Connect with us

Kacer

28 Cara Memilih Kacer Bakalan atau Ombyokan Prospek

Kicauburung.id – Cara mudah memilih kacer bakalan muda hutan, anakan dan ombyokan yang bagus juga bermental juara. Seperti yang kita ketahui, kacer merupakan burung yang sangat digemari karena memiliki bulu yang indah. Yang paling menarik para kicau mania adalah memiliki suara yang merdu. Karena itulah, kacer juga menjadi burung yang memiliki perawatan terbilang memakan biaya mahal, karena lebih spesial dari burung yang lain.

Memilih Kacer Bakalan, Memilih Kacer Anakan, Memilih Kacer Ombyoan

Pada umumnya, orang-orang khususnya pecinta burung lebih memilih burung kacer yang memiliki suara yang irama bagus, gacor dengan power yang kuat. Walaupun disamping itu kita harus paham bahwa kacer bakalan dengan kriteria seperti itu harganya mahal.

Sebagai seorang pemula atau Anda yang ingin membeli anakan atau bakalan burung kacer, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertimbangan tersebut bertujuan agar anda tepat memilih anakan kacer yang memiliki potensi yang baik, khususnya suaranya.

Kriteria Kacer Bakalan atau Ombyokan Prospek :

  1. Materi Bagus
  2. Volume Bagus
  3. Gaya Tarung Bagus
  4. Mental Baja

Baca Juga: 5 Jenis Kacer, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Jika Anda membeli, tak semua burung yang mahal itu memiliki potensi yang bagus, pada ujungnya semua tergantung bagaimana cara Anda dalam merawat kacer hariannya. Namun sebagai permulaan yang baik, Anda harus tahu betul bagaimana cara memilih kacer bakalan atau anakan. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana memilah kacer bakalan atau omyokan yang baik.

Cara Memilih Kacer Bakalan :

  1. Perhatikan jenis kelamin kacer. Jika anda bertujuan untuk melatih kacer untuk lomba atau ingin mendapatkan burung yang gacor, maka pilihlah kacer dengan jenis kelamin jantan. Kacer jantan lebih sering dan bersemangat berkicau dari pada si betina. Beberapa cirinya adalah tegak, gagah, dan berbulu lebih mengkilap.
  2. Beberapa hal bisa sangat berpengaruh bagi si kacer baik dalam kesehatan atau performa suara, salah satunya adalah mental. Pilihlan kacer bakalan yang memiliki mental yang baik, ciri-cirinya adalah kepala besar sedikit berbentuk kotak dan memiliki mata melotot serta besar.
  3. Paruh yang relative panjang menandakan kacer dengan kualitas yang baik. Pilihlah kacer dengan paruh besar, panjang, tebal, dengan posisi hidung sedikit lurus hampir sama dengan posisi mata.
  4. Pilihlah kacer dengan badan yang sedang. Ingat jangan sekali-sekali pilih kacer dengan leher pendek dan badan pendek. Ciri ini menandakan kacer memiliki postur yang normal dan tentunya performanya lebih baik.
  5. Jangan lupa untuk memerhatikan keseluruhan fisik dari si kacer. Pilihlah kacer dengan leher, badan, serta ekor yang memiliki panjang serasi.
  6. Untuk bagian sayap, lihat apakah sayapnya rapat atau tidak. Kacer yang memiliki kerapatan bulu sayap yang tinggi cenderung lebih baik dari pada yang tidak.
  7. Untuk bagian kakinya, pilihlah yang memiliki cengkaraman kuat, besar, dan kering. Anda cukup melihatnya saja.
  8. Leher yang panjang dengan kerapatan bulu yang tinggi bisa menandakan si kacer memiliki suara yang gacor dan powerfull.
  9. Hal yang paling penting adalah apakah burung tersebut memiliki riwayat kesehatan yang buruk. Pilihlah kacer bakalan dengan kondisi yang sehat dan energik. Beberapa cirinya adalah rajin berkicau, makan banyak, dan bergerak lebih banyak.
  10. Untuk bagian ekor, pilihlah kacer yang memiliki bulu ekor yang rapat, tak rontok, dan tak jarang. Bulu ekor panjang dan mengkilap sering kali dijadikan patokan dalam memilih kacer bakalan yang bagus.

Beberapa ciri-ciri di atas biasanya menandakan kacer yang memiliki kualitas yang bagus. Meski semuanya belum tentu tergantung dari ciri-ciri di atas. Hal yang penting harus diperhatikan adalah kesehatan dan postur si kacer.

Namun masih banyak orang kesulitan ketika memilih kacer bakalan kesulitan dalam hal membedakan jenis kelaminnya. Mereka kadang ragu dan sempat bimbang apakah kacer yang mereka beli dari omyokan berkelamin jantan atau betina. Dari situlah kami ingin memberikan tips dan cara membedakan jenis kelamin kacer ketika masih bakalan, bahan, anakan atau ombyokan.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Ketika Anakan :

Ciri-Ciri Kacer Jantan Bakalan / Anakan / Ombyoan :

1. Kacer trotolan jantan biasanya mempunyai postur tubuh panjang dan terlihat ramping.
2. Bentuk kepala kacer bakalan jantan terlihat kotak serta pada bagian atas rata.
3. Terdapat 1 atau 2 bintik hitam pada kerongkongannya.
4. Jika saat berdiri terlihat tegap dan gagah.
5. Bentuk paruh lebih tebal dan pendek.
6. Memiliki warna hitam pada punggung yang legam pekat.
7. Postur dada burung lebih rata dan datar.
8. Bagian bawah paruh kacer anakan jantan terlihat hitam.
9. Memiliki warna hitam pada bagian bulu dada.

Ciri-Ciri Kacer Betina Bakalan / Anakan / Ombyoan :

1. Kacer trotolan jantan biasanya mempunyai postur tubuh pendek dan terlihat bulat.
2. Bentuk kepala kacer bakalan jantan terlihat lonjong.
3. Tidak ada 1 atau 2 bintik hitam pada kerongkongannya.
4. Jika saat berdiri terlihat kurang proporsional.
5. Bentuk paruh lebih tipis.
6. Memiliki warna hitam kusan atau terlihat abu-abu pada punggung.
7. Postur dada burung lebih menontjol kedepan.
8. Bagian bawah paruh kacer anakan betina terlihat hitam kusam atau abu-abu.
9. Memiliki warna abu-abu pada bagian bulu dada.

Baca Juga: 11 Cara Menjinakkan Kacer Liar dan Bakalan dengan Muda

Pilihlah postur badan kacer yang proposional, karena biasanya burung dengan bentuk tubuh bagus cenderung memiliki kualitas fighter dan suara yang baik. Itulah cara yang bisa Anda gunakan dalam memilih kacer bakalan atau ombyokan prospek lomba.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kacer

To Top