Connect with us

Kacer

29 Penyabab dan Cara Mengatasi Kacer Serak Paling Mujarab

Suara Kacer Serak – Serak tidak hanya terjadi pada kacer saja, penyakit burung ini sebenarnya masalah yang timbul karena kesalahan perawatan hariannya. Untuk mengatasi suara burung kacer serak, Anda hanya perlu fokus pada perawatan. Serak juga menjadi penghalang kacer lomba untuk menang. Karena biasanya suara burung yang serak volume tidak terdengar atau terdengar samar. Karena itulah Anda sebagai seorang pemilik wajib tahu bagaimana cara mengatasi kacer serak yang baik dan benar.

Kacer Serak, Masalah Kacer, penyakit kacer

Penyebab utama dari kacer suaranya serak biasanya ada pada pakannya. Banyak orang yang melakukan kesalahan pemberian pakan padahal hal itu bisa membuat masalah salah satunya adalah serak. Bukan hanya apa yang diberikan kepada kacer, cara dan kapan diberikan juga menjadi factor penyebab kacer bisa serak. Karena itulah Anda harus memegang teguh konsistensi dan berusaha untuk mencocokkan dengan karakter kacer Anda.

Berbeda dengan masalah lainnya, serak murni karena kerusakan atau ganjalan dalam tubuh kacer bagian tenggorokan. Karena itulah Anda tak boleh gegabah untuk menanganinya. Kondisi terburuknya adalah Anda harus menyerahkan kacer Anda untuk diperiksa dokter hewan spesialis burung.

Jangan coba-coba untuk memberikan obat jika Anda tahu kacer Anda sedang serak jika tak tahu penyebab sebenarnya karena bisa membuat seraknya menjadi parah. Bisa saja hal ini hanya disebabkan oleh kesalahan perawatan yang ditandakan dengan serak ringan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer serak yang baik dan benar.

Penyebab Kacer Serak :

1. Memakan kroto yang sudah tidak segar atau basi.

2. Memakan voer yang tak layak/voer berjamur.

3. Memakan jangkrik yang sudah membusuk atau telah lama mati.

4. Terlalu sering melakukan trek.

5. Proses penjodohan yang lama.

6. Udara sekitar yang tercemar.

7. Infeksi pada saluran pernapasan.

8. Sering kepanasan atau penjemuran yang lama.

9. Makanan yang tidak cocok dengan kacer.

10. Mandi terlalu sering sampai basah kuyup.

11. Lendir yang terdapat pada tenggorokan.

12. Sakti atau sedang tidak fit.

13. Setingan dan jadwal yang tak teratur.

14. Dekat dengan pabrik.

15. Pemaksaan terhadap suara kacer.

16. Kandang atau sangkar yang kotor.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab kacer suaranya serak, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer serak itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer serak.

Cara Mengatasi Kacer Serak :

1. Pastikan Kebersihan Makanan

Makanan yang tak bersih dan segar bisa membuat kacer Anda serak karena bakteri akan hinggap ditenggorokan dan membuat infeksi. Untuk mencegah sebaiknya berikan makanan yang benar-benar bersih seperti voer yang baru, jangkrik segar, ulat hongkong segar, dan segala pakan hidup yang tak lama mati.

2. Menjaga Kebersihan Air Minum

Air minum yang bersih diambil dari air kemasan atau air yang sudah direbus. Air kotor sama seperti pakan yang tak segar atau sudah basi, sama-sama bisa menyebabkan penyakit yang salah satunya adalah serak. Pastikan air selalu terisi penuh di capuk air minum dengan air bersih.

3. Menjaga Kebersihan Kandang atau Sangkar

Bersihkan kandang atau sangkar minimal satu kali dalam sehari. Jika kacer Anda sedang mengalami serak, lebih baik dipisahkan dengan burung lain dan tempatkan di tempat yang aman dengan udara segar. Kandang atau sangkar yang memiliki kotoran berjamur bisa membuat kacer Anda menjadi serak karena terinfeksi.

4. Menggunakan E-Bodre

E-Bodre adalah merk obat yang dikhususkan untuk mengatasi serak pada burung. Pemberiannya cukup diberikan pada air minum sekitar 1 – 3 tetes. Untuk memaksimalkan, bisa diberikan dengan cara mengolesi jangkrik segar dengan E-Bodre tersebut.

6. Berikan Madu

Madu membantu untuk mengatasi serak pada kacer. Sama dengan manusia, madu juga ternyata sangat bermanfaat mengatasi masalah serak karena kandungan madu yang membantu merusak bakteri yang ada pada tenggorokan sehinga menjadi plong. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk menjaga stamina dan meningkatkannya pada kacer Anda.

7. Jangan Dijemur

Penjemuran untuk kacer serak tak perlu dilakukan. Panas yang ditimbulkan bisa mengakibatkan seraknya menjadi parah. Selain itu, serak yang diakibatkan karena sakit rasanya tidak cocok jika dijemur. Jika serak tak terlalu parah, dijemur boleh saja dengan durasi sekitar 15 menit saja untuk selalu menjaga bulunya dari kutu serta kesehatannya. Namun tetap saja, lebih tak usah dijemur. Karena jika tidak dijemur dapat mengatasi kacer suara serak.

8. Terapi Daun Sirih

Cara ini bisa diterapkan pada kacer. Sediakan 3 lembar daun sirih, remas, kemudian rebus dan gunakan airnya ke dalam sprayer kemudian mandikan kacer. Setelah direbus, airnya dibiarkan dingin dulu dan buang ampas daun sirih tadi. Dengan cara ini dapat membantu kacer untuk sembuh dari serak dan lakukan secara rutin pengganti air mandi pada umumnya.

9. Penggunaan Larutan Penyegar

Cobalah untuk menggunakan minuman larutan penyegar untuk mengatasi kacer serak. Merk minuman yang dianjurkan adalah cap kaki tiga dan berikan sampai serak kacer sudah tak terdengar lagi. Meski terdengar aneh dan berbahaya, cara ini bisa Anda coba jika cara yang lain tak berhasil. Tentu saja membawanya ke dokter hewan adalah pilihan terbaik.

10. Penempatan Lokasi yang Baik

Cari lokasi yang udaranya bersih tidak kotor. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan dekat dengan jalanan yang di sana banyak kendaraan yang bisa membuat kacer terinfeksi karena asap motor atau mobil. Ingat untuk tempatkan jangan di dekat pabrik limbah di mana limbah udaranya di buang begitu saja.

11. Pengkrodongan

Jika sedang sakit serak, lebih baik perbanyak krodong untuk membuat kacer beristirahat dengan tenang. Pada umumnya serak menjadi masalah yang harus dihadapi oleh system pertahana tubuh kacer itu sendiri. Untuk memaksimalkan, istirahat menjadi hal penting. Setelah diberi makan, lebih baik dikrodong sampai sore dan dikrodong lagi pada malam harinya sampai esok hari.

12. Pemberian Buah-Buahan

Untuk kacer yang sedang serak lebih baik diperbanyak diberikan buah-buahan karena buah mengandung vitamin yang bisa membantu mempercepat sembuhnya serak. Buah yang baik untuk kacer serak adalah buah yang berair seperti apel, jeruk, papaya, pisang, dan lainnya.

13. Diberikan ke Dokter Hewan Spesialis Burung

Jika masalah serak terlalu parah seperti radang tenggorokan atau bengkak yang susah disembuhkan hanya dengan perawatan saja, lebih baik diserahkan kepada dokter hewan ahli burung agar dapat penanganan yang lebih pantas dan cepat.

14. Konsisten

Konsisten yang di maksut yaitu rajin menggati air minum dan pakan yang baru sesitap harinya. Bukan dua hari sekali. Ingatlah bahwa pakan kotor dapat menyebabkan suara burung menjadi serak.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi dan mengobati kacer serak. Sebagai tindak pencegahan, lebih baik Anda lebih hati-hati lagi dalam perawatan karena semuanya berawal dari bagaimana Anda merawat kacer Anda.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kacer

To Top