Merawat Kacer Mabung

12 Cara Merawat Kacer Mabung dengan Benar Agar Moncer

Kicauburung.id – Mabung merupakan fenomena alamia yang pasti dialami oleh setiap jenis unggas, tak terkecuali dialami oleh burung kacer. Mabung adalah fase pergantian bulu dari bulu lama ke bulu baru. Proses mabung biasanya memakan waktu berminggu-minggu bahkan bisa 1 bulan. Bagi Anda yang memiliki kacer yang sedang mabung, ada baiknya Anda mengetahui cara merawat kacer mabung agar memiliki bulu yang lebih indah. Ingat perawatan kacer mabung berbeda dengan perawatan hariannya.

Merawat Kacer Mabung, Kacer Mbodol, Kacer ngurak, Kacer mabung ,Kacer molting

Pengertian Mabung

Mbodol, ngurak, molting atau mabung sendiri merupakan proses yang terjadi secara alami. Proses tersebut nampak dimana bulu – bulu burung akan menjatuhkan seluruhnya dan berganti menjadi bulu – bulu yang baru. Molting ini merupakan proses yang sangat penting bagi seekor burung.

Untuk paham kondisi fisik pada saat kacer mabung, ada harus paham betul ciri-cirinya. Berikut ini adalah ciri dan gejala kacer mabung.

Ciri – Ciri Kacer Mabung :

  1. Pada bagian bulu kacer akan tampak kusam dan kurang rapi.
  2. Pada bagian ekor akan terlihat rusak, acak-acakan atau tidak teratur.
  3. Jika dilihat dari segi fisik, bagain bulu kacer akan tampak rontok dengan sendirinya secara berkala atau bertahap.
  4. Burung kacer menjadi tidak gacor atau malas bunyi.
  5. Kondisi fisik kacer terlihat lemas.
  6. Ketika kacer mabung anda trek, maka hasilnya kurang maksimal.

Berapa Lama Kacer Mabung ?

Proses mabung pada kacer akan membutuhkan waktu yang agak lama yaitu antara 1 sampai 3 bulan tergantung pola perawatan yang dilakukan. Jika anda merawat kacer saat mabung dengan baik dan benar maka akan cepat juga selesainya.

Sebelum itu, Anda dihimbau tahu betul bagaimana dalam menyikapi karakter kacer saat sedang mabung. Kesalahan perawatan kacer mabung bisa sangat berakibat fatal. Agar mengerti betul bagaimana cara menyikapinya, Anda perlu tahu ciri-ciri jika si kacer sedang mabung. Diantaranya adalah tak bergairah dan malas berkicau, mata sayu, bulu tampak tak mengkilap, dan gugur satu persatu serta bertambah parah setiap harinya. Jika kacer sudah mengalami ciri-ciri tersebut, maka cobalah cara merawat kacer mabung dibawah ini.

Cara Merawat Kacer Mabung:

  1. Sebelum melakukan pengkrodongan, ada baiknya berikan makanan extra lebih banyak dari sebelumnya. Cobalah berikan kacer makanan jangkrik, ulat hongkong, dan kroto selama 1 minggu penuh.
  2. Setelah pemberian extra fooding selama seminggu, hentikan aktivitas tersebut dan mulailah secara rutin membersihkan kandang setiap hari dengan shampoo khusus untuk membersihkan kutu, bulu, dan jamur yang berguguran.
  3. Jika sudah diberikan extra fooding selama seminggu dan dibersihkan kandangnya, lakukan pengkrodongan selama masa mabung si kacer.
  4. Hentikan pemberian extra fooding selama klimaks masa mabung sekalipun tidak diperbolehkan. Hal ini bisa meningkatkan birahi si kacer dan bisa berakibat buruk pasca mabung.
  5. Untuk menunjang gizi dan sebagai pengganti extra fooding seperti jangkrik dan lainnya, berikanlah makan voer kepercayaan berkualitas pilihan Anda untuk si kacer.
  6. Dalam masa mabung, Anda dianjurkan untuk tetap rutin membersihkan kandang secara berskala. Bersihkanlah kandang sekali dalam 3 hari. Bersihkan kandang hingga benar-benar bersih sampai ke sela-sela terkecilpun. Anda bisa menggunakan shampoo khusus pembersih kandang burung.
  7. Jangan lupa untuk memastikan air minum si kacer tetap berisi penuh. Berikanlah mineral air minum yang berkualitas seperti Ebod Vit dengan kandungan berbagai vitamin dan nicotinic acid. Ini bertujuan untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh si kacer dan meningkatkan nafsu makan.
  8. Saat masa mabung sudah berakhir dan bulu yang muncul mulai terlihat tebal dan berkilau, sekarang Anda boleh memandikannya seperti biasa. Biasanya ditandai dengan bulu rapi dan kotorannya tak berwarna putih seperti ketombe.
  9. Pada saat memandikannya pasca mabung, gunakanlah shampoo andalan Anda untuk membersihkan jamur dan kutu-kutu yang masih melekat pada bulu baru si kacer.
  10. Saat setelah memandikan, lebih baik tak perlu langsung dijemur, biarkan kering sendiri dan langsung dikrodong serta diberikan 6 ekor jangkrik sampai besoknya lagi.
  11. Hari esok telah tiba, jemur kacer dibawah terik matahari pagi selama 3-4 jam. Setelah itu, mandikan si kacer setelah dijemur tadi. Gunanya adalah untuk meningkatkan birahi kacer yang tadinya sempat drop. Anda bisa menerapkan langkah ini sampai kacer sudah mulai aktif berkicau.
  12. Tentunya jangan lupa untuk selalu memerhatikan makanan dan minuman si kacer. Ingat, pemberian makanan sebelum, masa mabung, pasca mabung sedikit berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Kacer Juara dan Gacor

Itulah tips dan cara merawat kacer mabung yang baik agar bisa kondisi seperti semula. Pada dasarnya proses merawat kacer mabung hampir sama dengan perawatan jenis burung yang lainnya. Hanya saja ada beberapa detail yang harus diperhatikan dalam merawat kacer mabung ini. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan kacer lainnya.

Loading...
loading...
Merawat Kacer Anakan

9 Cara Merawat Kacer Anakan Agar Jalan Di Gantangan

Memaster Kacer

9 Cara Memaster Kacer Paling Benar dan Efektif