Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Ngeplong

27 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Ngeplong

Penyebab dan cara mengatasi kacer tidak ngeplong dan hanya ngeriwik saja dengan mudah dalam waktu seminggu. Membuat kacer ngeplong sangat diidamkan oleh para kacer mania karena dengan begitu, bisa membuat performa suara sangat terlihat. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat kacer ngeplong. Tidak ngeplong atau hanya ngeriwik kasar pada kacer menjadi masalah yang tak jarang lagi ditemukan. Karena itulah, Anda sangat dianjurkan tahu bagaimana cara penanganan kacer tidak ngeplong yang baik dan benar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Ngeplong

Ngeplong sangat diperlukan untuk kacer karena merupakan burung petarung. Karena itulah kacer sangat banyak dijadikan burung lomba dan dilatih agar bermental kuat. Namun untuk mengasah dan mengeluarkan kemampuan sebenarnya sangat lah susah. Seperti yang tak jarang dihadapi yaitu kacer tak mau ngeplong.

Pada dasarnya, untuk membuat kacer ngeplong dan gacor semua tergantung seperti apa perawatan Anda. Kacer Anda bisa ngeplong dan gacor karena perawatan Anda sudah baik dan sangat cocok dengan karakter bururng Anda. Jangan pikir untuk masalah suara agar kencang cukup berikan makanan EF saja agar birahinya tinggi. Tidak, meski pengaruhnya sedikit, tetap saja perawatan tambahan lainnya sangat berpengaruh untuk membuat kacer ngeplong.

Meski masalah seperti ini biasanya disebabkan karena birahi yang tak terkontrol, bisa jadi over birahi atau kurang birahinya, tetap saja ada faktor penyebab lain yang harus masuk dalam perhitungan. Seperti misalnya masalah stres dan kurang nyamannya sangkar atau kandangnya. Untuk lebih lengkap, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi kacer tidak ngeplong yang baik dan benar.

Penyebab Kacer Tidak Ngeplong :

1. Birahi yang tidak terkontrol, bisa rendah atau over birahi.

2. Mandi jarang.

3. Penjemuran dengan durasi kurang lama.

4. Kandang atau sangkar yang kurang nyaman.

5. Dalam keadaan sakit atau kurang fit.

6. Sedang mengalami masalah tenggorokan ringan.

7. Kalah mental dengan burung lain.

8. Dekat dengan burung yang bermental lemah dan tidak ngeplong.

9. Masih giras atau galak.

10. Kurangnya pengembunan di waktu subuh.

11. Masih muda atau belum cukup umur.

12. Malnutrisi.

13. Masalah saat masa mabung.

14. Terlalu dimanjakan.

15. Tak pernah dilatih atau dipancing untuk ngeplong.

Jika anda sudah tahu apa saja faktorpenyebab kacer tidak ngeplong, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perwatan burung kacer tidak mau ngeplong itu mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi burung kacer tidak ngeplong.

Cara Mengatasi Kacer Tidak Ngeplong:

1. Meningkatkan Birahi

Untuk membuatnya ngeplong perlu sedikit dorongan dari birahi. Birahi yang terlalu rendah menjadi salah satu penyebab kacer tak mau ngeplong meski umurnya sudah terbilang dewasa. Untuk menambah birahi, berikan pakan EF seperti jangkrik atau ulat hongkong dua kali lipat, kurangi mandi, dan perlama proses penjemuran.

2. Memandikan Kacer

Jangan pernah lupa untuk memandikan kacer minimal 1 kali sehari pada pagi hari. Jika perlu, mandikan juga pada waktu sore agar kebersihannya benar-benar terjaga. Jika Anda bolong-bolong mengisi waktu mandi, bisa membuat kacer Anda tak mau ngeplong. Tentu saja harus disesuaikan dengan keadaan cuaca tertentu.

3. Penjemuran

Durasi penjemuran menentukan birahi. Jika terlalu lama, bisa mendongkrak birahi kacer lebih naik lagi sedangkan memangkas berarti mengurangi peningkatan birahi. Untuk masalah kacer tak mau ngeplong, lebih baik penjemuran ditingkatkan menjad 2 jam setiap pagi mulai dari pukul 07.00 pagi.

4. Kandang yang Nyaman

Pemberian kandang yang tidak baik atau tidak nyaman bisa membuat kacer tidak mau ngeplong. Hal ini sebenarnya spele karena mood sangat penting untuk membuat performa suara tetap bagus. Berikan sangkar atau kandang yang benar-benar sesuai dengan karakter kacer Anda. Jangan lupa untuk tetap membersihkan kandang untuk menghindari sakit atau kurang fit.

5. Pelatihan Mental

Lakukan mandi malam, kandang keramba, kandang umbara, dan jangan terlalu dimanjakan. Hal ini berguna untuk meningkatkan mental agar tak mudah ngedrop dan akhirnya tak mau ngeplong. Dengan mental bagus, tentu saja sangat berguna di arena lomba agar kacer Anda tak kalah.

6. Dekatkan dengan Burung Kacer Ngeplong

Jika mau kacer Anda untuk ngeplong setiap hari, maka cobalah untuk membiasakan kacer Anda untuk tetap dekat dengan burung kacer yang sudah ngeplong juga. Dengan cara ini, akan memicu kacer Anda untuk ikut ngeplong juga.

7. Pengembunan

Pengembunan yang rutin membant dalam membuat kacer Anda tetap ngeplong. Sama seperti mandi, lakukan pengembunan sesuai jadwal yang Anda buat. Selain membantu untuk membuat kacer ngeplong, pengembunan rutin juga bisa membantu menurunkan stres dan mencerdaskan kacer. Setelah pengembunan, di saat kacer masih kedinginan berikan jangkrik 3 – 5 ekor untuk mendongkrak birahinya.

8. Penjinakkan

Kacer giras atau tiba-tiba menjadi galak menyebabkan tak mau ngeplong. Untuk mengatasinya, lakukan metode penjinakkan yang baik dan benar seperti membuat ia beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan sementara dimanjakan agar kacer Anda mau jinak. Jika sudah jinak, tentu akan mudah dalam perawatan dan membuatnya tetap gacor dan ngeplong.

9. Pengumbaran

Rutin melatih fisik pada kacer dapat membuatnya cepat ngeplong dan tidak hanya ngriwik saja. Maka dari itu ada dapat melakukan pengumbaran seminggu dua kali. Namun harus diingat ketika selesai mengumbar maka wajib diberi extra fooding dan vitamin.

10. Pemberian Multi Mineral

Zat mineral berfungsi untuk memperkuat sel dalam tubuh kacer Anda. Berikan suplemen BirdMineral yang terkenal sangat ampuh untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh burung Anda. Pemberian Multi Mineral harus terjadwal dan tak boleh putus-putus untuk tetap menjaga kesehatan kacer Anda. Berikan cukup 2 – 3 kali saja untuk setiap minggunya.

11. Pemberian Multivitamin

Protein yang terdapat pada kroto, jangkrik, ulat hongkong, atau makanan EF lainnya tidak cukup untuk membuat kacer Anda sehat. Asupan vitamin juga perlu diperhatikan dan lengkapi dengan pemberian BirdVit yang menjadi suplemen baik untuk memenuhi asupan vitamin kacer Anda. Sama dengan BirdMineral, pemberiannya cukup 2 – 3 kali saja dalam seminggi dan jangan sampai bolong-bolong.

12. Konsistensi Pemilik

Jangan buat kacer Anda melewati apa yang harus dilakukan seperti mandi, penjemuran, dan lainnya. Semuanya harus teratur dan jangan sampai bolong-bolong. Untuk meningkatkan konsistensi semuanya tergantung pada niat pemilik. Intinya jika Anda tak konsisten dan tak serius dengan perawatan Anda, akan bisa membuat kacer tidak ngeplong.

13. Pemasteran

Tidak hanya membantu untuk membuat kacer memiliki variasa suara yang beragam, pemasteran juga berfungsi untuk menjaga performa kacer dan membuatnya gacor serta ngeplong dari pagi sampao malam hari. Pemasteran baik dilakukan pada malam hari sampai esok hari dengan melakukan full krodong.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Mau Kerja di Lapangan

Itu dia tips tentang bagaimana mengatasi kacer tak mau ngeplong yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah. Pada umumnya 6 sampai 7 bulan adalah usia yang sewajarnya kacer sudah bisa ngeplong. Jika belum ngeplong pada usia tersebut atau di atasnya, lebih baik lakukan cara-cara di atas. Anda juga dapat membaca masalah burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama, Kacer lomba

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Tidak Kuat Berkicau dengan Durasi Lama

Kacer Salto

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Salto dengan Gampang