Connect with us

Kacer

14 Cara Merawat Kacer Sebelum dan Sesudah Lomba

Kicauburung.id – Cara mudah merawat kacer lomba, baik itu sebelum dan sesudah lomba agar juara. Kacer merupakan salah satu jenis burung yang sangat banyak diperlombakan karena kicauannya yang merdu. Tak hanya suaranya, kacer juga memiliki bulu yang indah dan enak dipandang. Namun sebagai seorang yang hobbi mengikutkan burung kacer nya dalam lomba, tentu banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah mencari tahu bagaimana cara merawat kacer lomba yang baik dan benar.

Merawat Kacer Lomba

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kacer agar gacor dalam lomba adalah settingan makanan, perawatan sebelum lomba, proses mandi dan berjemurnya bahkan mengontrol suasana hati serta birahi juga sangatlah penting.

Banyak metode yang dapat Anda coba untuk setting kacer yang dikhususkan untuk lomba. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara merawat kacer lomba yang mudah untuk Anda terapkan di rumah sekalipun.

Settingan Kacer Lomba:

  1. Sebagai saran, cobalah untuk memaksimalkan perawatan sebelum hari H datang. Ada baiknya rawatlah 7 hari sebelum lomba. Berikan perawatan kacer yang lebih dari biasanya. Perhatikan juga makanan, minuman, mandi, penjemuran, dan tingkat stress si kacer.
  2. Salah satu hal yang harus diperhatikan khususnya sebelum lomba adalah suasana hati si kacer. Suasana hati yang tak bagus saat lomba bisa mengakibatkan kacer Anda diam seribu bahasa ditengah lomba. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memperkenalkan suasana yang mirip ditempat lomba agar tak merasa asing nantinya.

1. Cara Merawat Kacer Lomba Sebelum Hari H:

  1. Beri makan si kacer ekstra fooding yang baik dan disukainya. Anda dapat memberikannya jangkrik sebanyak 5 ekor setiap pagi dan sore hari. Untuk waktunya sendiri, Anda bisa menyesuaikannya sendiri. Contoh misalnya berikan jangkrik 5 ekor pada jam 8 pagi dan jam 4 sore. Cara ini juga bisa Anda terapkan tidak di burung kacer lomba saja, namun bisa di terapkan untuk kacer yang sedang drop (malas berkicau atau macet bunyi).
  2. Melatih kacer untuk mandiri, khususnya untuk mandi. Ada banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk melatih kacer lomba Anda untuk mandi sendiri. Salah satu caranya adalah dengan menaruh keramba mandinya didepan pintu sangkar dalan keadaan terbuka. Jika  kacer melihat keramba tersebut, otomatis dia juga akan tertarik untuk mandi. Lakukan hal ini berulang kali agar si kacer disiplin.
  3. Lakukan penjemuran mulai dari jam 7 pagi sampai jam 11 atau 12 siang. Sesudah penjemuran, lakukan angin-anginan pada si kacer dan jangan lupa untuk memberikan makan pagi berupa ekstra food. Jika sudah, krodongkan kacer sampai sore hari.
  4. Pada saat sore hari, buka krodong dan angin-anginkan kembali. Jangan lupa untuk memberikan makanan EF. Jika dirasa sudah cukup, hentikan dan krodongkan kembali.
  5. Lakukan gathering atau latihan bersama dengan kacer lain milik Anda atau juga bisa dilakukan dengan kacer teman. Gunanya untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur sampai dimana kegacoran kacer Anda.
  6. Banyak orang yang memberikan makanan setelan lomba sebelum lomba dimulai. Berikan dengan waktu yang tepat. Waktu yang paling disarankan adalah 30 menit sebelum lomba dimulai. Berikan waktu si kacer untuk mencerna serta beradaptasi dengan tempat lomba.

Merawat kacer sebelum lomba tidak ada patokannya, baik itu setelan jangkrik atau exstra fooding.  Selain itu kita juga harus kondisi serta karakter dari burung tersebut.

Untuk menjaga agar kondisi kacer bisa kembali seperti semula setelah dilombakan yaitu kita harus paham serta tahu kondisi tubuh dan birahi kacer tersebut. Dalam merawat kacer lomba, jika kita salah soal perawatan sesudah lomba maka kacer tersebut akan sulit juga di setting. Contoh akibatnya salah perawatan kacer sesudah lomba yaitu birahi tinggi an susah bunyi.

Baca Juga: 28 Cara Memilih Kacer Bakalan atau Ombyokan Prospek

Nah berikut ini cara-cara yang benar dalam merawat kacer sesudah lomba agar selalu siap untuk perlombaan berikutnya.

2. Merawat Kacer Setelah Lomba :

Setelah diikutsertakan dalam lomba, hal yang harus kita lakukan adalah memulihkan kembali stamina kacer ini. Caranya antara lain:

  • Memandikan burung setelah mengikuti perlombaan tersebut.
  • Jangan memberikan jangkrik atau ef setelah burung dimandikan.
  • Dihari H+1 umbar kacer anda agar birahinya stabil.
  • Lakukan kembali proses perawatan harian kacer dengan proses penjemuran selama 30 menit, lakukan sampai H+3 setelah lomba.
  • Berilah kembali voer atau pakan hariannya.
  • Berilah EF (extra food) kembali ke setelan biasa atau harian.
  • Berikan multivitamin dalam air minum burung kacer kita satu hari setelah lomba agar burung kembali fit dan birahi stabil setelah lelah mengikuti perlombaan yang diikuti.
  • Coba setting kembali jika kacer anda kurang maksimal saat mengikuti perlombaan. Agar anda juga paham karakter burung kacer tersebut serta bisa memaksimalkan kinerjanya di lapangan.

Itu dia beberapa cara merawat kacer lomba yang bisa anda terapkan dengan mudah di rumah. Kuncinya adalah jangan mengubah metode yang anda berikan jika ingin lomba agar kacer dapat terbiasa dengan metode yang anda gunakan. Meski metode pertama kali diterapkan tak terlalu memberikan dampak yang diinginkan, semuanya butuh waktu dan kesabaran.

Tidak ada yang mudah dalam mensetting atau merawat kacer lomba. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan kacer lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kacer

To Top