Connect with us

Kenari

21 Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Bubulan dengan Cepat

Kaki Kenari Bubulan – Anda menjadi penghobi burung kenari? Apakah anda saat ini sedang mencari solusi dari penyakit yang menimpa burung anda? Ada beberapa penyakit yang sangat mudah menjangkit burung kenari yaitu, seperti penyakit bubulan, jamur kaki dan penyakit bersisik. Rata-rata setelah diamati faktor utamanya adalah kebersihan, terutama kebersihan kandang. Nah, kali ini sebelum banyak bicara tentang cara ampuh mengobati kaki kenari bubulan, terlebih dahulu akan diberitahukan beberapa penyebab yang sering anda temukan.

Kenari Bubulan, Bubul Kenari, Penyakit Kenari

Sebagaimana diketahui, bahwa Problema kesehatan fisik burung kenari antara lain yaitu kaki bubulan atau kaki  kenari yang bengkak berjamur dan bersisik. Dalam istilahnya hal ini disebut bumble foot. Umumnya penyakit ini terjadi pada bagian telapak kaki, ujung jari kaki dan juga ujung lutut.

Penyebab Kaki Kenari Bubulan :

Jika hal ini terjadi pada burung kenari kesayangan anda tentunya akan menciptakan sebuah pemandangan yang tak sedap dilihat mata. Karena kenari anda menjadi malas bunyi, hanya bisa ke atas dan  ke bawah dengan mematuk kakinya sendiri. Menurut kebiasaannya penyakit  kaki kenari bubulan, muncul karena beberapa sebab, di antaranya:

1. Tangkringan Yang  Kotor

Tangkringan kotor dalam sangkar merupakan faktor utama penyebab terjangkitnya kaki kenari bubulan, berjamur  dan bersisik. Kebanyakan para penghobi kenari menggunakan pohon asam sebagai tangkringan karena pohon asam tersebut selain memang lebih kuat juga memiliki gerakan yang kasar dibandingkan dengan jenis kayu yang lain. sehingga sangat mudah bagi burung kenari mencengkram saat ingin berkicau.

2. Dasar Sangkar Kotor

Dasar sangkar burung kenari yang kotor juga akan memicu timbulnya penyakit  kaki kenari bubulan, berjamur dan bersisik yang bisa menyerang kenari anda. Hal itu  lebih disukai oleh parasit atau virus. Maka oleh sebab itu, lakukan upaya pembersihan pada sangkar sewaktu-waktu agar burung kenari anda tetap terlihat sehat, indah dan berkicau merdu.

3. Kaki Yang Tergigit Nyamuk Atau Semut

Penyakit  kaki kenari bubulan, berjamur dan bersisik  berikutnya adalah karena gigitan nyamuk atau semut pada kaki  kenari, sehingga mengakibatkan kaki kenari tersebut seringkali diangkat dan pada akhirnya mengalami bengkak.

4. Kekurangan Asupan Gizi

Salah satu faktor lain penyakit  kaki kenari bubulan, berjamur dan bersisik yaitu kurangnya asupan gizi. Kekurangan asupan gizi pada kenari peliharaan anda dapat menyebabkan kenari tidak sehat dan rentan terjangkit penyakit seperti kaki kenari bubulan, berjamur dan bersisik. Dalam hal ini perlu adanya tambahan makanan khusus yang bernutrisi tinggi.

5. Terlalu Banyak Makan Makanan Yang Berkadar Serat Tinggi

Tidak semua makanan itu baik untuk burung kenari. Terkadang terlalu banyak kenari mengkonsumsi yang berserat tinggi juga bisa menimbulkan kaki kenari bubulan, berjamur dan bersisik. Kenapa demikian, karena makanan dengan yang berkadar serat tinggi dapat  menimbulkan asam urat pada aliran darah yang lama kelamaan bisa  menjadi kristal seperti jarum tajam, lalu menumpuk di persendian atau di telapak kaki  sehingga menyebabkan kaki kenari infeksi virus atau bubulan

Jadi Itulah beberapa penyebab kaki kenari bubulan. Untuk itu perlu segera dilakukan langkah-langkah  pengobatan alternatif secara cepat seperti di bawah ini.

Cara Mengobati Kaki Kenari Bubulan :

Sedangkan cara alternatif untuk melakukan pengobatan pada kaki kenari Bubulan,. Salah satunya menggunakan cara tradisional yang turun temurun dilakukan para pecinta burung kenari seperti di bawah ini

1. Menangkap Burung Kenari

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menangkap burung kenari yang kakinya bubulan .Lalu posisikan dengan benar di genggaman tangan dan usap  perlahan-lahan agar  burung kenari merasa nyaman dan tidak berontak.

2. Membersihkan Dengan Air

Setelah burung kenari merasa nyaman di tangan lalu bersihkan bagian-bagian yang kotor kaki kenari bubulan lalu basuh menggunakan air hangat

3. Mengelupas Kulit Yang Bubul

Setelah selesai dibasuh dengan air hangat dan kulit di bagian kaki sudah dirasa lunak kelupas sedikit demi sedikit bubul kulit kaki kenari tersebut sambil dibasahi dengan air hangat.

4. Gunakan Obat Antiseptik

Jika terdapat luka  pada bagian kaki  saat proses pembersihan kulit rusak  ada baiknya  rendam kaki burung kenari ke dalam cairan antiseptik seperti Revanoll. Untuk mendapatkan Obat ini banyak tersedia di apotik.

5. Gunakan Kain atau Kapas

Setelah selesai di rendam bagian kaki yang luka dan sudah terlihat bersih, kemudian keringkan kaki kenari bubulan menggunakan tissu atau kapas yang bersih sampai kaki kenari betul-betul kering.

6. Gunakan Salep Bio Clean dan Salep 88

Setelah kakinya benar benar kering, obati kaki yang bubulan tersebut menggunakan  salep jamur “ salep Bio Clean yang sudah terbukti membasmi jamur. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna gunakan juga salep 88. Caranya oleskan pada bagian-bagian kaki yang sebelumnya sudah diberi Bio Clean.

7. Gunakan Minyak Tanah atau Minyak Tawon

Jika kebetulan anda tidak menemukan selep Bio Clean, bisa gunakan minyak tanah atau minyak tawon sebagai gantinya, caranya dioleskan ke kaki kenari bubulan dan sekitarnya. Lalu biarkan sampai mengering.

8. Karantina Selama 2 Hari

Saat masa karantina usahakan kondisi burung sudah dalam keadaan bersih, selama 2hari menjalani karantina burung kenari tidak boleh dimandikan, karena pada saat itu fungsi obat masih bereaksi.Setelah 2 hari berlalu baru kemudian kaki kenari yang sudah diobati tersebut di cuci menggunakan air hangat. Lalu setelah itu usap menggunakan tissu hingga benar-benar kering.

9. Tanda-Tanda Adanya  Kesembuhan

Biasanya setelah proses di atas sudah selesai dilakukan. Terdapat tanda-tanda kesembuhan yang bisa dilihat dari  raut wajah burung terlihat ceria. Dan bubul mulai mengelupas bersih dan kering. Itu artinya penyakit kaki kenari bubulan sudah ada tanda-tanda kesembuhan.

10. Lakukan Perawatan Secara Berkelanjutan

Setelah kaki kenari mulai sembuh. Usahakan jangan remehkan kesehatannya, jagalah dari makanan dan minuman yang kotor dan kadaluarsa. Tak kalah penting juga kebersihan kandang harus benar-benar terjaga agar penyakit apapun tidak mudah menjangkit dan kenari anda tetap sehat, berbunyi merdu, dan gesit melompat lompat ceria.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam merawat burung kenari antara lain.

  • Menjaga Kebersihan Sangkar

Kebersihan kandang merupakan hal terpenting untuk di lakukan.Karena kandang yang bersih akan membuat burung  kenari  merasa nyaman, dengan begitu kenari tidak mudah stres,  tetap sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit dan kicaunya pun secara otomatis akan tetap indah terdengar.

  • Air Minum Selalu Bersih

Penyakit bubul pada kenari terkadang muncul dari air yang kotor. Maka dari itu, lakukan penggantian air sewaktu-waktu di saat air minumnya  sudah terlihat kotor dan keruh. Selain itu air yang bersih akan membuat suara burung tetap terdengar indah dan merdu.

  • Beri Pakan Bernutrisi Tinggi

Berikan biji-bijian yang disukai burung kenari. Seperti biji millet, niger, canary seed dan lain-lain. Jika pakan pabrikan, berikan sedikit-sedikit setiap hari agar kualitas atau protein dan vitamin dalam pakan tersebut selalu bagus. Karena terlalu banyak pakan yang diberikan bisa menyebabkan pakan rusak.

  • Berikan Vitamin

Selain pakan biji-bijian, juga perlu di tambahkan pakan yang mengandung multi vitamin dan mengandung nutrisi tinggi, agar pemenuhan gizi burung kenari tersebut tercukupi. Ada beberapa vitamin dan suplemen yang bisa meningkatkan kesehatan dan  stamina burung kenari  bisa bertambah, seperti OrBird. Dengan begitu burung kenari tetap sehat, kicau suara yang dimiliki  akan semakin bersih indah dan merdu.

  • Jemur Selama 1 Jam

Lakukan penjemuran terhadap burung kenari secukupnya. Lebih baik lakukan sebelum jam sepuluh pagi, atau pada jam 3 sore selama 1 jam.

  • Amankan Dari Udara Malam Hari

Burung kenari sangat tidak suka dan tidak cocok dengan udara di malam hari. Sebaiknya letakkan burung kenari pada malam hari di bawah atap atau lebih amannya masukkan ke dalam rumah.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Penyakit bubul pada kenari, merupakan hal yang sering terjadi karena kebiasaan sang pemilik tidak rajin dalam menjaga kebersihan. Maka dari itu jika ingin burung anda tidak terkena penyakit, jagalah selalu kebersian. Jangan lupa untuk membaca tips burung kenari lainnya.

Loading...
loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kenari

To Top