Kacer Stres, Masalah kacer, Penyakit Kacer

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Stres dengan Mudah

Burung Kacer Stres – Stres menjadi salah satu penyebab kacer tak mau berkicau dan menjadi masalah utama pada perawatan kacer. Stres bisa terjadi karena perawatan yang salah. Semuanya tergantung dari Anda selaku pemilik dari kacer itu sendiri harus tahu bagaimana cara merawat kacer stres yang baik dan benar agar tak terjadi lagi nantinya.

Kacer Stres, Masalah kacer, Penyakit Kacer

Stres sebenarnya bisa saja terjadi oleh setiap burung, apalagi burung kacer. Untuk mengatasinya semuanya tergantung dari Anda. Penyebab yang paling banyak diketahui adalah kurangnya pengembunan serta ketidaknyamanannya dengan diri Anda. Kacer merupakan burung fighter yang sangat mudah stres meski terbilang memiliki mental yang kuat dan birahi cenderung lebih terkontrol.

Beberapa akibat dari stres pada kacer sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah performa suara menurun dan kalah jika burung kacer Anda adalah kacer lomba. Kekerasa bisa jadi penyebab kacer menjadi stres. Banyak penghobi kacer yang memiliki tingkat amarah yang tinggi. Karena itulah jika kacernya tak mau menurut, biasanya akan langsung marah-marah sampai membentaknya.

Cara kekerasan seperti itu tak dibenarkan karena bisa membuat kacer menjadi stres. Jika kacer Anda stres, tentu saja akan panjang urusannya baik dalam perawatan dan lainnya. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer stres yang baik dan benar serta dapat melatihnya agar tak mudah stres lagi.

Penyebab Kacer Stres:

1. Sedang sakit.

2. Mood dan fisiknya sedang tidak fit.

3. Pemberian protein terlalu tinggi yang mengakibatkan over birahi.

4. Birahi yang terlalu rendah.

5. Tak nyaman dengan lokasi sekeliling.

6. Tak nyaman dengan kondisi kandang dan tangkringan.

7. Air minum yang selalu kotor.

8. Tak tertarik dengan voer atau tak mau makan voer.

9. Pemberian voer yang sedikit, dan juga kroto.

10. Penjemuran dengan durasi terlalu lama.

11. Perawatan harian yang salah.

12. Setingan harian yang berubah secara drastis.

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab burung kacer stres, maka sebaiknya paham cara mengatasinya. Sebenarnya perawatan burung kacer stres sulit-sulit mudah, karena juga akan berdampak pada metal burung. Nah berikut beberapa cara mengatasi kacer stres dengan mudah.

Cara Mengatasi Kacer Stres:

1. Mengontrol Birahi Kacer

Karena terlalu tinggi, kacer akhirnya stres dengan ciri berubahnya tingkah laku. Namun di sisi lain, jika birahi kacer yang terlalu rendah, juga bisa menyebabkan kacer menjadi stres. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu untuk belajar bagaimana cara mengontrolnya. Mengontrol birahi kacer bisa dengan memangkas atau meningkatkan pemberian EF dan penjemuran sesuai dengan karakter si kacer. Karena itulah karakter burung sangat penting untuk Anda ketahui.

2. Memandikan

Proses mandi pada kacer selain memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, juga bisa membantu menyehatkan pikiran si kacer, salah satunya adalah dengan menurunkan tingkat stres si kacer. Mandi yang paling bagus adalah mandi pada pagi hari sekitar pukul 07.00 pagi. Mandi rutin sangat dianjurkan untuk tetap menjaga performa kacer dan tak membuatkan gampang untuk stres.

3. Pengembunan

Sama dengan mandi, pengembunan juga dapat membantu untuk menurunkan stres si burung kacer. Lakukan pengembunan secara rutin setiap pagi atau subuh. Waktu pengembunan yang baik adalah sekitar pukul 05.00 subuh sampai pukul 06.00 pagi. Setelah melakukan pengembunan, jangan langsung dimandikan melainkan diangin-anginkan terlebih dahulu.

4. Angin-Anginan

Sama dengan mandi dan pengembunan, anginan bisa membantu dalam mengatasi stres karena akan membuat kacer nyaman dan tidak kaget. Anginan baik dilakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seperti mandi, sebelum mandi, penjemuran, dan lainnya. Selain itu, anginan pada kacer juga membantu untuk melatih mentalnya dan beradaptasi dengan cepat.

5. Penjemuran

Menjemur kacer wajib dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan, performa birahi, dan merontokkan kutu kacer. Proses penjemuran dilakukan pada pada pagi hari mulai dari pukul 07.00 pagi dan berhenti sebelum pukul 11.00 siang karena jika dijemur terlalu lama diterik matahari panas, bisa mengakibatkan kacer mati. Apalagi dalam keadaan stres atau tubuh/fisik yang lemah.

6. Membersihkan Kandang Secara Rutin

Kandang kotor bisa membuat kacer menjadi mudah stres karena bau serta pemandangan yang tak enak dipandang. Selain itu, kandang atau sangkar kotor juga bisa memberikan penyakit untuk kacer Anda. Pembersihkan kandang untuk kacer sebaiknya 2 kali dalam sehari atau minimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Namun jika kacer sedang masa stres, sebaiknya bersihkan dengan rutin minimal 1 kali dalam sehari sampai kacer Anda tidak stres lagi.

7. Takaran Pakan Sewajarnya

Stres juga bisa diakibatkan karena pemberian pakan yang terlalu besar seperti pemberian voer yang terlalu tinggi. Khususnya untuk EF yang memiliki protein tinggi, pemberian EF yang terlalu banyak setiap hari bisa membuat kacer over birahi dan memperparah stresnya.

8. Penempatan Lokasi yang Baik

Lokasi menjadi penyebab utama kacer atau burung lain menjadi stres. Biasanya tempat yang tak disukai kacer adalah tempat yang ramai, tempat yang berangin kencang, tempat yang penuh hewan pengganggu, dan tempat yang terlalu tinggi. Untuk posisi saat meggantang lebih baik tidak terlalu tinggi namun tidak juga terlalu rendah untuk membuat kacer Anda tetap aman dan merasanya nyaman.

9. Membuat Kandang atau Sangkar Senyaman Mungkin

Ukuran kandang yang bagus untuk kacer adalah sedang, tidak besar dan tidak kecil. Sedangkan untuk modelnya biasakan untuk ditaruh ke sangkar yang sedang-sedang saja. Kandang atau sangkar yang tak disukai kacer bisa membuatnya stres karena tak merasa nyaman.

10. Memberikan Tangkringan yang Baik

Bentuk dan model tangkringan untuk kacer sendiri harus sesuai dengan karakter kacer itu sendiri. Posisi tangkringan juga harus diperhatikan. Cobalah untuk mencari posisi baik seperti serong, horizontal, dan lainnya. Anda juga bisa menambah tangkringan menjadi 2 – 3 batang agar memudahkan kacer untuk berekspor di kandangnya sendiri.

11. Jangan Bersikap Kasar

Untuk tidak menambah stres kace Anda makin parah, sebaiknya jaga sikap Anda dan pastikan untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa melukai hati si kacer seperti memembentak, membentur, atau mengoncang sangkar kacer.

12. Perawatan Tambahan

Selain perawatan utama di atas, perawatan tambahan juga harus Anda perhatikan seperti pemberian multimineral, multivitamin, pengkrodongan, dan pemasteran. Semua hal itu harus Anda perhatikan dan dikondisikan dengan karakter kacer Anda.

13. Jauhkan Dari Hewan Pengganggu

Jika kacer stres akibat hewan pengganggu seperti, kucing, anjing dan tikus maka sebaiknya anda memindahkannya. Tempatkan burung terserbut di tempat yang aman dan tersebebas dari hewan penggangu.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi kacer stres serta penyebabnya. Pada awalnya perawatan sangat lah berpengaruh, bukan pada makanan atau minuman yang Anda berikan. Dalam urusan stres, berikan perawatan fisik yang baik dan tidak menunjukkan sifat kasar Anda. Jika perlu, manjakan kacer Anda meski hal itu bisa membuat kacer bermental kecil. Anda juga dapat membaca perawatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Advertisements
Kacer Volume Kecil

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil

Kacer Mabung Tidak Tuntas

24 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas