara meningkatkan birahi itu banyak sekali, begitu juga dengan cara menurunkannya. Jika terlalu tinggi, Anda hanya perlu untuk memangkas durasi atau takaran sesuatu yang bisa meningkatkan birahi. Namun ingat, birahi yang terlalu rendah sama buruknya dengan over birahi. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer over birahi yang baik dan benar serta penyebabnya.

Penyebab Kacer Over Birahi :

1. Pemberian EF yang terlalu banyak seperti jangkrik dan ulat hongkong.

2. Perawatan yang salah dengan jadwal tak menentu.

3. Jarang atau kurangnya dilakukan pengumbaran.

4. Terlalu sering melakukan full krodong.

5. Penjemuran yang berdurasi panjang.

6. Sering digatang dekat burung yang over birahi.

7. Terlalu sering mendengar suara burung fighter.

8. Kacer jarang dimandikan

9. Terlalu memanjakan kacer.

10. Kurangnya pemberian buah atau multivitamin.

11. Tidak memegang rasa konsistensi bagi pemilik.

12. Jarang diembunkan dan angin-anginkan.

Over birahi pada kacer memang sering terjadi. Hal tersebut disebabkan olah beberapa faktor di atas. Jika anda sudah tahu apa saja yang menyebabkan kacer over birahi, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer birahi tinggi itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer over birahi dengan mudah dan gampang.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi :

1. Meletekkan di Kandang Umbaran

Pada umumnya, birahi adalah keadaan burung yang memiliki tenaga lebih. Untuk mengatasinya tentu saja dengan mengurangi tenaga tersebut agar tidak berlebihan. Salah satu cara untuk memangkas tenaganya adalah dengan kandang umbaran. Kandang umbaran yang besar dan memanjang akan membuat kacer terus berolahraga sehingga akan menurunkan birahinya. Selain itu, kandang umbaran juga bisa dijadikan sebagai ajang pelatihan pernapasan agar berdurasi panjang.

2. Mengawinkan Kacer

Sebenarnya metode ini diterapkan jika cara yang lain tak berpengaruh. Pada awalnya birahi memang selalu berhubungan dengan kawin. Jika over birahi terjadi karena telah mencapai masa reproduksinya, maka kawinkan kacer Anda. Mengawinkan kacer bisa melalui metode peternakan yang baik agar menghasilkan anakan yang bagus pula. Pertama-tama, Anda harus melalui tahap perjodohan sebelum kawin. Namun dengan birahi tinggi, rasanya tak akan memakan waktu lama.

3. Proses Memandikan

Di setingan hariannya mandi dilakukan setiap pagi atau sore minimal 1 kali sehari untuk menjaga kesehatan bulu dan kebersihannya. Namun jika kacer Anda sedang over birahi, ada baiknya frekuensi mandi sedikit ditingkatkan menjadi 4 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, dan malam. Tentu saja dilihat dari cuaca dan karakteri kacer Anda. Intinya jika over birahi, mandi sering sangat dibutuhkan.

4. Mandi Malam

Selain mandi sering, mandi malam juga membantu dalam menurunkan birahi yang berlebihan. Mandikan lah kacer Anda di atas pukul 07.00 malam karena di waktu itu sangat baik untuk melakukan mandi malam. Udara sejuk akan membantu menurunkan birahi kacer.

5. Mandi Es

Es bukan berarti es batu, tapi air yang sedingin es. Setelah melakukan pengembunan dan angin-anginan di pagi hari, langsung mandikan kacer Anda menggunakan air dingin dari kulkas. Proses mandi bisa disemprot atau dimandikan dengan tangan namun jangan sampai basah kuyup karena kurang baik untuk kesehatan kacer Anda. Cukup sampai kacer terlihat kedinginan. Perawatan kacer over birahi ini walaupun cukup extrim, namun cukup manjur untuk menurunkan birahi.

6. Tidak Usah Dijemur

Penjemuran tak dianjurkan untuk dilakukan jika kacer sedang over birahi berat. Lebih baik dihentikan sampai benar-benar birahinya sudah kembali stabil. Penjemuran selalu identic dengan panas matahari sedangkan hawa panas bisa memicu hormon birahi kacer menjadi tinggi sehingga akan menambah over birahinya.

7. Pengembunan Rutin dan Lama

Sebagai ganti dari penjemuran, lakukan pengembunan rutin dan sedikit lebih lama dari biasanya. Waktu yang bagus untuk melakukan pengembunan adalah pukul 05.00 pagi sampai 06.00 agar lebih maksimal. Jangan lupa setelah diembunkan lebih baik diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum dimandikan.

8. Pemberian EF Dihilangkan

EF bisa meningkatkan birahi bagi kacer yang merupakan burung fighter pemakan serangga. Pemberian EF jika sedang over birahi sebenarnya tak perlu dilakukan karena sedikit saja diberikan, peningkatkan birahi sudah sangat meningkat. Untuk kacer, pemberian jangkrik, belalang, kroto, ulat hongkong, dan ulat jenis lainnya tak boleh diberikan. Kecuali untuk cacing tanah yang dipercaya bisa menurunkan birahi kacer.

9. Jangan Dekatkan dengan Burung Sejenis Fighter

Jangan coba-coba untuk mendekatkan kacer Anda dengan burung fighter lainnya karena bisa memicu kembali birahinya. Jika sedang over birahi, sebaiknya diletakkan pada tempat yang sepi terhindari dari segala gangguan dan biarkan kacer istirahat.

10. Pemberian Buah dan Multivitamin

Buah mengandung banyak vitamin yang bisa membantu mengganti asupan EF. Buah baik diberikan pada siang hari sebagai penunda lapar sedangkan untuk pagi dan sore bisa diberikan voer secukupnya saja. Buah yang dianjurkan adalah buah apel yang padat dan bisa mengenyangkan perut kacer Anda. Untuk pemberian vitamin yang lebih lengkap, berikan multivitamin dan multimineral agar pemenuhan vitamin serta zat mineral dalam tubuh kacer.

11. Jaga Sikap Anda

Over birahi adalah masa yang sangat sensitive untuk kacer. Jangan coba-coba untuk memanjakan atau terlalu sering dimanjakan karena bisa meningkatkan birahi. Lebih baik jangan terlalu menggoda burung dan lebih baik perbanyak istirahat dan lakukan cara-cara yang telah dibahas. Selain itu, sifat konsistensi Anda juga sangat penting karena berpengaruh dengan birahi kacer.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer over birahi yang baik dan benar agar tak birahi tinggi lagi. Perhatikan mental dan birahi kacer jangan sampai terganggu karena bisa berpengaruh pada prilaku kacer. Anda juga dapat membaca masalah burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kacer

To Top