Connect with us

Kacer

13 Cara Menurunkan Birahi Kacer Paling Jitu

Menurunkan Birahi Kacer – Kacer merupakan jenis burung yang sangat terkenal karena suaranya yang sangat bagus dan merdu. Kacer juga menjadi burung fighter dengan ciri khas ekor kipas yang mepesona. Meski begitu, tetap saja masalah birahi selalu datang pada burung ini meski kacer merupakan burung yang cenderung memiliki mental kuat dan birahi yang lebih mudah dikontrol. Tapi tetap saja untuk berhati-hati, Anda harus tahu cara menurunkan birahi kacer.

Menurunkan Birahi Kacer

Birahi yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan banyak masalah prilaku yang ujung-ujung mempengaruhi segala performa kacer, khususnya di bagian suara. Semuanya tak terlepas dari karakter kacer itu sendiri. Karena itulah sebelum memberikan perawatan khususnya pemberian EF, Anda harus mengerti terlebih dahulu seperti karakter kacer Anda.

Mengontrol birahi bukan berarti menurunkan birahi ke titik paling dasar atau mendekati. Birahi tetap diperlukan jika ingin membuat kacer tetap gacer namun terlalu rendah juga sama berbahaya dengan over birahi. Karena itulah Anda harus pintar-pintar untuk menemukan setingan yang pas sehingga bisa menjaga birahi kacer tidak terlalu tinggi namun tidak juga terlalu rendah.

Untuk cara bagaimana menurunkan birahi itu sendiri bisa dilakukan di rumah Anda dengan sedikit trik, peralatan, takaran, dan sebagainya. Untuk lebih lengkap, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi dan menurunkan birahi kacer yang baik dan benar agar lebih terkontrol.

Cara Menurunkan Birahi Kacer:

1. Pengembunan

Pengembunan dan mandi pada dasarnya sama. Sama-sama bisa mengatasi masalah kacer seperti over birahi. Metode ini banyak digunakan penghobi burung kacer untuk menurunkan birahi burungnya. Biasanya durasinya sedikit diperpanjang dan dilakukan lebih awal. Pengembunan boleh dimulai sekitar pukul 05.00 pagi dan lakukan secara rutin setiap hari untuk membantu menurunkan birahi kacer Anda secara perlahan.

2. Angin-Anginan

Meski tak terlalu mengena dalam urusan menurunkan birahi kacer, namun ternyata memiliki efek. Pengembunan dilakukan pada subuh kemudian disusul dengan angin-anginan. Proses ini wajib dilakukan sebelum kacer Anda mandi, menjemur, makan, dan lain-lain agar kacer tak mudah stres dan tak mudah sakit serta bermental kuat.

3. Mandi Sering

Berbeda dengan perawatan harian di mana mandi pada kacer minimal 1 kali sehari, disarankan untuk memandikan kacer sesering mungkin jika sedang over birahi. Mandi sering menjadi metode yang sangat bagus untuk menurunkan birahi kacer. Frekuensinya bisa ditingkatkan sebanyak mungkin selama hal itu tak berdampak pada kesehatan kacer.

4. Mandi Malam

Mandi malam sedikit berbeda manfaatnya dengan mandi harian. Mandi malam sangat dianjurkan untuk dilakukan jika ingin menurunkan birahi kacer. Cobalah untuk memandikan kacer Anda sekitar pukul 07.00 malam atau di atasnya sebelum pukul 10.00 malam. Mandi boleh disemprot saja atau disarankan untuk memandikan dengan tangan namun jangan sampai basah kuyup.

5. Mandi Es

Siapkan sekitar 1 wadah seperti baskom yang telah di isi oleh air dingin di ambil langsung dari kulkas. Mandi dengan air dingin berfungsi untuk menurunkan birahi karena hawa dingin yang diberikan oleh air dingin dari kulkas tersebut. Mandi es bukan berarti mandi menggunakan air yang dicampur dengan es. Jangan berikan air yang terlalu dingin karena berbahaya untuk kesehatan kacer Anda.

6. Kurangi Durasi Penjemuran

Durasi penjemuran pada umumnya adalah 1 sampai 2 jam. Penjemuran mampu meningkatkan birahi kacer tergantung berapa lama dan panasnya terik matahari. Semakin panas makan semakin kuat juga birahi yang dihasilkan. Karena itulah penjemuran banyak dilakukan oleh penghobi burung lomba karena bisa meningkatkan birahi. Untuk kacer, pangkas menjadi 15 – 30 menit saja perhari. Namun jika Anda ingin benar-benar cepat menurunkan birahi, lebih baik hentikan penjemuran sementara waktu.

7. Pangkas Pemberian EF

EF yang bisa meningkatkan birahi kacer adalah kroto, ulat hongkong, ulat buah, ulat jerman, belalang, jangkrik, dan lainnya. Jangan berikan makanan EF hidup tersebut sampai benar-benar birahinya kembali normal dan turun. Pemberian EF boleh saja, namun dipangkas. Misalnya Anda biasanya memberikan 3 – 5 ekor perhari, maka cukup berikan 2 – 3 ekor saja perhari sampai birahinya turun.

8. Melakukan Kandang Umbaran

Kandang umbaran membantu dalam menurunkan birahi karena membuat kacer terus bergerak sehingga memakan stamina banyak. Pada umumnya birahi adalah energi yang berlebihan. Karena itulah dengan melakukan pengumbaran, Anda secara langsung mengurangi energi tersebut dan kembali turun. Tentu saja selama proses tersebut, cukup berikan voer dan buah-buahan saja untuk lebih memaksimalkan menurunkan birahinya.

9. Memberikan Cacing

Ada dua jenis EF yaitu EF peningkat birahi dan EF yang bisa menurunkan birahi burung. Untuk kacer sendiri, cacing menjadi makanan EF yang masuk dalam kategori EF penurun birahi. Pemberiannya boleh dilakukan jika Anda ingin menurunkan birahi. Tentu saja jangan berikan makanan EF peningkat birahi, cukup berikan cacing yang cukup kalau perlu lebih diperbanyak. Di waktu normal, pemberian cacing wajib diberikan minimal 2 kali dalam seminggu untuk mejaga performa birahi tetap di batas aman.

10. Pemberian Ulat Bambu

Sama dengan cacing, ulat bambu juga menjadi makanan EF penurun birahi untuk kacer. Pemberiannya disesuaikan dengan karakteri kacer dan kebutuhannya. Disarankan khusus untuk ulat bambu, pemberiannya cukup 1 – 2 kali saja dalam seminggu karena pakan EF ini sangat berbahaya jika diberikan terlalu banyak pada kacer dengan frekuensi setiap hari. Pemberian ulat bulu yang terlalu banyak bisa menyebabkan konstipasi pada kacer.

11. Mengganti Voer

Berbicara tentang takaran protein pada voer memang tak semuanya sama, tergantun pada merk apa yang Anda gunakan. Perhatikan kandungan protein yang dikandung voer untuk kacer Anda karena protein bisa meningkatkan birahi. Cukup berikan voer yang memiliki kandungan protein yang rendah. Setidaknya di bawah 14% atau sedikit diatasnya agar tetap menjaga kestabilan birahi si kacer.

12. Mengawinkan

Tidak melakukan full krodong bisa membuat kacer terus berkicau dan hal itu sebenarnya bagus untuk memangkas birahinya. Jika ia bertemu dengan kacer lawan jenis dan kebetulan berjodoh, maka lebih baik dikawinkan saja agar birahinya tersalurkan. Biasanya cara ini sangat ampuh untuk mengatasi kacer over birahi dan bisa Anda terapkan untuk menurunkan birahi kacer, tentu saja dengan prosedur ternak kacer yang baik dan benar.

13. Sering Mengadu / Ngetrek / Di Gantangakan

Secara tidak sadar, burung kacer yang sering di adu, birahinya akan turun dengan sendirinya. Namun ada juga segi negatifnya, yaitu jika sering di adu akan menyebabkan mental burung rusak, apa lagi jika masih bahan. Maka dari itu cari menurunkan birahi burung kacer satu ini juga harus anda pertimbangkan.

Baca Juga: Penyabab dan Cara Mengatasi Kacer Serak Paling Mujarab

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi serta menurunkan birahi kacer yang baik dan ampuh untuk Anda coba di rumah. Yang terpenting dalam menurunkan birahi sebuah burung, jangan sampai merusak mental. Selain itu perawatan yang konsisten, mulai dari mandi, jemur dan lain-lain harus diperhatikan. Anda juga dapat membaca masalah burung kacer lainnya yang sering terjadi.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kacer

To Top