Kaki Kenari Berjamur

21 Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Berjamur Paling Manjur

Kaki Kenari Berjamur – Mendapat Kaki kenari berjamur sudah menjadi hal biasa jika anda seorang penggemar burung berkicau, biasanya penyakit jamur ini berada di bagian – bagian tubuh tertentu. Seperti di sela-sela jari, kuku dan telapak kaki bahkan jika jamur ini dibiarkan rimba, maka akan terus menjalar naik ke bagian betis burung kenari tersebut. Biasanya kenari yang terinfeksi jamur akan mengalami setres dan selalu mematuk-matuk kakinya sendiri. Akibatnya kenari tersebut enggan berkicau, lemas, kurang ceria, kaki diangkat satu dan tidak lagi lincah.

Kaki Kenari Berjamur

Penyebab Kaki Kenari Berjamur :

Sebelum banyak membahas mengenai penyembuhan penyakit kaki kenari berjamur, terlebih dahulu saya akan mengulas beberapa penyebab munculnya jamur pada kebanyakan kaki burung kenari.

1. Ketidaktepatan Tangkringan di Sangkar Burung

Salah satu penyebab awal kaki kenari berjamur adalah ketidaktepatan tangkringan pada sangkar burung khususnya burung kenari. Sebagaimana diketahui  bahwa memang burung kenari  dan dan sejenisnya seperti  finch, blackthroat, sanger, mozambik dll sangat rentan terkena jamur kaki. Apabila tangkringan tersebut kurang disukai oleh burung, maka dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kaki burung kenari.

2. Tangkringan Yang Kotor dan Kurang Diperhatikan

Akibat dari tangkringan yang kotor dan kurang diperhatikan akan menjadikan kaki kenari berjamur. Hal itu wajar karena bayak para pecinta burung kenari yang memilih pohon asam sebagai tangkringannya. Alasannya karena pohon asam tersebut lebih kuat dan bergerigi sehingga burung sulit terpeleset ketika mencengkram sambil memainkan kicaunya.

Akan tetapi di balik kelebihan itulah ada kekurangan yang sering tidak diperhatikan. Pohon asam pada dasarnya bergerigi sehingga mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Jika sudah terjadi demikian ,maka jamur tersebut secara otomatis dengan mudahnya menjalar ke kaki burung kenari.

Sekilas memang belum  tampak berbahaya, akan tetapi jika hal itu dibiarkan menjalar, peda akhirnya akan membuat burung  mematuki kakinya sendiri.dan membahayakan kesehatan burung.

3. Sangkar Yang Lembab dan Sering Terkena Air

Sangkar yang lembab dan sering terkena air juga memengaruhi  tumbuhnya jamur di kaki kenari. Terutama di saat burung tersebut dimandikan dan lambat pengeringannya. Firus dengan mudah masuk ke pori-pori kulit kaki kenari berjamur dan terus bertumbuh  pesat dan cepat. Mulai dari jari-jari dan telapak kaki lalu naik pada area atas bagian kaki. Meski penyakit ini tidak mengakibatkan pada kematian tapi sangat berpengaruh pada turunnya kualitas keindahan suara yang dimiliki.

4. Jarang Dijemur

Salah satu faktor burung kenari dapat terinfeksi jamur  adalah kurangnya sinar matahari yang masuk ke dalam sangkar, dengan kata lain burung dalam sangkar tersebut jarang dijemur. Akibatnya terjadi banyak penumpukan virus dan bakteri  yang mudah merambat dan menjangkiti kaki kenari.

5. Makanan Kurang Bergizi

Makanan yang kurang bergizi yang setiap harinya dimakan oleh burung kenari juga dapat menyebabkan burung kenari tersebut tidak sehat, sehingga dengan begitu, burung kenari mudah terserang virus seperti halnya jamur dll.

Antisipasi terbaik dalam menangani masalah ini, sering seringlah membersihkan tangkringan dalam sangkar atau jika tangkringan tersebut terbuat dari pohon asam gantilah sesekali dengan tangkringan yang baru yang kondisi kayunya lebih halus. Hal itu bertujuan supaya kotoran tidak mudah lengket dan muda kering saat terkena air.

Cara Mengobati Kaki Kenari Berjamur :

Tentu anda akan merasa risau ketika melihat burung kenari kesayangan anda terinfeksi  oleh jamur pada kakinya. Apalagi sampai membuatnya  malas berkicau, mematuk-matuk kakinya sendiri dan tak lagi lincah seperti biasanya. Di bawah ini merupakan cara tradisional yang sudah terbukti manjur mengatasi jamur pada kaki kenari berjamur.

1. Ambil Kenari Dalam Sangkar

Langkah pertama keluarkan burung kenari yang terkena jamur dari sangkarnya. Lalu usap berlahan-lahan hingga kenari tersebut merasa aman dan tenang. Posisikan kedua kaki kenari berjamur berada di atas dalam genggaman tangan anda.  lalu bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kaki kenari tersebut.

2. Cuci dan Keringkan Kaki

Setelah bersih lalu cuci bekas kotoran dan jamur yang ada di sela-sela jari kaki kenari berjamur sampai benar benar bersih.  Baru setelah itu kakinya dikeringkan menggunakan tissu atau kapas  atau yang sejenisnya.

3. Gunakan Salep Bio Clean

Selanjutnya kaki kenari berjamur tersebut yang sudah bersih dan kering dioleskan obat jamur seperti “salep Bio Clean”. Salep Bio Clean khasiatnya sudah terbukti dengan cepat bisa membasmi jamur yang membandel pada kaki burung kenari.

4. Gunakan Salep 88

Untuk hasil yang lebih maksimal  setelah  diolesi Bio Clean gunakan tambahan salep 88 dengan cara menindihkannya pada jamur yang sudah dibersihkan tadi. Lalu biarkan hingga mengering selama 2 hari.

5. Gunakan Minyak Tanah

Jika anda tidak menemukan salep  seperti atas  (salep Bio Clean dan salep 88) anda bisa menggunakan minyak tanah atau minyak tawon, dengan cara dioleskan ke sela-sela jari kaki kenari berjamur  lalu biarkan  sampai minyak tersebut benar-benar  menyerap.

6. Gunakan Minyak Tawon

Dalam hal ini, jika anda tidak menemukan Bio Clean, salep 88 atau minyak tanah, anda bisa menggunakan  minyak tawon. Minyak tawon ini  juga berfungsi membasmi jamur dan bakteri yang menempel pada kulit kaki kenari

7. Karantina

Proses karantina itu sangat penting. Terutama selama burung kenari dalam masa proses penyembuhan. Untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya burung yang diterapi obat-obatan tersebut dibiarkan istirahat selam kurang lebih  2 hari. Baru setelah itu burung bisa dimandikan.

8. Mandikan dan Jemur Kenari

Setelah proses karantina selesai dan burung kenari sudah kelihatan lincah, waktunya memandikan Kenari. Cara memandikannya ambil alat semprot yang sudah diisi dengan air lalu semprotkan merata ke sekujur tubuh kenari hingga kenari tersebut benar-benar bersih. Lalu setelah itu, lakukan penjemuran selam kurang lebih 1 jam. Disarankan pada pagi atau sore hari.

9. Tanda-Tanda Kesembuhan

Biasanya ketika kaki kenari selesai diobati, berapa hari kemudian kaki tersebut akan mengelupas kering, dan kulit di sekitar kaki akan terlihat bersih. Itu artinya sudah ada tanda-tanda kesembuhan.

10. Lakukan Perawatan Secara Intensif

Setelah kaki kenari berjamur tersebut sudah sembuh dan  sudah mulai lincah, gesit melompat-lompat dan mulai berkicau lagi dengan merdu. Maka perlu ada perawatan secara terus menerus agar jamur tidak  mudah menyerang kenari anda lagi. Caranya, melakukan perawatan kaki kenari berjamur lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Menjaga Kebersihan Sangkar

Kebersihan kandang merupakan hal terpenting  untuk dilakukan. Karena kandang yang bersih akan membuat burung  kenari  merasa nyaman, dengan begitu kenari tidak mudah stres,  tetap sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit dan kicaunya pun secara otomatis akan tetap indah terdengar.

  • Beri Pakan Bernutrisi Tinggi

Berikan biji-bijian yang disukai burung kenari. Seperti biji millet, niger, canary seed dan lain-lain.  Jika pakan pabrikan, berikan sedikit-sedikit setiap hari agar kualitas atau protein dan vitamin dalam pakan tersebut selalu bagus.  Karena terlalu banyak pakan yang diberikan bisa menyebabkan pakan rusak.

  • Air Minum Selalu Bersih

Penyakit terkadang muncul dari air yang kotor. Maka dari itu, lakukan penggantian air sewaktu-waktu di saat air minumnya  sudah terlihat kotor dan keruh. Selain itu air yang bersih akan membuat suara burung tetap terdengar indah dan merdu.

  • Berikan Vitamin

Selain pakan biji-bijian, juga perlu di tambahkan pakan yang mengandung multi vitamin dan mengandung  nutrisi tinggi, agar pemenuhan gizi burung kenari tersebut tercukupi. Ada beberapa vitamin dan suplemen yang bisa meningkatkan kesehatan dan  stamina burung kenari  bisa bertambah, seperti OrBird. Dengan begitu burung kenari tetap sehat, kicau suara yang dimiliki  akan semakin bersih indah dan merdu.

  • Amankan Dari Dinginnya Udara Malam Hari

Burung kenari sangat tidak suka dan tidak cocok dengan udara di malam hari. Sebaiknya letakkan burung kenari pada malam hari di bawah atap atau lebih amannya masukkan ke dalam rumah.

  • Jemur selama 1 Jam

Lakukan penjemuran terhadap burung kenari yang terkena jamur pada kakinya secukupnya 1 minggu sekali. Lebih baik lakukan sebelum  jam sepuluh pagi. Atau pada jam 3 sore selama 1 jam.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Bubulan dengan Cepat

Biasanya penyakit jamur pada kaki burung kenari muncul karena perwatan harian kurang konsisten. Contoh dalam membersihkan sangkar, tangkringan, dan yang terpenting membersihkan kotorannya. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
loading...
Kenari Bubulan, Bubul Kenari, Penyakit Kenari

21 Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Bubulan dengan Cepat

Merawat Kenari Mabung, Kenari Mabung, Kenari Mbodol

21 Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas