Melatih Mental Kacer

14 Cara Melatih Mental Kacer Anakan, Bakalan dan Lomba

Cara melatih mental kacer anakan, bakalan dan lomba agar tidak mudah mbagong. Mental merupakan hal yang penting dalam perawatan burung, khususnya kacer. Melatih mental kacer bukan hal yang sulit selama Anda mau sabar dan menetapkan prinsip tekun dalam pikiran Anda. Kacer merupakan jenis burung fighter yang memiliki suara khas rapat serta penampilan bulu hitam yang sangat memikat. Karena itulah banyak para penghobi suka dengan burung jenis ini.

Melatih Mental Kacer

Untuk kacer, mental sangat penting untuk dilatih karena merupakan burung fighter yang sering diikutkan dalam lomba. Di arena lomba sebelum burung berkicau, mental yang bertarung pertama kali. Karena itulah mental menjadi perhatian utama setelah stamina, birahi, atau pun kemampuan berkicau. Jika mental petarung tak bisa disarakan dari kacer Anda, tentu saja akan sulit untuk memenangkan pertandingan.

Untuk melatih mental harus sesuai dengan karakter kacer Anda. Jangan paksakan karena bisa mengakibatkan stres dan malah membuat mental kacer bertambah buruk. Mood atau perasaan kacer juga ikut terlibat dalam urusan melatih mental karena keduanya saling terkait. Jadi, jangan coba-coba untuk membentuk atau sengaja menyakiti kacer Anda hanya karena kesal karena bisa merusak mentalnya bahkan secara permanen.

Sembari Anda mencoba untuk melatih mental kacer, perhatikan juga perawatan lainnya yang wajib Anda lakukan serta terapkan didalamnya metode pelatihan mental. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara melatih mental kacer agar menjadi mental petarung pantang kalah.

Cara Melatih Mental Kacer :

1. Dekatkan Pada Burung Sejenis yang Lemah Fighternya

Untuk melatih mental petarungnya, rutin lah untuk mendekatkan kacer Anda dengan kacer lain yang memiliki tingkat fighter yang terbilang rendah. Karena ini hanya pelatihan, biarkan kacer Anda merasakan menang fighter saat berhadapan dengan kacer lain agar mentalnya bisa terlatih. Tentu saja untuk teman latihnya pilih yang bermental kuat juga agar saling mempengaruhi satu sama lain.

2. Melakukan Trek

Siapkan 3 – 4 kacer yang kemudian akan ditrek dengan kacer Anda. Disarankan untuk di trek tidak di gantangan tapi lebih baik di trek di lantai saja. Rutin melakukan trek bisa membuat mental kacer lebih terlatih, namun jangan terlalu sering di trek karena bisa berbahaya bagi prilaku kacer.

3. Gantang di Tempat yang Ramai

Pastikan kacer Anda sudah jinak dan kenal siapa Anda serta sekililingnya sebelum melakukan metode ini agar kacer tak kebingungan dan stres. Cobalah untuk menggantang kacer Anda di tempat yang ramai, tidak sepi. Gunanya adalah untuk membuat kacer Anda terbiasa dengan keadaan apapun. Jika kacer Anda sudah terlihat tenang dan tidak panik, maka mentalnya berhasil kita tempa.

4. Tempatkan di Lokasi yang Bervariasi

Selanjutnya cobalah untuk menempatkan di lokasi ramai lainnya sampai semua kondisi, sampai mentalnya bisa bertahan. Dengan metode ini, kacer akan terbiasa dengan segala lingkungan dan tentu saja akan sangat bermanfaat dalam pelatihan mentalnya. Jika sudah terbiasa di tempat sepi, ramai, angin kencang, dan kacer sudah terlihat tenang tidak panik, maka mentalnya sudah cukup untuk mengirimnya ke arena lomba.

5. Jangan Merubah Bentuk, Model, dan Isi Sangkar

Selama melakukan pelatihan mental, jangan coba-coba untuk merubah bentuk dan segala isi dari sangkar yang sekarang ini Anda gunakan. Jika di ubah-ubah, kacer bisa bingun dan perlu waktu lagi untuk beradaptasi dengan rumah barunya. Alhasil, pelatihan Anda menjadi gagal dan perlu mengulang dari awal lagi.

6. Berikan Tangkringan yang Nyaman

Selama melakukan pelatihan mental, berikan tangkringan yang nyaman agar mentalnya bisa dilatih dengan cepat tanpa gangguan. Semuanya tergantung seperti apa karakteri kacer Anda. Banyak sekali karakteri kacer di luar sana. Ada yang suka bentuk tangkringan unik namun ada juga yang suka tangkringan biasa-biasa saja. Intinya adalah berikan kenyamanan maksimal selama pelatihan mental berlangsung.

7. Sering di Ajak Keluar Rumah Jalan-Jalan

Sering-sering lah untuk mengajak keluar kacer Anda, jangan hanya tinggal di rumah saja. Dengan melakukan hal ini, bisa membantu untuk meningkatkan mental kacer. Selain itu, metode ini juga membantu dalam menurunkan stres kacer dan terhindar dari masalah lain seperti mbagong dan lainnya. Untuk lokasi jalan-jalan sebaiknya pilih di tempat yang ramai, alam liar sebagai terapi, atau tempat perlombaan yang penuh dengan burung lomba.

8. Pemberian Multivitamin

Berikan multivitamin untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh kacer. Berikan BirdVit minimal 1 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga mental dan staminanya. Pemberian vitamin juga akan membantu mempercepat pelatihan mental.

9. Pemberian Multimineral

Mental memerlukan fisik yang kuat agar seimbang. Untuk memenuhi fisiknya, Anda perlu memberikan kacer Anda multimineral seperti Bird Mineral yang memembantu memenuhi asupan zat mineral dalam tubuh. Zat mineral ini bisa memperkuat tulang dan otot kacer.

10. Pemberian EF

EF membantu dalam meningkatkan birahi kacer. Untuk kacer sendiri, EF yang baik adalah jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lainnya. Pemberian EF membantu untuk tetap menjaga performa tenaga dan membuat kacer tetap fit. Selain itu, pemberian EF juga bisa meningkatkan birahi yang bisa membuat kacer menjadi semangat. Tentu saja mentalnya akan sedikit meningkat.

11. Melakukan Metode Unthulan

Sebenarnya cara ini tak terlalu disarankan karena akan ada pihak yang dirugikan. Namun jika Anda ingin mecoba, terserah Anda. Cara ini menggunakan kacer yang bermental buruk atau bentuk tubuh yang lebih kecil dan muda daripada kacer yang sedang Anda latih. Latih kacer Anda dengan cara beradu fighter dengan kacer jelek tadi. Cara ini memang termasuk cara yang sadis, namun masih tetap menjadi cara yang ampuh. Cara ini lebih baik digunakan jika semua cara lain tidak berhasil.

12. Menggunakan Cermin

Cara melatih mental kacer ini, dengan adanya cermin maka burung rumahan akan merasa bahwa ada burung lain yang ada di dekatnya. Secara tidak sengaja hal tersebut akan melatih mental burung kacer rumahan untuk mengeluarkan nalurinya yaitu tidak ingin kalah dan tersaingi. Rata-rata akan terjadi adu kicau dahulu sebelum adu otot terjadi, sehingga akan menyebabkan burung kacer  gacor secara sendirinya.

13. Memutarkan Kaset Mastering Kicau Burung

Agar kacer rumahan berkicau lebih bervariasi dan mentalnya tertata, maka anda dapat memberi latihan berkicau. Caranya yaitu dengan memutarkan kaset suara kicau burung yang sejenis. Bukan hanya sejenis, namun anda juga bisa memaster dangan kicauan burung lainnya. Tujuan memberikan pelatihan pemasteran burung yaitu agar burung memiliki variasi suara lagu yang bagus, agar di gantangan tidak kalah dengan burung lain.

14. Perawatan Tambahan

Ingat untuk melakukan pengembunan, anginan, mandi, menjemur, pengumbaran, serta pemberian makanan seperti biasanya. Terlepas dari metode melatih mental di atas, perawatan tambahan seperti yang di sebut tadi sangat penting dan wajib untuk dijalankan. Pelatihan mental tak akan berjalan baik jika perawatan tambahan tidak dijalankan dengan baik pula.

Baca Juga: Penyabab dan Cara Mengatasi Kacer Serak Paling Mujarab

Itu dia tips dan trik bagaimana cara mengatasi mental lemah dan melatih mental kacer agar menjadi mental petarung yang bermanfaat di lapangan dan lomba. Stamina dan birahi juga harus sinkron dengan mental. Jika salah satu dari tiga poin tadi ada yang lemah, tentu akan berpengaruh besar untuk yang lainnya. Anda juga dapat membaca perwatan burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...
Menurunkan Birahi Kacer

13 Cara Menurunkan Birahi Kacer Paling Jitu

Kacer Kurang Stamina, Kacer Lesu, Masalah Kacer

21 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Kurang Stamina