Kacer Salto

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Salto dengan Gampang

Penyebab dan cara mengatasi kacer salto ringan serta parah dengan mudah dalam waktu tiga hari. Salto menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para penghobi burung kacer. Salto merupakan istilah di kalangan penghobi burung di mana burungnya sering terbang kuncir balik layaknya salto di dalam sangkar atau kandang. Untuk burung kacer sendiri, masalah seperti ini bisa diatasi dengan mudah jika Anda mengerti bagaimana mengatasi kacer salto yang baik dan benar.

Kacer Salto

Namun jangan terlalu menganggap serius masalah burung kacer ini dan akhirnya panik. Jangan berikan hal yang tak perlu kepada kacer Anda seperti obat salto atau apa saja yang tak perlu. Cukup perbaiki perawatan Anda karena pada umumnya, kacer salto hanya terjadi pada kacer yang perawatannya salah khusunya dalam hal mengontrol birahi.

Untuk kacer lomba yang merupakan jenis burung fighter, salto menjadi masalah yang serius karena bisa mengakibatkan kekalahan dalam lomba. Kacer salto juga bisa membuat kacer terluka karena terlalu bersemangat dalam kandang dan bisa menurunkan performa suara. Birahi menjadi penyebab utama kacer salto karena pada umumnya, birahi tinggi bisa mengakibatkan masalah seperti salto dan lainnya.

Untuk mengatasi kacer lomba ada banyak cara yang bisa Anda terapkan. Pemberian EF dan penjemuran menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan. Namun untuk bagaimana cara menurunkan birahi yang terlalu tinggi, mulai dari pagi hari sampai malam semuanya ada trik untuk menurunkan birahi kacer. Untuk selengkapnya, berikut ini penyebab dan cara mengatasi kacer salto yang baik dan benar.

Penyebab Kacer Salto :

1. Waktu krodong yang kurang.

2. Mandi yang tidak baik dan tidak terjadwal.

3. Kurangnya mandi malam.

4. Berdekatan dengan burung fighter sejenis atau jenis lainnya.

5. Posisi tangkringan yang kurang nyaman.

6. Meniru burung salto yang lain.

7. Kandang atau sangkar yang baru.

8. Masih giras.

9. Kacer merasa terancam atau tertekan.

10. Over birahi.

11. Tingkat stres yang terlalu tinggi.

Jika anda sudah tahu apa saja yang menyebabkan kacer sering salto, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer salto itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer salto dengan mudah dan gampang.

Cara Mengatasi Kacer Salto :

1. Menurunkan Birahi Burung Kacer

Salto menjadi akibat dari over birahi. Jika memang terjadi jika over birahi, maka cobalah untuk melakukan segala hal untuk menurunkan birahi kacer. Untuk cara penurunannya tergantung perawatan Anda. Pangkas pemberian EF yang bisa menjadi peningkat birahi burung dan lakukan pemandian kacer lebih sering dan kurangi durasi penjemuran.

2. Menggunakan Metode Kandang Umbaran

Pada dasarnya salto terjadi karena over birahi, salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan memasukkannya kedalam kandang umbaran yang berukuran besar. Selain membantu dalam menurunkan birahi, metode ini juga bisa membantu untuk memperkuat pernapasan dan membuat kacer berolahraga sehingga mendapat bentuk tubuh yang bagus. Metode umbaran boleh dilakukan 2 – 3 kali seminggu saja.

3. Melakukan Full Krodong

Full krodong sangat efektif untuk mengatasi kacer salto karena akan membatasi penglihatan kacer untuk salto ke sana ke sini. Full krodong bisa dilakukan seharian untuk tidak membuat kacer salto lagi. Selama melakukan pengkrodongan, kurangi pemberian EF peningkat birahi untuk membuat saltonya tak muncul lagi.

4. Menjauhkan dari Burung Fighter

Non fighter tak masalah, namum berbeda dengan burung fighter bahkan kacer lainnya karena bisa membuat birahinya terpacu kencang dan mengakibatkan salto.

5. Jangan Dekatkan dengan Burung Salto

Jangan coba-coba untuk mendekatkan kacer Anda dengan kacer atau burung jenis lain yang memiliki masalah salto karena bisa membuat burung Anda ikut salto. Jika sudah terlanjur salto, jauhkan dari burung tersebut dan lakukan penanganan seperti yang dibahas pada poin-poin lainnya.

6. Melakukan Mandi Malam

Mandi malam bisa menurunkan birahi dan mengatasi salto pada kacer. Mandikan kacer Anda pada pukul 07.00 malam atau di atasnya. Pastikan suhu sekitar rendah agar sejuk dan bermanfaat untuk mengatasi salto. Frekuensi mandi pada setiap harinya juga harus ditingkatkan menjadi 4 kali sehari.

7. Mandi Es

Mandi es sama dengan mandi malam. Mandi es juga bisa menurunkan birahi dan mengatasi salto pada kacer. Ambil air dingin dari kulkas kemudian mandikan kacer Anda. Sebelum memandikan, pastikan sudah diembukan dan diangin-anginkan selama 30 menit agar kacer tak kaget dengan air dingin.

8. mengubah Posisi Tangkringan

Kacer salto bisa terjadi kalau tangkringan posisinya tak bagus atau model tangkringan yang tak nyaman untuk kacer. Jika iya, cobalah untuk mengganti model dan posisi tangkringan Anda. Posisi yang disarankan adalah serong atau horizontal dengan model bentuk T.

9. Tambah Tangkringan

Pasang 2 – 3 tangkringan sejajar dalam sangkar atau kandang. Dengan begitu, kacer akan kesulitan untuk melakukan salto dan secara perlahan kebiasaan ini akan hilang. Jika perlu, tambahkan hinggi 5 tangkringan agar benar-benar risih melakukan salto dan akhirnya berhenti untuk salto.

10. Memberikan Pembatas Karet

Berikan karet yang disusun sejajar di alas sangkar atau langit-langit sangkar agar tak mau salto lagi. Gunanya adalah untuk membatasi pergerakan kacer saat sedang salto. Penggunakan karet akan menjaga keamanan kacer Anda agar tak terluka saat mencoba untuk salto.

11. Menutup Bagian Atas Sangkar

Untuk mencegah kacer salto bisa menggunakan penutup sangkar untuk tak membuatnya salto. Dari pandangan kacer, langit-langit yang gelap akan membuatnya takut untuk salto. Anda boleh menggunakan penutup berbahan kain, pelastik tidak teransparant, dan lainnya. Dalam hal ini, kain tebal menjadi pilihan yang sangat bagus.

12. Terapi Suara Alam

Jika salto disebabkan karena stres, cobalah untuk melakukan terapi suara alam dari pegunungan seperti suara air terjun, suara burung, suara ombak, dan lainnya. Metode ini sangat ampuh untuk kacer.

13. Pemberian Obat Syaraf

Obat ini bisa membantu mengatasi salto pada kacer. Obat ini juga mudah di dapat di toko perlengkapan burung yang dekat dengan rumah Anda. Namun pemberian obat ini hanya dilakukan jika di rasa saltonya sudah sangat parah.

14. Pemberian Multivitamin dan Multi Mineral

Berikan BirdVit dan Bird Mineral untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral kacer Anda. Kekurangan vitamin dan zat mineral bisa membuat kacer berbuat aneh seperti salah satunya adalah salto.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Cepat

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi kacer salto yang benar dan baik serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Pada umumnya salto bisa terjadi karena birahi yang tinggi. Karena itu, cobalah untuk masalah birahi diprioritaskan terlebih dahulu daripada yang lain.

Sebenarnya salto pada kacer sendiri rata-rata karena karakter yang dibuat oleh pemilik burung itu sendiri. Kebiasaan buruk dalam hal perwatan membuat burung menjadi salto. Intinya dalam merawat kacer harus konsisten dan tepat waktu. Anda juga dapat membaca masalah burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Ngeplong

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Ngeplong

Kenari Bubulan, Bubul Kenari, Penyakit Kenari

21 Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Bubulan dengan Cepat